Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jelang Pemilu, Pendidikan Politik Mutlak Diperlukan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 23 January 2019 16:00

Jelang Pemilu, Pendidikan Politik Mutlak Diperlukan

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Tahun ini adalah tahun politik. Masyarakat Bojonegoro bakal merayakan pesta demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

Diantaranya, bakal memilih DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, serta Presiden dan Wakil Presiden RI. Sehingga pendidikan politik kepada Masyarakat mutlak diperlukan.

Seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bojonegoro yang melakukan pendidikan politik di Kecamatan Balen, Selasa (22/1/2019).

Pendidikan Politik Masyarakat/Generasi Muda tersebut, menggagas tema 'Pemilih Cerdas Mewujudkan Pemilu 2019 yang Berkualitas dan Bermartabat'.

Kepala Bakesbang Kabupaten Bojonegoro, Kusbianto menyampaikan, kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat dan generasi muda ini untuk membeck-up kegiatan Komisi Pemulihan Umum (KPU) setempat.

"Maka dari itu, Kesbang ikut melakukan sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, dalam pesta demokrasi mendatang. Sedikitnya ada 5 surat suara. Dari KPU nanti juga akan ada relawan yang membantu untuk sosialisasi tentang Pemilu 2019.

"Menjadi tanggungjawab pemerintah untuk memgajak masyarakat menggunakan hak pilihnya," imbuhnya.

Sementara Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menyampaikan, ini merupakan sosialisasi mengenai Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan Pileg dan Pilpres. Hal itu berbeda dengan Pilkada tahun lalu.

"Jika Pilkada ada foto calonnya, sedangkan Pileg tidak ada foto calonnya, hanya nama saja," ujarnya menjelaskan.

Informasi tersebut banyak masyarakat yang belum tahu. "Menjadi tugas pemerintah juga untuk memberikan pendidikan politik agar masyarakat melek politik," imbuh Bupati. [yud/mu]

Tag : pemilu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini