17:00 . Kemenag Hanya Jalankan Aturan, Diska Wewenag PA   |   16:00 . Pilbox Peninggalan Belanda   |   15:00 . Melihat Tradisi Nyekar Jumat Pahing   |   14:00 . Senin, Peserta Lelang Jabatan Tes Wawancara   |   13:00 . Bulog Pastikan Mutu Beras di Bojonegoro Layak   |   12:00 . Per 15 Desember KA Argo Bromo Anggrek Berhenti di Stasiun Bojonegoro   |   11:00 . Mengenal Lala, Security Wanita Gedung Pemkab   |   10:00 . Komisi C DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Kantor PEPC   |   09:00 . Melihat Pasar Hewan di Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Pengajian, Moment Guyub Warga Desa   |   07:00 . Tips Pekerjaan: Begini Cara Atasi Baper di Kantor   |   20:00 . Emak Emak Modin Belajar Merawat Jenazah   |   19:00 . 7 Kecamatan ini Terkena Dampak Hujan Disertai Angin Kencang   |   18:00 . 352 Modin Perempuan Ikuti Pelatihan Keperawatan Jenazah   |   17:00 . Kondisi Gedung 7 Lantai Pemda Rontok   |  
Fri, 13 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 05 December 2018 12:00

Semai Bibit, Petani Balen Pilih Varietas Ini

Semai Bibit, Petani Balen Pilih Varietas Ini

Pengirim: Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Dasarian pertama Desember 2018 ini wilayah Desa Balenrejo Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro sudah memasuki musim penghujan. Sehingga para petani mulai turun ke sawah untuk membuat lahan persemaian bibit padi.

Rata-rata mereka menanam padi varietas unggul baru (VUB) Inpari 32. Benih padi ini mulai banyak dilirik petani. Mereka mulai sadar betapa pentingnya ganti varietas padi baru.

Dalam setiap pertemuan kelompok tani, penyuluh pertanian lapangan (PPL) selalu menganjurkan ada pergantian varietas. Lewat penyuluhan pertanian di radio pemerintah atau swasta Dinas Pertanian (Disperta) juga tidak bosan mengingatkanya.

Kalau ingin hasil maksimal dan toleran hama penyakit harus ganti varietas padi, yang dalam bahasa Bojonegoro disebut ganti oyot/akar.

Di Bojonegoro secara umum mayoritas petani masih tanam varietas eksistensi Ciherang, lebih dari 50%, IR 64, Situbagendit dan varietas lainnya.

Menanam varietas baru selain untuk memutus siklus penyakit padi juga untuk meningkatkan produktivitas. Di beberapa wilayah yang sudah menanam varietas inpari 32 ini memang ada kenaikan hasil panen yang signifikan. Satu hektar ada yang tembus 9,8 ton GKG. Ada juga petani yang bilang hasil panen musim kemarau lebih baik daripada musim hujan tahun lalu.

"Niki kulo tanem inpari telu loro, terose teng mriko-mriko sae hasile, kiat kaleh serangan penyakit (ini saya tanam inpari 32, katanya hasil panennya baik, dan kuat serangan hama penyakit)", kata Bakri salah satu petani setempat.

Kepala UPT Pertanian Balen-Sukosewu, Qomarudin dalam beberapa penyuluhan juga mengatakan, varietas ini layak ditanam petani, hasil panen tinggi, rendemen juga tinggi. Selain itu juga tahan kresek, toleran potong leher, rasa nasi pulen seperti Ciherang.

Varietas yang dilepas kementan tahun 2013 ini memang istimewa. Tahan penyakit hawar daun bakteri (HDB) atau kresek menurut petani Bojonegoro juga toleran blas atau potong leher, 2 penyakit padi yang ditakuti petani.

"Untuk mendapatkan hasil panen yang baik tentu harus ada kombinasi penggunaan pupuk organik yang maksimal, tanam jajar legowo, pemupukan berimbang dan pengamatan mingguan hama penyakit," tambah Qomarudin. [mu]

*Penyuluh Pertanian Lapangan Dinsperta Bojonegoro, Sekretaris LPPNU Bojonegoro, Seksi Pertanian Ikatan Sarjana NU (ISNU) Bojonegoro.

Tag : tanam padi, petani, tanaman


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat