18:00 . Saksi: Tadi Saya Sudah Berteriak   |   17:00 . Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu di Balen Memakan Korban Jiwa   |   16:00 . Besok, Semua Operator Sekolah Ikuti Diklat Online   |   15:00 . Sutikno: Pembatalan Kebarangkatan Jamaah Haji Adalah Langkah Tepat   |   14:00 . Kepala SMA/SMK yang Ikut Hadir Pelantikan di Surabaya di Rapid Test   |   13:00 . Jamaah Haji Batal Berangkat, Petugas Haji Dibubarkan   |   12:00 . Pemohon SIM Ramai, Jasa Anti Gores Kebanjiran Rejeki   |   11:00 . Pasca Lebaran, Pemohon SIM Membludak   |   10:00 . AKP Iwan Hari Gantikan AKP Rifaldhy Sebagai Kasat Reskrim Polres Bojonegoro   |   09:00 . Pelaku Wisata di Bojonegoro Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Serbu....! Hanya 3 Hari Total Sport Ada Diskon Besar-Besaran   |   06:00 . Terus Melaju, Jalan Rigid Beton Mulai Digarap   |   22:00 . Wujudkan Layanan Cepat, 12 Instansi Taken MoU   |   21:00 . Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Covid-19 Bojonegoro   |   20:00 . BLT DD Tahap Kedua di Bojonegoro Mulai Cair   |  
Wed, 03 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 27 December 2018 23:30

Pemilu 2019

Rapat Evaluasi, KPU RI Ingatkan Independensi dan Transparansi

Rapat Evaluasi, KPU RI Ingatkan Independensi dan Transparansi

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Arif Budiman, hadiri Rapat Evaluasi Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2019 di Tahun 2018 KPU Provinsi, Kabupaten/Kota se Jawa Timur di Hotel Aston Bojonegoro, Kamis (27/12/2018).

Arif budiman mengatakan, semua daerah menjadi barometer dalam Pemilihan Umum 2019 maupun tahun sebelumnya. Provinsi Jawa Timur menjadi penting, karena jumlah pemilihnya cukup yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota.

"Makanya menjadi perhatian," katanya kepada blokBojonegoro.com sesaat setelah evaluasi internal tersebut selesai.

Misalnya, kata dia, Provinsi yang lain itu menyelesaikan 6 Kabupaten dan 10 Kabupaten, namun Provinsi Jatim harus menyelesaikan 38 Kabupaten/Kota. Itulah mengapa Jawa Timur harus diperhatikan. 

Dengan jumlah pemilih yang tak sedikit, lanjut dia, pasti peserta Pemilu menggunakan berbagai strategi untuk mendulang suara. 

"Maka, temen-temen KPU harus bekerja hati-hati, independen, dan transparan. Independensi dan transparansi KPU penting dan harus dijaga," tandasnya.

Ia menambahakan, total seluruhnya pemulih sebanyak 192 juta pemilih. Daftar pemilih tersebut sudah di tetapkan untuk Pemilu 2019, tepatnya 17 April 2018. Terkait daftar pemilih tetap, datanya akan terus bergerak. Jika ada tambahan pemilih, maka berlaku daftar pemilih khusus.

"Itu undang- undang yang mengatur," ucapnya.

Terkait logistik, Arif Budiman mengaku sudah siap sesuai dengan tahapannya. Nah, logistik yang diselesaikan di 2019, ada formulir, surat suara, alat kelengkapan di TPS dan lain sebagainya. "Itu yang diselesaikan di 2019," katanya.

Ia mengingatkan KPU Provinsi, Kabupaten/Kota se Jatim supaya menjaga independesinya. Harus memiliki integritas tinggi, transparan dan independen. Kalau tidak independen dan terbukti, maka akan kita proses. "Kita proses sesuai aturan yang ada," pungkasnya. [yud/lis]

Tag : KPU, PEMILU, INDEPENDENSI


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat