21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |   19:00 . Unik, Warga Klangon Dirikan Gapura Bentuk Garuda Raksasa   |   18:00 . Warga Tulungagung Kibarkan Bendera Rakasasa di Tepi Bengawan Solo   |   17:00 . Totalitas Tari Thengul dan Gemuruh Penonton   |   16:00 . Tari Thengul Tampil Memukau di Istana Negera   |   15:00 . 210 Napi Tak Dapat Remisi   |   14:00 . Napi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, 4 Orang Bebas   |   13:00 . Banom NU Banjarejo Bagikan Wakaf 1.000 Masker   |   12:30 . Momen Agustusan, Mansabo Kembangkan Potensi Siswa Melalui Lomba   |   12:00 . Banyak Peserta Upacara HUT RI di Alun-alun Bojonegoro Pusing   |   11:00 . Refleksi Hari Kemerdekaan, SLB Putra Harapan Bagi Bendera   |   10:00 . Khidmat, EMCL dan SKK Migas Upacara Hari Kemerdekaan RI di Lapangan Banyu Urip   |   09:00 . Golkar Sepakat Usulkan Mitro'atin Jadi Pimpinan DPRD   |   08:00 . Dua Desa Dipastikan Gagal Gelar Seleksi Perangkat   |  
Sat, 17 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 29 December 2018 22:30

Festival Bengawan 2018

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

Kontributor : Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Setelah dibuka dengan penampilan tradisional gamelan Lesung, Festival Bengawan 2018 dilanjut dengan Sarasehan Budaya dan Lingkungan.

Sebagai narasumber, didatangkan langsung Budayawan Seniman Kondang, yaitu Bramantyo Prujosusilo dan Ketua Presidium Sungai Indonesia yaitu Semar Suwito.

Bramantyo Prujosusilo menjelaskan, salah satu ciri dari suatu negara yang masyarakatnya maju dapat dilihat dari keadaan sungai yang bersih.

"Masyarakat di bantaran sungai mulai dari hulu hingga hilir sangat berperan penting dalam menjaga kondisi sungai," ucapnya

Untuk menjaga keadaan sungai ada banyak cara, hingga mendatangkan pendapatan dari segi ekonomi. Salah satunya yaitu membuat usaha yang memanfaatkan bantaran bengawan yaitu untuk tempat pariwisata dan uri-uri budaya.

"Sudah benar langkah pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dengan memulai melestarikan budaya, perekonomian akan mengikutinya," tambahnya.

Sedang Semar Suwito menyampaikan, kita berbicara tentang bengawan, maka berbicara tentang berkah, bagaimana tidak, aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut mampu membantu roda perekonomian warga bantaran sungai tersebut.

"Air merupakan berkah, begitu banyak manfaatnya, salah satunya yaitu untuk pertanian," papar Suwito.

Suwito menambahkan, pencemaran terbesar sungai yaitu dipengaruhi oleh aktivitas pertanian yang terdapat di bantaran aliran sungai itu sendiri.

"Penggunaan bahan kimia untuk pertanian sangat berpengaruh besar dari pencemaran sungai itu sendiri," jelasnya

Dia berpesan agar penggunaan bahan kimia yang dipakai oleh para petani dikurangi, pembuangan sampah di sungai juga di hindari, kemudian biarkan sungai tetap berkelok.

"Untuk para petani diharap beralih dari penggunaan bahan kimia ke organik. Jangan membuang sampah di sungai dan biarkan aliran sungai berkelok, jangan dibuat lurus, supaya penyimpanan air lebih lama," pesan Suwito. [kim/ito]

Tag : Festival, bengawan, diskusi, sarasehan, budaya

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat