Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bangun TPA, Pemkab Anggarkan Rp808 Juta

blokbojonegoro.com | Monday, 24 December 2018 11:00

Bangun TPA, Pemkab Anggarkan Rp808 Juta *Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah didampingi Kepala DLH Nurul Azizah meninjau lokasi TPA di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem.

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di wilayah barat pada 2019 mendatang.

Pembangunan TPA ini rencananya di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem. Pemkab juga sudah menganggarkan Rp808 juta untuk pembangunan TPA di lahan seluas sekitar 3,8 hektar.

"Pemkab menganggarkan Rp808 juta untuk pembangunan TPA di wilayah barat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, kepada blokBojonegoro.com, Senin (24/12/2018).

Namun, kata dia, saat ini belum mulai dikerjakan. Pembangunan tempat pembuangan akhir ini ditargetkan selesai tahun 2019. Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat Bojonegoro terhadap pengelolaan sampah.

"Saat ini belum dikerjakan, tahun depan baru mulai pembangunannya," ujar kepala DLH Bojonegoro.

Penambahan TPA di wilayah barat ini merupakan langkah Pemkab Bojonegoro untuk mengatasi volume sampah di TPA Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, yang cenderung meningkat. Dalam sehari sampah mencapai 250 meter kubik.

"Oleh karena itu, penambahan tempat pembuangan akhir harus segera selesaikan," ucapnya.

Diketahui, luas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Banjarsari hanya 4,5 hektar. Sedangkan volume sampah setiap hari mencapai 250 meter kubik. Sehingga TPA tersebut cepat penuh.

Jumlah sampah tersebut tidak hanya mencakup sampah plastik saja. Melainkan juga sampah organik. "Sehingga pengelolaan sampah di Kabupaten Bojonegoro ini harus dikelola dengan baik," jelas Nurul Azizah. [yud/mu]

image_38_tpa-lepas-2

*Foto sampah menumpuk di TPA Desa Banjarsari.

Tag : TPA Banjarsari, pembangunan TPA, tpa bandungrejo, dlh bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini