17:00 . 7 ODP Baru, 2 Selesai Dalam Pemantauan   |   16:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Berikan Paket Bantuan   |   15:00 . 112 Santri Lirboyo Kediri Pulang Kampung   |   14:00 . Pemuda Kedungadem, Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Rumahnya   |   13:00 . Tingkatkan Stok Darah, PMI Bojonegoro Beri Paket Sembako Bagi Pendonor   |   12:00 . Hujan dan Derasnya Air Kali Kedung, Jembatan di Kedungbondo Ambrol   |   11:00 . Kabar Baik, ODP di Bojonegoro Tinggal 44 Orang   |   10:00 . Perjalanan Kereta Dikurangi, Ramai-ramai Batalkan Tiket   |   09:00 . Lawan Corona, Fatayat NU Kanor Khotmil Quran Online   |   08:00 . Pelantikan Kades Digelar Online   |   07:00 . Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?   |   06:00 . Perjalanan Kereta Dikurangi, Ribuan Tiket Dibatalkan   |   22:00 . DPRD Pertanyakan Kesiapan Dinkes Tanggulangi Corona   |   21:00 . Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan   |   20:00 . Sejumlah Komoditi Alami Penurunan Harga, ini Sebabnya   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 18 December 2018 15:00

Bursa Inovasi Desa (BID) di Bojonegoro

KPW: Kembangkan Desa Sesuai Kearifan Lokal

KPW: Kembangkan Desa Sesuai Kearifan Lokal

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Antusias desa dalam mengikuti Bursa Inovasi Desa (BID) begitu tampak dengan kehadiran kepala desa dan ketua BPD se-Kabupaten Bojonegoro. Sehingga Konsultan Pendamping Wilayah 4 (KPW 4) P3MD Jawa Timur menginginkan desa mengembangkan daerahnya sesuai kearifan lokal. KPW 4 P3MD Jawa Timur, Bakron Hadi menjelaskan, melalui kegiatan ini desa busa melakukan usulan penggunaan dana desa.

Dalam pelaksanaan bursa inovasi desa sekaligus untuk melihat desa di Bojonegoro sudah mempunyai desa yang berinovasi pembaruan, budaya dan lain-lain.

"Desa-desa di Kabupaten Bojonegoro sudah berinovasi sesuai kearifan dan meningkatkan sumber daya manusia," jelasnya saat menghadiri BID di GOR Dabonsia, Ngumpakdalem, Dander, Bojongoro, Selasa (18/12/2018).

Bakron Hadi yang menjadi Pic Program Inovasi Desa juga menyebut melalui program ini menjadi salah satu kontribusi besar dalam melaksanakan amanat undang-undang desa. Agar desa dapat mengembangkan inovasi desanya masing-masing sesui kearifan lokal.

Ketua Forum Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Rochim, SP menuturkan, tujuan bursa inovasi Desa ini untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah. Serta insiatif atau alternative kegiatan pembangunan desa, dalam rangka peningkatan kualitas penggunaan dana Desa dalam rangka peningkatan kualitas penggunaan dana desa.

"Untuk menyampaikan dokumentasi bentuk-bentuk kegiatan inovasi desa, baik dari menu local maupun Nasional. Serta memberikan referensi dan mendorong pemerintah Desa untuk mereplikasi atau meniru kegiatan inovasi serta menganggarkan dalam APBDES. Sekaligus meningkatkan kualitas penggunaan dana Desa, melalui kegiatan inovatif yang sesuai dengan potensi okal desa," pungkasnya.

Tampak dalam kegiatan BID setidaknya ada 1.300 peserta meliputi Kepala SKPD 40 orang, Camat se-Kabupaten Bojonegoro sejumlah 28, Kepala Desa dan ketua BPD Se-Kabupaten sejumlah 838 orang, TPID kecamatan Se-Kabupaten Bojonegoro sejumlah 196 orang dan Pendamping Profesional program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa (P3MD) 196 orang. Bahkan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah membuka langsung bursa inovasi desa tersebut. [ani/ito]

Tag : bod, gor, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat