08:00 . Persibo Bojonegoro Tunggu Kabar Baik dari Asprov PSSI   |   07:00 . Haruskah Berolahraga Saat Sedang Menstruasi?   |   23:30 . 28 Warga Dapat Penghargaan, 3 Kecamatan Ini Pemenang Gunungan Terbaik   |   23:00 . Kembang Api Malam Puncak Hari Jadi Bojonegoro   |   22:00 . Merinding, Suporter Bernyanyi Pasca Tandang Persibo Vs PSG   |   21:30 . Meriah,Malam Grebek Berkah di Alun-alun Bojonegoro   |   21:00 . Tumpah Ruah di Grebek Berkah   |   20:30 . Parkir Dadakan di Jalan Kota   |   20:00 . Penuh Sesak di Alun-alun   |   19:00 . Car Free Night (CFN) di Seputar Alun-alun   |   18:00 . Tahan Imbang PSG 1-1, Persibo Kokoh di Puncak Klasemen   |   17:30 . Ritual Tari Waranggono   |   17:00 . 45 Pelari Arak Api Abadi Menuju Pendopo Bojonegoro   |   16:30 . Prosesi Pengambilan Api Abadi   |   16:00 . Begini Prosesi Pengambilan Api Abadi Hari Jadi Bojonegoro   |  
Sun, 20 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 19 December 2018 11:00

Upaya Bersama Merealisasikan Komitmen Eksplorasi Migas

Upaya Bersama Merealisasikan Komitmen Eksplorasi Migas

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - SKK Migas mencatat bahwa investasi yang dilakukan oleh Kontraktor KKS untuk Petroleum Operations menjadi titik penting penemuan Giant Discovery yang dicita-citakan dan juga memproduksikan cadangan baru yang telah ditemukan atau memproduksikan cadangan yang telah ada.

"Tercatat selama tahun 2018, kegiatan untuk eksplorasi masih menujukkan angka Expenditures yang belum terlalu signifikan," kata Kepala SKK Migas yang dalam hal ini merangkap Pengarah Satgas Pemeriksaan Bersama, Dwi Sutjipto,

Dalam beberapa tahun ke depan diharapkan bahwa kegiatan eksplorasi masif dapat dilakukan dengan memanfaatkan Dana Komitmen Pasti Eksplorasi, sehingga harapan baru selalu dapat muncul untuk menuju produksi migas yang kembali meningkat, yaitu peningkatan produksi yang lebih besar daripada angka penurunan produksi alamiahnya.

Akhir tahun ini yaitu 2018, kata Dwi, merupakan akhir tahun pertama diberlakukan kebijakan Pemerintah RI tentang simplifikasi pemeriksaan atas bagi hasil dan perpajakan Migas. Langkah strategis pemerintah ini diambil agar dapat tercipta kepastian hukum pemeriksaan dan pertanggungjawaban bagi hasil dan perpajakan Migas, yaitu pemeriksaan dapat dilakukan pada waktu yang pasti, sehingga fokus lebih lanjut Kontraktor KKS dapat menjadi melihat ke depan untuk upaya penemuan Giant Discovery.

"Dengan demikian, Kontraktor tidak terus-menerus mengurus hal masa lalu tentang pembuktian ke berbagai pihak di Pemerintah RI atas akuntabilitas catatan historis, yang bisa jadi telah selesai substansi dan administrasi pembuktiannya," lanjutnya.

Diharapkan Kontraktor KKS dapat merasakan birokrasi yang sederhana dalam berhubungan dengan Pemerintah RI, khususnya berkaitan dengan akuntabilitas bagi hasil, PNBP Migas, dan kepastian tekait ketaatan di bidang perpajakan. Hal ini sejalan dengan maksud Pemeriksaan Bersama, yang antara lain ditujukan agar dapat dijalankannya pemeriksaan pada satu waktu dapat diwujudkan sehingga terdapat kepastian waktu dan terciptanya dukungan terhadap industri hulu migas yang tidak diaudit secara berulang untuk obyek dan tujuan audit yang sama.

Dukungan terhadap industri hulu Migas juga datang dari Badan Pemeriksa Keuangan selaku Auditor Eksternal Keuangan Negara yang memberikan kepercayaan kepada Satgas Pemeriksaan Bersama untuk mengawal langsung akuntabilitas perhitungan bagi hasil dan perpajakan. Oleh karena itu, amanat ini harus dijalankan sebaik-baiknya oleh Satuan Tugas Pemeriksaan Bersama dan para Kontraktor KKS.

Upaya penyempurnaan secara struktural dan operasional dari Satgas Pemeriksaan Bersama terus dilakukan untuk mewujudkan ke depannya bahwa pemeriksaan dapat mencakup assurance keseluruhan atas bagi hasil hasil dan upaya menyelesaian pemeriksaan pada kurun waktu yang dapat memberikan manfaat secara tepat waktu.

Petunjuk Teknis Pemeriksaan Bersama, yang di dalamnya mencakup Standar Pemeriksaan, juga telah disusun dan diberlakukan dalam pelaksanaan Pemeriksaan Bersama yang dapat menjadi jawaban bahwa akuntanbilitas Pemeriksaan dapat memenuhi mutu Pemeriksaan yang harapkan.

Terkait dengan hal-hal tersebut di atas, adalah tepat bahwa Rakor Pemeriksaan Bersama Tahun 2018/2019 yang akan segera dibuka mengusung tema 'Menuju Perwujudan Akuntabilitas Bagi Hasil dan Ketaatan Perpajakan Industri Hulu Migas'.

"Dengan harapan, Pemerintah dan Kontraktor KKKS dapat memperoleh kepercayaan publik terkait dengan pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Migas yang efisien dan efektif, dan menyumbang penerimaan negara serta mendukung perekonomian nasional," harap Dwi.

Tag : eksplorasi, migas, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat