12:00 . Pandemi, Pendapatan Pajak 3 Sektor Ini di Bawah 10 persen   |   11:00 . Tingkatkan Kualitas Pendidik, 9 Dosen Stikes Rajekwesi Tersertifikasi Kemendikbud   |   10:00 . Samsul Arif: Promosikan Bojonegoro, Lewat Sepakbola Nasional   |   08:00 . Millenial Yuk Ikuti Kompetisi Desain Grafis Pamflet Kemerdekaan RI Ke-75   |   07:00 . Berapa Jarak Usia Ideal antara Seorang Anak dan Adiknya?   |   21:00 . Hingga Awal Agustus, Inilah Progres Pembangunan Jalan di Bojonegoro   |   20:00 . 3 Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   19:00 . Akomodir Milenial, Bu Mit Agandakan Silaturrohimi Para Tokoh   |   17:00 . Adaptasi New Normal, Bus Donor Darah UDD PMI Sudah Beroperasi   |   16:00 . Santunan Korban Cacat Jasa Raharja Menempati Posisi Paling Rendah   |   15:00 . Aklamasi, Srikandi Tambakrejo Kembali Nahkodai Partai Beringin   |   13:00 . Yuk Belajar Ala Millenial di Taman Kunto Wijoyo Mojodeso   |   12:00 . Anggota DPR RI serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Singgah di Taman Kalianyar Mumbul   |   11:00 . PMI Bojonegoro Kirim 50 Kantong Darah untuk Korban Ledakan   |   10:00 . Pertamina Siap Distribusikan 35 Ribu Paket Konverter Kit untuk Nelayan & Petani   |  
Fri, 07 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 22 January 2019 16:00

40 Titik Ekstrem Bisa Sebabkan Longsor Bengawan Solo

40 Titik Ekstrem Bisa Sebabkan Longsor Bengawan Solo

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Ada Puluhan titik tikungan berbahaya yang dinilai sangat membahayakan di sungai bengawan solo yang rawan longsor karena gerusan air sungai terpanjang dipulau jawa tersebut, terlebih lagi Bojonegoro intensitas curah hujan semakin tinggi.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, Iskandar. Menurutnya ada 40 titik tikungan ekstrem yang dinilai berbahaya sehingga benturan air ke tanggul samping itu bisa menyebabkan longsor.

"Selain itu, tikungan ekstrem itu dinilai juga membentuk palung atau terjadinya pusara air membentuk air berputar semakin besar," ucap Iskandar saat ditemui blokBojonegoro.com.

Pria asal Aceh ini menambahkan 40 titik tikungan ekstrem itu mulai dari Kecamatan Margomulyo hingga Taman Bengawan Solo (TBS). Padahal tikungan ideal itu tingkat kemiringannya minimal 60 derajat, namun kebanyakan tikungan di bengawan solo ini kemiringannya antara 30 hingga 40 derajat.

Masih kata Iskandar, selain tikungan atau lekukan yang menyebabkan longsor, longsor tanggul bengawan juga dipicu karena dampak pengambilan pasir yang tidak sesuai aturan, sehingga membuat kedalaman air atau palung itu semakin terlihat ekstrem saat air tebentur tanggul atau lekukan didalam bengawan.

Oleh Karena itu, agar longsor tanggul bengawan tidak semakin parah, situasi ini pastinya harus segera mendapatkan perhatian diantaranya dengan penaman pohon di bibir bengawan guna mencegah longsoran tanah semakin luas.[saf/ito]

Tag : longsor, bengawan, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat