22:30 . 2 Hari Stagnan Tak Ada Tambah Sembuh dan Positif Covid-19   |   16:00 . Total Hadiah Tabungan Jutaan Rupiah, ini Rincian untuk Lomba Foto   |   15:00 . Inilah Jadwal Pelayanan Donor Darah PMI Bojonegoro Juli 2020   |   14:00 . Hari Bhayangkara ke 74, PPA dan PDKB Kanor Gelar Bakti Sosial   |   13:00 . Persiapan Popda dan Porkab, Atlet Atletik Digenjot Latihan   |   12:00 . Berikut Panduan Naik KA Saat Pandemi Covid 19   |   10:00 . Resah, Ular Sanca Ukuran 1.5 Meter Diamankan   |   09:00 . Rapid Test Gratis untuk Peserta UTBK Calon Mahasiswa   |   08:00 . Intip Desa Sentra Perikanan   |   07:00 . Selain WFH, Ini 6 Hal yang Bikin Sakit Punggung   |   22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   19:00 . Menggelitik....!!! Arga Marvel Pernah Juara Berhadiah 1 Sak Gabah   |   18:00 . Sesosok Mayat Wanita Mengapung di Bengawan   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |  
Mon, 06 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 17 December 2018 09:00

Padi Gadu di Caruban Mulai Panen

Padi Gadu di Caruban Mulai Panen

Pengirim: Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Padi sawah di Kecamatan Kanor mulai panen, khususnya yang berada di pinggiran Bengawan Solo. Termasuk di Desa Caruban. Sawah di sina berpola tanam padi-padi-padi dengan sumber pengairan dari sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Kebanyakan petani sudah mulai tanam Varietas Unggul Baru ( VUB) Inpari 32 sesuai anjuran Disperta Bojonegoro. Melalui penyuluhan pertanian lewat radio atau  PPL desa setempat yang selalu mensosialisaikan keunggulan VUB tersebut di kelompok tani atau individu petani.

Hasil panen musim ini sangat bagus karena saat proses pengisian butir tepat musim kemarau dan air cukup. Hasil ubinan (sample untuk mengetahui hasil panen luasan 1 ha) ukuran 2,5 m x 2,5 m berat 8,4 kg, ini setara dengan 13,4 ton/ha gabah kering sawah (GKS). Harga gabah juga bagus, di atas Rp 5000, karena luasan panen yang terbatas. Petani sangat puas dan bahagia.

"Alhamdulillah hasil panen bagus, sangat memuaskan.  Tadi kita ubin dengan pak PPL keluar 8,4 kg. Harga Rp 5400-5500/kg yang panen memakai Combine Harvester, Rp 5300/kg yang grantekan, Rp 5000-5100 yang bloweran, semua petani senang pokoknya," kata Agus, sekretaris kelompok tani desa setempat.

Perawatan Inpari 32 relatif mudah, walau panjang malai biasa saja tapi semua bisa terisi penuh, rendemen juga tinggi. Asal diberi pupuk organik yang maksimal dan pemupukan berimbang hasil bisa bagus sesuai harapan petani.

PPL Desa Caruban, Lantif setelah proses ubinan selesai mengatakan VUB ini yang digadang-gadang Kementan sebagai penerus varietas Ciherang. Provitasnya melebihi Ciherang dengan umur panen kurang lebih sama. Mempunyai keunggulan tahan Kresek dan potong leher, rasa nasi disukai  warga Bojonegoro.

"Bila ingin hasil panen tinggi harus tetap menerapkan budidaya padi yang baik. Pupuk organik jangan sampai lupa. Pupuk kimia yang berimbang, air yang cukup, penyiangan rumput, pengamatan mingguan hama dan penyakit serta pengendalianya," papar Latif.

*Pengirim adalah Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Disperta Bojonegoro.

Tag : padi, caruban, kanor, bojonegoro, panen


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat