07:00 . Kenali 6 Khasiat Asam Jawa untuk Diabetes dan Pencernaan   |   18:00 . Hujan Disertai Angin Kencang Kembali Terjadi di Bojonegoro   |   17:00 . Pernikahan Sirri Harus Sidang Isbat Nikah   |   16:00 . Yuk...! Ikuti Sinau Bareng Nge-MC di Bojonegoro   |   15:00 . BPBD Taksir Kerugian Bencana Akibat Hujan dan Puting Beliung Capai 1.9 M   |   14:00 . Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Desa Kanten Terbakar   |   13:00 . Pengumuman CPNS Beredar, Pendaftaran Dimulai Besok   |   12:00 . Bukan di Pilanggede, Beredar Video Angin Puting Beliung di Jepara   |   11:00 . Progam KPP Dianggap Tak Berpihak kepada Pedagang   |   10:00 . Kapolres Bojonegoro Berharap Kompetensi Wartawan Terus Ditingkatkan   |   09:00 . Cerita ‘Bandung Bondowoso’ dan Tim Hebat   |   07:00 . 8 Tanda Orang yang Berjuang Mengatasi 'High-Functioning Anxiety'   |   06:00 . Bupati: Konsep Bagus, Tahun Depan Harus Konsisten   |   22:00 . Lukisan Menarik dari Festival Bengawan 2019   |   21:00 . Indah Wisata TPG Pilanggede Saat Sore Hari   |  
Tue, 12 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 22 December 2018 10:00

Pesan Wabup Saat Membuka Pesta Siaga Pramuka

Pesan Wabup Saat Membuka Pesta Siaga Pramuka

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, membuka kegiatan Pesta Siaga 2018 Kuartir Cabang Bojonegoro di lapangan Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojonegoro, Sabtu (22/12/2018) pagi sekitar pukul 08.15 Wib.

Wakil Bupati Bojonegoro menyampaikan, Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap insan agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin serta menjunjung tinggi nilai luhur bangsa.

Selain itu, harus memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengamalkan Pancasila dan melestarikan lingkungan hidup.

Kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah kalimat yang bisa menggambarkan amanat UU Gerakan Pramuka tersebut. Kata Wabup, lalu aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia.

"Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya," kata Wabub.

Wabub menambahkan, di organisasi Gerakan Pramuka dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah. Belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas.

pramuka-3

Kemudian, membangun keberanian dan tanggungjawab serta belajar memimpin anggota. Semua itu menempa diri untuk mandiri, berani, bertanggungjawab, berdisiplin dan terampil.

"Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka," ucapnya.

Karena itu, lanjutnya, melalui kegiatan Pesta Siaga. Karakter bangsa perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembelajaran yang terus menerus, dalam rangka menguatkan pendidikan karakter dan kebangsaan.

Ia berharap, para pramuka bisa menunjukkan bahwa pramuka bisa menjadi anak yang berprestasi. Usia siaga, lanjut Wabup, adalah usia pendidikan penuh rasa gembira dan masih dalam tahap pendampingan yang masih melekat pada Ayah dan Ibu.

"Pembina siaga harus memahami karakter peserta didik di usia siaga. Dalam tingkatan Pramuka, Siaga meliputi Mula, Bantu, Tata. Pembina harus mendampingi peserta didik usia siaga dengan selalu mengajak bergembira dan bahagia," tutupnya. [yud/mu]

pramuka-1

 

 

 

 

Tag : pramuka, pramuka siaga, wabup, budi irawanto, pramuka bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat