23:00 . Jan Ethes Gemesin Ikut Presiden Jokowi Upacara HUT ke 74 RI   |   22:00 . Pelatihan Kepemimpinan Active Citizens di Padepokan ASA   |   21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |   19:00 . Unik, Warga Klangon Dirikan Gapura Bentuk Garuda Raksasa   |   18:00 . Warga Tulungagung Kibarkan Bendera Rakasasa di Tepi Bengawan Solo   |   17:00 . Totalitas Tari Thengul dan Gemuruh Penonton   |   16:00 . Tari Thengul Tampil Memukau di Istana Negera   |   15:30 . Pertamina Tanam 10.000 Pohon dan Serahkan CSR Rp1,2 Miliar   |   15:00 . 210 Napi Tak Dapat Remisi   |   14:00 . Napi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, 4 Orang Bebas   |   13:00 . Banom NU Banjarejo Bagikan Wakaf 1.000 Masker   |   12:30 . Momen Agustusan, Mansabo Kembangkan Potensi Siswa Melalui Lomba   |   12:00 . Banyak Peserta Upacara HUT RI di Alun-alun Bojonegoro Pusing   |   11:00 . Refleksi Hari Kemerdekaan, SLB Putra Harapan Bagi Bendera   |  
Sun, 18 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 09 January 2019 22:00

Bupati Bojonegoro Resmikan Mall Pelayanan Publik

Bupati Bojonegoro Resmikan Mall Pelayanan Publik Foto: doc Humas Pemkab

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Saat ini pelayanan publik menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Masyarakat memiliki hak untuk memperoleh pelayanan yang baik. Sehingga Pemerintah Kabupaten Bojonegoro beriinisiatif membuat Mall Pelayanan Publik. 

Diharapkan dapat membantu Pemkab Bojonegoro dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Bojonegoro. Soft Launching Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik Jalan Veteran Bojonegoro, Rabu (9/1/2019).

Acara tersebut dihadiri Jajaran Forkompimda Kabupaten Bojonegoro, Kepala Biro Organsiasi Setda Provinsi Jatim, Pj Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Bojonegoro, Instansi vertikal dan perbankan di Wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Pj Kepala Bagian Ortala, Mujianto menyampaikan, bahwa maksud dari pendirian Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Bojonegoro, dalam rangka upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman. 

"Tujuannya, mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai jenis pelayanan dalam satu tempat secara terintegrasi antar layanan serta terjadi sinergitas antar pelayanan yang ada," katanya.

Ruang lingkup pelayanan pada Mall Pelayanan Publik meliputi seluruh pelayanan perizinan dan non perizinan yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dan Daerah serta pelayanan Badan Usaha  Milik Negara atau BUMD. 

Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro saat ini baru menampung 30 instansi pelayanan, baik yang berasal dari Pemkab, instansi pusat di daerah, maupun instansi pelayanan lain yang ada di Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 199 layanan.

Rinciannya, instansi lingkup Pemda Bojonegoro terdiri dari 18 instansi dengan jumlah sebanyak 149 pelayanan. Instansi Pemerintah Pusat di kabupaten terdiri dari 4 instansi dengan jumlah 16 layanan. Perbankan terdiri dari 3 bank dengan jumlah 8 layanan.

Kemudian, BPJS terdiri dari 2 unit dengan jumlah 13 layanan. PT. Pos dengan jumlah 3 layanan. PLN dengan jumlah 5 layanan dan PDAM dengan jumlah 5 layanan.

Kedepan, seluruh pelayanan perizinan dan non perizinan yang dimiliki Pemkab Bojonegoro serta masih dilaksanakan di kantor masing-masing akan dipindahkan secara menyeluruh ke Mall Pelayanan Publik. 

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menyampaikan, bahwa dengan ditetapkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 maka pelayanan publik merupakan salah satu dari delapan area perubahan. 

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik, adalah dalam upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman. 

"Maksutnya adalah adanya perubahan baru terhadap tata cara pemerintah dalam melaksanakan pelayanan publik," kata Bupati.

Dalam hal pelayanan, Kabupaten Bojonegoro pada dasarnya banyak melahirkan berbagai bentuk pelayanan yang semakin memudahkan masyarakat. Namun demikian, tidak kemudian menjadikan inovasi baru bentuk pelayanan publik menjadi terhenti. 

"Ke depan diharapkan semakin banyak inovasi akan terlahir dan benar-benar menjadikan masyarakat semakin puas dengan pelayanan pemerintah," ujarnya.

Mall ini merupakan bentuk layanan publik, dan outputnya layanan masyarakat dalam satu wadah. Untuk itu harapanya bagi petugas terus kembangkan dan dekatkan layanan kepada masyarakat agar masyarakat merasa aman, nyaman dan aman karena hal tersebut bentuk pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat.

Bupati Bojonegoro menambahkan, bahwa di era digital semua sudah di dalam genggaman. Karena itu, sebagai ASN yang melayani masyarakat  yang merupakan instrument penting sebagai support pembangunan dan sistem, harus bisa merespon perkembangan ini. Sebab sangat dibutuhkan.

Setelah dibuka Mall Pelayanan Publik ini, diharapkan pelayanan akan menjadi semakin baik, terintegrasi dan dapat menjadi salah satu solusi dari bentuk pelayanan terpadu yang dapat dijangkau dalam satu tempat. Bahwa dalam melayani tidak boleh merasa cepat puas. 

"Karena, ini akan mematikan kreativitas untuk menciptakan inovasi dalam pelayanan. Pelayanan perlu terus mencari bentuk terbaiknya. Kepuasan pelanggan, dalam hal ini masyarakat adalah menjadi tujuan utamanya," tutup Bupati.  [yud/lis]

Tag : pelayanan, mall, publik, pemkab

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat