Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Adakan Sekolah Lapang untuk Petani

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 January 2019 06:00

EMCL Adakan Sekolah Lapang untuk Petani

Kontributor: Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Universitas Bojonegoro (Unigoro) melaksanakan sosialisasi Program Sekolah Lapang Pertanian di Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Rabu (2/1/2019).

Program peningkatan mutu pertanian ini akan dilaksanakan di Desa Bonorejo mulai Januari hingga Juli mendatang.

Selain Bonorejo, EMCL dan Unigoro akan melaksanakan program ini di Desa Gayam, Mojodelik dan Brabowan. Selama program, setidaknya 120 petani akan didampingi dalam meningkatkan hasil pertanian, efesiensi produksi, dan peningkatan penggunaan pupuk alami.

“Kita akan mendampingi para petani di lokasi lahan pertanian mereka sekaligus mempraktekkan cara-cara peningkatan kualitas pertaniannya,” ujar Ketua Yayasan Unigoro, Arif Januarso.

Menurut pria yang biasa disapa Ayik ini, Unigoro akan menerjunkan tim ahli pertanian yang selama ini telah bergelut dalam praktek-praktek dan penelitian-penelitian di bidangnya. Dia menegaskan, bahwa Unigoro akan mendampingi petani secara intensif dan memberi wawasan baru yang selama ini hanya ada di ranah akademis.

“Para petani ini kan sudah berpengalaman di lapangan selama bertahun-tahun. Nah, kita dari kampus ini ingin berbagi wawasan baru tentang bagaimana perkembangan dunia pertanian,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan EMCL Ali Mahmud menegaskan, program Sekolah Lapang Pertanian ditujukkan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar wilayah operasi Lapangan Banyu Urip. Kata dia, masyarakat yang mayoritas petani diberikan pelatihan dan pendampingan agar hasil pertaniannya lebih optimal. Program yang sama telah dilakukan pada 2016 hingga 2017 lalu.

“Ini merupakan satu di antara wujud komitmen kami dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar dalam bidang ekonomi,” tukasnya.

Kepala Desa Bonorejo, Dasan menyambut baik program ini. Menurutnya, program tersebut sejalan dengan harapan warga dalam meningkatkan kesejahteraan petani.
 
“Saya berharap program ini bisa terlaksana dengan baik, sehingga petani di Desa Bonorejo ini semakin sejahtera,” pungkasnya. [kim/mu]

Tag : emcl, sekolah lapang, warga, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini