22:00 . Jalan Beton Mulai Digarap, Ini Komentar Warga   |   21:00 . Sehari Sebelum Kecelakaan, Korban Buat Status Alam Kubur   |   20:00 . Tambahan 2 Orang Positif Covid-19 dari ODP   |   19:00 . Alhamdulillah....5 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Sembuh   |   18:00 . Saksi: Tadi Saya Sudah Berteriak   |   17:00 . Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu di Balen Memakan Korban Jiwa   |   16:00 . Besok, Semua Operator Sekolah Ikuti Diklat Online   |   15:00 . Sutikno: Pembatalan Kebarangkatan Jamaah Haji Adalah Langkah Tepat   |   14:00 . Kepala SMA/SMK yang Ikut Hadir Pelantikan di Surabaya di Rapid Test   |   13:00 . Jamaah Haji Batal Berangkat, Petugas Haji Dibubarkan   |   12:00 . Pemohon SIM Ramai, Jasa Anti Gores Kebanjiran Rejeki   |   11:00 . Pasca Lebaran, Pemohon SIM Membludak   |   10:00 . AKP Iwan Hari Gantikan AKP Rifaldhy Sebagai Kasat Reskrim Polres Bojonegoro   |   09:00 . Pelaku Wisata di Bojonegoro Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Serbu....! Hanya 3 Hari Total Sport Ada Diskon Besar-Besaran   |  
Thu, 04 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 23 December 2018 12:00

Dorong Pemerintah Wujudkan Ruang Terbuka Hijau

Dorong Pemerintah Wujudkan Ruang Terbuka Hijau

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Tujuan penataan ruang wilayah kabupaten salah satunya adalah untuk mewujudkan ruang kabupaten yang mampu mendukung perkembangan pertanian, pariwisata, dan perindustrian.

Hal tersebut harus selalu dilakukan oleh pemerintah daerah dalam memenuhi Rang Terbuka Hijau (RTH). Selama dirasa masih kurang pemenuhan RTH tetap harus dilakukan. Di antaranya, untuk keberlanjutan lingkungan hidup.

"Harus berlanjut, sebab keberlanjutan lingkungan hidup dan pemerataan pembangunan hingga minimal sampai target," kata Divisi Advokasi dan Lingkungan IDFoS Indonesia, Ainun Na'im, kepada blokBojonegoro.com, Minggu (23/12/2018).

Na'im, sapaannya mengatakan, jika di Bojonegoro belum sampai target yakni belum ada 20 % dan kira-kira hanya 8 % dari target. Maka, pemerintah daerah jangan abai. Harus dipenuhi sesuai target.

"Pemerintahan yang baru ini, tak boleh abai terkait pemenuhan ruang terbuka hijau," ucap aktifis berkukit sawo matang ini.

Pihaknya berharap agar Pemerintah Kabupaten Bojonegoro segera memenuhi target RTH di Kota Ledre ini. "Keberadaan ruang terbuka hijau saya kira sangat diperlukan, salah satunya untuk mengurangi suhu udara yang panas," katanya.

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bojonegoro nomor 26 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bojonegoro. "Untuk itu, pemerintah harus segera menyusun langkah strategis ruang terbuka dan hijau," ujarnya.

Ia menganggap, taman terbuka dan hijau sangat penting. Sebab bisa mengurangi panas yang dirasa semakin hari di Bojonegoro kian panas saat kemarau. Panas berkurang, udara sejuk yang diharapkan.

Na'im menambahkan, apakah Pemda sudah melakukan pendataan terbaru? Kalau sudah, berapa target capaiannya? Jika benar diperkirakan hanya 8 %, lalu apa yang dilakukan kemarin - kemarin.

"Pemerintah harus segera melakukan pendataan, sehingga segera bisa mewujudkan ruang terbuka hijau," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, mengaku bahwa saat ini Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Bojonegoro belum mencapai 20%.

Sehingga, Bupati Bojonegoro menargetkan menanam 500 ribu pohon pada tahun 2019. Kadin LH ini memperkirakan RTH di Kabupaten Bojonegoro sekitar 8%. [yud/ito]

Tag : rth, dlh


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat