07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |   15:00 . Dua Desa Dipastikan Tak Bisa Ikut Pilkades Serentak   |   14:00 . Oktober 2019, Refita Diberangkatkan di Kejurnas   |   13:00 . 524 Siswa SMKN2 Resmi Diwisuda, ini Harapan Para Guru   |   12:00 . Kurang Pagu, PPDB Jalur Offline Dibuka Sehari   |   11:00 . Suami Ketua Ansor, Istri Ketua Fatayat Bersaing di Samberan   |   10:00 . Dari 38, Bojonegoro Peringkat 8 Perolehan Medali   |   09:00 . Bisa Daftar dari Rumah, SMAN 4 Bojonegoro Tetap Buka Layanan   |   08:00 . Sempat Melambung Tinggi, Kini Harga Kencur Anjlok   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   22:00 . Wabup Berharap Santri Bojonegoro Terus Berprestasi   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 08 January 2019 18:00

Mina Padi Plus, Kombinasi Padi, Ikan, Sayur dan Buah di Satu Lahan

Mina Padi Plus, Kombinasi Padi, Ikan, Sayur dan Buah di Satu Lahan

Pengirim: Iskak Riyanto

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya optimalisasi tanah sawah agar mendapatkan hasil panen yang maksimal, petani di Desa Kedungdowo Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro melakukan tanam padi dikombinasi dengan ikan plus sayuran dan jambu kristal. Istilah budidaya padi dan ikan dikenal dengan nama Mina Padi.

Mina Padi merupakan bentuk usaha tani gabungan (Combined Farming) dengan memanfaatkan genangan air ditengah atau pinggir sawah sebagai kolam ikan juga sekaligus ditanami padi.

"Mina Padi plus ini sangat menguntungkan. Luas sawah 1400 M2, yang 500 M2 untuk tanggul saya tanami sayuran dan jambu Kristal bantuan dari Disperta Bojonegoro. Luasan 900 M2 untuk tanaman padi dan ikan. Setiap hari bisa mendapatkan masukan dari sayuran dan ikan 75.000," kata Abdul Mukarom, seorang petani yang mempraktikkan Mina Padi.

Mbah Dul yang juga warga Desa Kedungdowo itu menjelaskan, Mina Padi plus ini menggunakan jarak tanaman Jajar Legowo (Jarwo) 2:1. Lorong legowo yang luas cocok untuk kehidupan ikan ini juga bisa menekan perkembangan hama seperti Wereng Batang Coklat (WBC), Kaper penyebab Penggerek Batang Kuning (PBK) karena bisa menjadi makanan ikan.

Selain itu hemat di penyiangan dan kotoran ikan menjadi pupuk organik. Dengan 'Jarwo' produktivitas padi secara tehnis bisa naik 7-14 persen. Ini disebabkan adanya efek pinggir (border effect) pada semua rumpun padi mendapat sinar matahari secara maksimal sehingga proses fotosintesis bisa sempurna. Keuntungan lain Jarwo aplikasi pemupukan dan penyemprotan lebih mudah. Juga meningkatkan populasi tanaman per satuan luas.

"Untuk tanaman padi insya Allah Kamis depan sudah panen, semoga harganya masih tetap mahal," harap mbah Dol yang juga sebagai pengawas Kelompok Tani Setia Kawan II Desa Kedungdowo itu. [lis]

Penulis: PPL Disperta Bojonegoro

Tag : padi, buah, lahan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more