07:00 . Mengapa Kita Cocok Berteman dengan Orang - Orang Tertentu   |   00:00 . Keceriaan Pletonic Sambut Letto   |   23:00 . Kemeriahan Panggung Konser Pemilu   |   22:30 . Tak Hanya Pop, Letto Piawai Hibur Penonton dengan Dangdut   |   22:00 . DPR Minta Polisi Usut Tuntas Pembajakan Mobil Tangki Pertamina   |   21:00 . Perdana, Letto Hibur Penonton dengan 'Permintaan Hati'   |   20:00 . Jingle Pemilu Buka Konser di Bojonegoro   |   19:30 . Ribuan Pletonic Padati Stadion Letjend H Soedirman   |   19:00 . Ketua KPU dan Kapolres Beri Arahan tentang Pemilu   |   18:00 . Sahabat Yatim Cemerlang Latihan Qiroah   |   17:00 . 200 Mahasiwa Ikuti Jagong Santai KPU Bojonegoro   |   16:00 . Kunjungi Kampus, KPU Ajak Mahasiswa Kawal Pemilu   |   15:00 . Rp.3 M untuk BPJS Kesehatan, Guru Masih Harus Iuran   |   14:00 . Disperinaker Latih Masyarakat Kreasikan Bambu   |   13:00 . Pembukaan di Lamongan, Penutupan di Tuban   |  
Sat, 23 March 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 29 December 2018 22:30

Festival Bengawan 2018

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

Sarasehan Bareng Dua Pakar, ini yang Dibahas...

Kontributor : Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Setelah dibuka dengan penampilan tradisional gamelan Lesung, Festival Bengawan 2018 dilanjut dengan Sarasehan Budaya dan Lingkungan.

Sebagai narasumber, didatangkan langsung Budayawan Seniman Kondang, yaitu Bramantyo Prujosusilo dan Ketua Presidium Sungai Indonesia yaitu Semar Suwito.

Bramantyo Prujosusilo menjelaskan, salah satu ciri dari suatu negara yang masyarakatnya maju dapat dilihat dari keadaan sungai yang bersih.

"Masyarakat di bantaran sungai mulai dari hulu hingga hilir sangat berperan penting dalam menjaga kondisi sungai," ucapnya

Untuk menjaga keadaan sungai ada banyak cara, hingga mendatangkan pendapatan dari segi ekonomi. Salah satunya yaitu membuat usaha yang memanfaatkan bantaran bengawan yaitu untuk tempat pariwisata dan uri-uri budaya.

"Sudah benar langkah pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dengan memulai melestarikan budaya, perekonomian akan mengikutinya," tambahnya.

Sedang Semar Suwito menyampaikan, kita berbicara tentang bengawan, maka berbicara tentang berkah, bagaimana tidak, aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut mampu membantu roda perekonomian warga bantaran sungai tersebut.

"Air merupakan berkah, begitu banyak manfaatnya, salah satunya yaitu untuk pertanian," papar Suwito.

Suwito menambahkan, pencemaran terbesar sungai yaitu dipengaruhi oleh aktivitas pertanian yang terdapat di bantaran aliran sungai itu sendiri.

"Penggunaan bahan kimia untuk pertanian sangat berpengaruh besar dari pencemaran sungai itu sendiri," jelasnya

Dia berpesan agar penggunaan bahan kimia yang dipakai oleh para petani dikurangi, pembuangan sampah di sungai juga di hindari, kemudian biarkan sungai tetap berkelok.

"Untuk para petani diharap beralih dari penggunaan bahan kimia ke organik. Jangan membuang sampah di sungai dan biarkan aliran sungai berkelok, jangan dibuat lurus, supaya penyimpanan air lebih lama," pesan Suwito. [kim/ito]

Tag : Festival, bengawan, diskusi, sarasehan, budaya

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more