20:00 . Diduga Puntung Rokok Menyebabkan Sebuah Rumah di Sukosewu Terbakar   |   19:00 . Meski Menang, Pelatih Persibo Mengaku Belum Puas   |   18:00 . Polres Bojonegoro Lakukan Pengamanan Ketat   |   17:00 . Persibo Gilas Arema Malang United 4-1   |   16:00 . Persibo Tutup Babak Pertama Dengan Skor 2-0   |   12:00 . Kemenag: Pengetahuan Bahaya Narkoba Harus Diberikan Pada Pelajar   |   11:00 . Camat Balen: Saya Belum Terima Laporan P-APBDes dan SK Panitia   |   10:00 . Warga Pertanyakan Seleksi Perangkat Desa Mulyorejo   |   09:00 . Saat Haji, Diprediksi Suhu Capai 47 Derajat   |   08:00 . Cegah Narkoba, Sosialisasi Wacana Tes Urine Calon Pengantin Dilakukan   |   07:00 . Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya   |   19:00 . Belasan CJH Bojonegoro Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci   |   18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |  
Mon, 22 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 22 December 2018 10:00

Pesan Wabup Saat Membuka Pesta Siaga Pramuka

Pesan Wabup Saat Membuka Pesta Siaga Pramuka

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, membuka kegiatan Pesta Siaga 2018 Kuartir Cabang Bojonegoro di lapangan Sekolah Model Terpadu (SMT) Bojonegoro, Sabtu (22/12/2018) pagi sekitar pukul 08.15 Wib.

Wakil Bupati Bojonegoro menyampaikan, Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap insan agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin serta menjunjung tinggi nilai luhur bangsa.

Selain itu, harus memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengamalkan Pancasila dan melestarikan lingkungan hidup.

Kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah kalimat yang bisa menggambarkan amanat UU Gerakan Pramuka tersebut. Kata Wabup, lalu aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia.

"Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya," kata Wabub.

Wabub menambahkan, di organisasi Gerakan Pramuka dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah. Belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas.

pramuka-3

Kemudian, membangun keberanian dan tanggungjawab serta belajar memimpin anggota. Semua itu menempa diri untuk mandiri, berani, bertanggungjawab, berdisiplin dan terampil.

"Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka," ucapnya.

Karena itu, lanjutnya, melalui kegiatan Pesta Siaga. Karakter bangsa perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembelajaran yang terus menerus, dalam rangka menguatkan pendidikan karakter dan kebangsaan.

Ia berharap, para pramuka bisa menunjukkan bahwa pramuka bisa menjadi anak yang berprestasi. Usia siaga, lanjut Wabup, adalah usia pendidikan penuh rasa gembira dan masih dalam tahap pendampingan yang masih melekat pada Ayah dan Ibu.

"Pembina siaga harus memahami karakter peserta didik di usia siaga. Dalam tingkatan Pramuka, Siaga meliputi Mula, Bantu, Tata. Pembina harus mendampingi peserta didik usia siaga dengan selalu mengajak bergembira dan bahagia," tutupnya. [yud/mu]

pramuka-1

 

 

 

 

Tag : pramuka, pramuka siaga, wabup, budi irawanto, pramuka bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat