12:00 . Pengisian Kekosongan Kepala SD Tunggu Persyaratan dan SK Bupati   |   11:00 . Konter di Cengungklung Terbakar   |   10:00 . Pipa PDAM di Dander dan Purwosari Bocor, Distribusi Air Terganggu   |   09:00 . Diduga Korsleting Listrik, Toko Ponsel di Cengungklung Terbakar   |   08:00 . Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu di Balen Kembali Terbakar   |   07:00 . Konsumsi Makanan Manis Berlebihan Ikut Memicu Hipertensi   |   20:00 . Tembakau Virginia dan Jawa Lebih Dipilih Petani Bojonegoro   |   19:00 . Usai Laksanakan Rukun Haji, Sebagian Jemaah Laksanakan Thawaf Ifadloh   |   18:00 . Unsur Pimpinan Ditentukan DPP, DPC Demokrat Tunggu Keputusan   |   17:00 . Rumah dan Lahan Hutan Dominasi Kebakaran di Bojonegoro   |   16:00 . Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu 0,2 Hektar Terbakar   |   15:00 . Ringankan Kekeringan, Banom NU Bersinergi Distribusikan Air Bersih   |   14:00 . Pertamina Memberikan Sinyal Groundbreaking Kilang   |   13:00 . 75 Kebakaran di Bojonegoro, Kerugian Mencapai Rp2,3 Milyar   |   12:00 . Nikmatnya Penyetan Gloso Warung Semok Bikin Ketagihan   |  
Tue, 20 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 07 January 2019 20:00

Diduga Tahanan Lapas Kabur

Tahanan Kabur, Ini Penjelasan PN Bojonegoro

Tahanan Kabur, Ini Penjelasan PN Bojonegoro

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com - Teka-teki tahanan yang kabur kini mulai ada titik terang. Humas Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, Isdaryanto membenarkan adanya hal itu.

Diketahui, tahanan yang kabur itu adalah Sunan bin Kaimah. Dia dinyatakan kabur beberapa waktu lalu ketika akan diadakan sidang lanjutan dan ia tidak hadir di PN.

Baca: Isu Tahanan Kabur, Kalapas Bojonegoro: Itu Hoax!

Menurut Isdaryanto, kronologi kejadian, ketika itu pihak lapas memberitahukan terdakwa Sunan sakit stroke. Hal itu tertulis pada surat dari Lapas.

"Yang memberitahukan Plh. Kalapas, karena Kalapas tidak ada di tempat. Dan juga koordinasi lewat telepon yang intinya terdakwa Sunan membutuhkan perawatan di Rumah Sakit (RS)," ujar Isdaryanto.

Hari itu, Jumat (21/12/2018), Pengadilan Negeri mengeluarkan keputusan pembantaran  kepada Sunan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikusumo.

Kebetulan majelis hakim, Eka Prasetya Budi Dharma, Nurjamal dan Isdaryanto. Dan Jaksa Penuntut Umum adalah Dwi Lestari.

"Kemudian majelis hakim memerintahkan Penuntut Umum melakukan pengawalan," bebernya.

Selanjutnya, Rabu (26/12/2018) persidangan akan dilanjutkan, ternyata terdakwa tidak ada di RS maupun di Lapas.

"Kemudian konfirmasi ke Kalapas saat itu tidak ada, karena sedang pelatihan. Tapi menurut peraturan, ketika pemimpin pergi, maka ada pengantinya sementara," beber Isdaryanto.

Dari informasi yang diperoleh pihak PN, jika yang memasukkan Sunan ke RS adalah petugas Lapas, dan begitu juga yang membawa keluar dari rumah sakit.

"Anehnya versi dari orang Lapas tidak membawa Sunan ke Rs," tuturnya.

Di sisi lain, masih kata Isdaryanto, menurut dokter RSUD bahwa Sunan dinyatakan tidak stroke dan sembuh. "Setelah keluar tidak tahu lagi kemana si Sunan Ini," jelasnya.

Mengingat sesuai pasal 19 ayat 10, pasal 21 ayat 2, 3 dan 4, PP No. 27/1983 tentang pelaksanaan KUHAP. SEMA nomor 1 tahun 1989 tentang pembantaran. "Tidak tepat jika ada pembantaran terus tidak menahan terdakwa. Padahal esensi pembantaran adalah memindahkan pengobatan ke Rumah Sakit. Ketika sudah sembuh harus segera kembali menjalani penahanan," tegas Humas PN Bojonegoro. [top/mu]

Tag : tahanan lapas kabur, lapas II bojoengoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat