Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Isi Liburan, MAI At-Tanwir Talun Adakan Pelatihan Fasilitator PMR

blokbojonegoro.com | Sunday, 16 December 2018 20:00

Isi Liburan, MAI At-Tanwir Talun Adakan Pelatihan Fasilitator PMR

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di tengah libur semester yang baru saja dimulai, sebanyak 100 siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Attanwir masih tetap belajar dengan menggelar pelatihan fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) mulai Minggu-Selasa (16-18/12/2018).

Pada pelatihan yang berlangsung tiga hari tersebut para peserta diajarkan banyak hal mulai visi-misi PMI, manajemen PMR, kepalangmerahan dan kesehatan. Tak ketinggalan juga hal-hal berkaitan kesiapsiagaan bencana, dasar pertolongan pertama dan juga materi-materi lain tentang bagaimana bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Pembina PMR MAI At-Tanwir, Eko Margono menuturkan, kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahun. Karena memang saat libur semester, para siswa dilatih menjadi fasilitator PMR sebelum nantinya didistribusikan saat program terjun langsung ke di SD/MI se-Kecamatan Sumberejo. "Pengabdian di SD/MI se-Kecamatan Sumberejo dan sekitarnya satu sampai dua bulan sebagai kegiatan wajib untuk kelas 11," tuturnya.

Selain itu para siswa diajarkan dan ditanamkan sejak dini untuk peduli kemanusiaan. Pasalnya dengan bekal pengetahuan PMR, ketika nanti berada dimasyarakat dapat dimanfaatkan untuk dirinya sendiri dan lingkungannya.

Sementara itu Plt ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, Mardikun mengaku senang dan bangga dengan kegiatan pelatihan fasilitator yang diselenggarakan MAI At-Tanwir. Sebab mereka akan menjadi orang berguna ke depannya dengan ilmu yang didapatkannya sekarang ini.

"Terpenting menanamkan rasa empati dan kepedulian bagi siswa. Apabila ada yang membutuhkannya, para siswa akan membantu secara ikhlas," terangnya.

Ditambahkan Pak Mardikun, mengingat bencana di Kabupaten Bojonegoro yang sering terjadi. Melalui pelatihan ini, siswa At-Tanwir bisa dijadikan relawan yang suka menolong dan juga mengajarkan di sekolah-sekolah SD/MI yang ada di sekitarnya. [ito/lis]

Tag : pmii, fasilitator, attanwir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini