18:00 . PTSL 2020, Kabupaten Bojonegoro Tempati Urutan ke-2 Se-Jatim   |   13:00 . Pascakebakaran, Pertamina Targetkan CPP Gas Gundih Beroperasi November   |   12:00 . Jelang Idul Adha, Harga Telur Ayam Turun   |   11:00 . Polres dan Dishub Bojonegoro Siapkan Grid Bagi Pengendara Motor   |   10:00 . Intip Kuliner Khas Arab di Teras Alfaros   |   09:00 . Tingkatkan Pembangunan Desa, DPMD Bersama P3MD Fasilitasi Penyusunan RKPDes   |   08:00 . 16 Pot Bunga di Kota Dirusak Orang   |   07:00 . Kesalahan Pakai Masker yang Amat Berbahaya Tapi Sering Dilakukan Keluarga   |   21:00 . Sehari, 16 Orang di Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Covid 19   |   20:00 . Sumur Bor di Margomulyo Keluar Gas, Gegerkan Warga   |   15:00 . Ada Penyaluran Beras Bansos ke KPM, ini Tanggapan Bulog   |   14:00 . Rapid Test Gratis Masyarakat Bojonegoro Didominasi Pekerja   |   13:00 . Pemohon Akta Kematian Rata-rata 20-25 Orang Per Hari   |   12:00 . Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau   |   11:00 . Baksos Wujud Kejari Bojonegoro Hadir Bantu Kepedulian Sesama   |  
Thu, 16 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 08 January 2019 18:00

Mina Padi Plus, Kombinasi Padi, Ikan, Sayur dan Buah di Satu Lahan

Mina Padi Plus, Kombinasi Padi, Ikan, Sayur dan Buah di Satu Lahan

Pengirim: Iskak Riyanto

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya optimalisasi tanah sawah agar mendapatkan hasil panen yang maksimal, petani di Desa Kedungdowo Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro melakukan tanam padi dikombinasi dengan ikan plus sayuran dan jambu kristal. Istilah budidaya padi dan ikan dikenal dengan nama Mina Padi.

Mina Padi merupakan bentuk usaha tani gabungan (Combined Farming) dengan memanfaatkan genangan air ditengah atau pinggir sawah sebagai kolam ikan juga sekaligus ditanami padi.

"Mina Padi plus ini sangat menguntungkan. Luas sawah 1400 M2, yang 500 M2 untuk tanggul saya tanami sayuran dan jambu Kristal bantuan dari Disperta Bojonegoro. Luasan 900 M2 untuk tanaman padi dan ikan. Setiap hari bisa mendapatkan masukan dari sayuran dan ikan 75.000," kata Abdul Mukarom, seorang petani yang mempraktikkan Mina Padi.

Mbah Dul yang juga warga Desa Kedungdowo itu menjelaskan, Mina Padi plus ini menggunakan jarak tanaman Jajar Legowo (Jarwo) 2:1. Lorong legowo yang luas cocok untuk kehidupan ikan ini juga bisa menekan perkembangan hama seperti Wereng Batang Coklat (WBC), Kaper penyebab Penggerek Batang Kuning (PBK) karena bisa menjadi makanan ikan.

Selain itu hemat di penyiangan dan kotoran ikan menjadi pupuk organik. Dengan 'Jarwo' produktivitas padi secara tehnis bisa naik 7-14 persen. Ini disebabkan adanya efek pinggir (border effect) pada semua rumpun padi mendapat sinar matahari secara maksimal sehingga proses fotosintesis bisa sempurna. Keuntungan lain Jarwo aplikasi pemupukan dan penyemprotan lebih mudah. Juga meningkatkan populasi tanaman per satuan luas.

"Untuk tanaman padi insya Allah Kamis depan sudah panen, semoga harganya masih tetap mahal," harap mbah Dol yang juga sebagai pengawas Kelompok Tani Setia Kawan II Desa Kedungdowo itu. [lis]

Penulis: PPL Disperta Bojonegoro

Tag : padi, buah, lahan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat