07:00 . 4 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet dengan Pasangan di Era Digital   |   19:00 . Emak-emak Nekat Tabrak Palang Pintu KA   |   18:00 . Target Curi Poin, Persibo Bawa 22 Pemain ke Gresik   |   17:00 . Dirangkai Berbagai Acara, Haul Mbah Singonoyo Sukorejo Meriah   |   16:00 . Patuhi Sanksi, Suporter Persibo Tak Akan Berangkat Ke Gresik   |   15:00 . Palang Pintu KA Patah Dipasang dengan Didriling dan Diikat Karet Ban   |   14:00 . Viral, Emak-Emak Tabrak Palang Pintu Kereta Api Hingga Patah   |   13:00 . Jelang Pelantikan Presiden, Polres Bojonegoro Apel Gelar Pasukan Pengamanan Imbangan   |   12:30 . Badan Mobil di Tengah Jalan, Macet Total   |   12:00 . Penumpang Pickup Jagal Sapi Asal Mabang   |   11:00 . Truk Vs Pickup di Proliman, Banyak Korban   |   10:00 . Sebelum Pengambilan Api Abadi, Bupati dan Wabup Ziarah Makam Leluhur   |   07:00 . Cara Pakai Bra yang Tepat Agar Payudara Selalu Sehat   |   18:00 . Selisih Gol, Awas Persibo Bisa Tergeser dari Puncak Klasemen   |   17:00 . Siswa SMAN 1 Kalitidu Belajar Energi Migas dengan EMCL   |  
Sat, 19 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 29 December 2018 22:30

Festival Bengawan 2018

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

Kontributor : Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Setelah dibuka dengan penampilan tradisional gamelan Lesung, Festival Bengawan 2018 dilanjut dengan Sarasehan Budaya dan Lingkungan.

Sebagai narasumber, didatangkan langsung Budayawan Seniman Kondang, yaitu Bramantyo Prujosusilo dan Ketua Presidium Sungai Indonesia yaitu Semar Suwito.

Bramantyo Prujosusilo menjelaskan, salah satu ciri dari suatu negara yang masyarakatnya maju dapat dilihat dari keadaan sungai yang bersih.

"Masyarakat di bantaran sungai mulai dari hulu hingga hilir sangat berperan penting dalam menjaga kondisi sungai," ucapnya

Untuk menjaga keadaan sungai ada banyak cara, hingga mendatangkan pendapatan dari segi ekonomi. Salah satunya yaitu membuat usaha yang memanfaatkan bantaran bengawan yaitu untuk tempat pariwisata dan uri-uri budaya.

"Sudah benar langkah pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dengan memulai melestarikan budaya, perekonomian akan mengikutinya," tambahnya.

Sedang Semar Suwito menyampaikan, kita berbicara tentang bengawan, maka berbicara tentang berkah, bagaimana tidak, aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut mampu membantu roda perekonomian warga bantaran sungai tersebut.

"Air merupakan berkah, begitu banyak manfaatnya, salah satunya yaitu untuk pertanian," papar Suwito.

Suwito menambahkan, pencemaran terbesar sungai yaitu dipengaruhi oleh aktivitas pertanian yang terdapat di bantaran aliran sungai itu sendiri.

"Penggunaan bahan kimia untuk pertanian sangat berpengaruh besar dari pencemaran sungai itu sendiri," jelasnya

Dia berpesan agar penggunaan bahan kimia yang dipakai oleh para petani dikurangi, pembuangan sampah di sungai juga di hindari, kemudian biarkan sungai tetap berkelok.

"Untuk para petani diharap beralih dari penggunaan bahan kimia ke organik. Jangan membuang sampah di sungai dan biarkan aliran sungai berkelok, jangan dibuat lurus, supaya penyimpanan air lebih lama," pesan Suwito. [kim/ito]

Tag : Festival, bengawan, diskusi, sarasehan, budaya

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat