16:00 . Anjlok, Harga Telur Ayam Capai Rp15 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Pemdes Sukorejo Tunggu Survei Pemkab untuk Pemekaran Desa   |   14:00 . Kalahkan Keterbatasan, Penyandang Disabilitas Antusias Ikuti Vaksinasi   |   11:00 . Ribuan Siswa di Ngasem Jadi Target Vaksinasi PDIP Bojonegoro   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   04:00 . Sah..! Irfan Terpilih Aklamasi Jadi Ketua PW IPNU Jatim   |   23:00 . H. Nurhadi Ridlwan Terima Buku Sejarah IPNU   |   22:00 . Sarasehan Majelis Alumni IPNU Jatim, Transformasi dari Ikatan Jadi Gerakan   |   21:00 . Munas-Konbes, PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   20:00 . Jodohkan Pemuda Bertalenta dan Klien, Pemprov Fasilitasi Millenial Job Center   |   19:00 . Wagub Emil: IPNU dan IPPNU Saat ini Generasi Milenial   |   18:00 . Hadir di Pelantikan Pengurus Rayon PMII Raden Paku UNUGIRI, Disdik Sampaikan Ini   |   17:00 . Wihadi Wiyanto Bersama DPC Gerindra Bojonegoro Sukseskan Vaksinasi   |   16:00 . Percepat Kekebalan Komunal DPD LDII Bojonegoro Lakukan Vaksinasi MassalĀ    |   15:00 . EMCL dan Yayasan PESAT Berikan Pelatihan Timlak Patra Daya 2 Desa   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Bengawan 2018

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 December 2018 22:30

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

Kontributor : Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Setelah dibuka dengan penampilan tradisional gamelan Lesung, Festival Bengawan 2018 dilanjut dengan Sarasehan Budaya dan Lingkungan.

Sebagai narasumber, didatangkan langsung Budayawan Seniman Kondang, yaitu Bramantyo Prujosusilo dan Ketua Presidium Sungai Indonesia yaitu Semar Suwito.

Bramantyo Prujosusilo menjelaskan, salah satu ciri dari suatu negara yang masyarakatnya maju dapat dilihat dari keadaan sungai yang bersih.

"Masyarakat di bantaran sungai mulai dari hulu hingga hilir sangat berperan penting dalam menjaga kondisi sungai," ucapnya

Untuk menjaga keadaan sungai ada banyak cara, hingga mendatangkan pendapatan dari segi ekonomi. Salah satunya yaitu membuat usaha yang memanfaatkan bantaran bengawan yaitu untuk tempat pariwisata dan uri-uri budaya.

"Sudah benar langkah pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dengan memulai melestarikan budaya, perekonomian akan mengikutinya," tambahnya.

Sedang Semar Suwito menyampaikan, kita berbicara tentang bengawan, maka berbicara tentang berkah, bagaimana tidak, aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut mampu membantu roda perekonomian warga bantaran sungai tersebut.

"Air merupakan berkah, begitu banyak manfaatnya, salah satunya yaitu untuk pertanian," papar Suwito.

Suwito menambahkan, pencemaran terbesar sungai yaitu dipengaruhi oleh aktivitas pertanian yang terdapat di bantaran aliran sungai itu sendiri.

"Penggunaan bahan kimia untuk pertanian sangat berpengaruh besar dari pencemaran sungai itu sendiri," jelasnya

Dia berpesan agar penggunaan bahan kimia yang dipakai oleh para petani dikurangi, pembuangan sampah di sungai juga di hindari, kemudian biarkan sungai tetap berkelok.

"Untuk para petani diharap beralih dari penggunaan bahan kimia ke organik. Jangan membuang sampah di sungai dan biarkan aliran sungai berkelok, jangan dibuat lurus, supaya penyimpanan air lebih lama," pesan Suwito. [kim/ito]

Tag : Festival, bengawan, diskusi, sarasehan, budaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more