Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Suwito Utomo, Pemuda Difabel Inspiratif

Keterbatasan Fisik Bukan Penghalang untuk Berwirausaha

blokbojonegoro.com | Sunday, 23 December 2018 16:00

Keterbatasan Fisik Bukan Penghalang untuk Berwirausaha

Kontributor: Abdul Rokim 

blokBojonegoro.com - Jalan hidup memang tidak bisa di tebak, kita tidak dapat meminta lahir dari siapa, kapan, dimana dan dalam kondisi seperti apa. Ada yang lahir ke dunia dengan kondisi fisik sempurna. Sementara ada pula yang lahir dengan keterbatasan atau difabel.

Salah seorang yang lahir dengan kondisi tersebut yakni Suwito Utomo. Pemuda yang terlahir dengan kondisi tunadaksa tersebut asli Desa Begadon, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 23 Februari 1988, dari pasangan Tamsi dan Piyani.

Meski terlahir dengan kondisi tersebut, segala aktifitas dan pekerjaan selalu dijalani dengan penuh semangat tanpa mengeluh.

Anak kedua dari 7 bersaudara ini memiliki usaha rental Playstation (Ps), warung kopi, dan saat ini merambah di jual beli kopi khotok kemasan, hingga merambah ke penjualan online.

"Untuk mengisi waktu luang, selain itu juga menambah perekonomian keluarga," jelasnya

Jatuh bangun dalam memulai usaha pasti selalu ada, tak terkecuali terjadi kepada Ucup, sapaan akrabnya. Saat pertama memulai kendala begitu banyak, salah satunya anggapan dari orang lain tentang penyandang difabel. Diremehkan oleh seseorang pernah di alaminya, namun dengan kondisi tersebut justru memacu semangatnya untuk menjalaninya, hingga akhirnya dapat dilihat hasilnya seperti saat ini.

"Alhamdulillah keluarga semua mendukung segala kegiatan saya, dari merintis usaha hingga mengikuti Himpunan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (HDKB) dan ditunjuk sebagai koordinator HDKB kecamatan Gayam," jelasnya

Pemuda yang juga masih lajang tersebut berharap saudara yang mempunyai keterbatasan fisik atau difabel, agar jangan sampai patah semangat, segala sesuatu sudah diatur oleh Tuhan.

"Saya juga berharap agar ke depan di Kecamatan Gayam terbentuk kelompok atau perkumpulan difabel, agar kami dapat saling memberi dukungan dan juga ilmu," harapnya. [im/lis] 

 

Tag : usaha, kopi khotok, difabel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini