11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanda-Tanda Fisik Ini Jadi Peringatan Masalah Kesehatan Serius

blokbojonegoro.com | Wednesday, 23 January 2019 06:00

Tanda-Tanda Fisik Ini Jadi Peringatan Masalah Kesehatan Serius

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Jujur saja, kita lebih banyak menghabiskan waktu memperhatikan penampilan fisik dibandingkan kesehatan kita. Padahal, ada masalah yang lebih penting daripada hanya memamerkan penampilan fisik belaka.

Para ahli mengatakan, seseorang sebenarnya bisa mengetahui kesehatannya dari tanda-tanda yang muncul di tubuhnya. Seseorang bahkan bisa memprediksi masalah kesehatan di masa depan hanya dengan memperhatikan penampilan fisik luarnya.

Contohnya, sebuah penelitian mengatakan orang dengan perut buncit tidak hanya dikaitkan dengan penyakit jantung. Kondisi tersebut juga menjadi tanda-tanda munculnya penyakit Alzheimer di masa tuanya.

Dikutip dari The Sun, tanda-tanda fisik berikut ini menjadi peringatan adanya masalah kesehatan yang serius.

1. Bibir

Singkirkan Bibir Pecah-Pecah yang Mengganggu

Bibir kering dan kulit pecah-pecah di sudut mulut bisa menjadi tanda sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun yang juga disebut dengan sindrom Sjogren.

 

2. Kuku

Kita tidak berbicara tentang kuku yang tidak terawat,  tetapi kondisi alami kuku yang bisa menjadi petunjuk masalah kesehatan. Kuku berbentuk sendok, yakni kuku terlihat memanjang ke atas, bukan melengkung ke bawah, dapat mengindikasikan kekurangan zat besi, anemia, penyakit jantung dan penyakit hipotiroid.

Jika kuku berwarna merah muda hanya di ujung dan putih di tempat lain, itu bisa menjadi tanda penyakit hati, gagal ginjal atau jantung, atau diabetes.

3. Payudara dan Pinggul Besar

Wanita berpinggang kecil dengan payudara dan pinggul yang besar memiliki kadar asam lemak Omega-3 yang lebih tinggi.

Omega-3 telah terbukti meningkatkan pertumbuhan sel otak, seperti yang terungkap dalam penelitian terhadap 16.000 wanita oleh University of Pittsburgh di Amerika Serikat. Penelitian juga menemukan bahwa wanita dengan ciri-ciri seperti itu cenderung lebih subur.

4. Paha Kecil

Sebuah penelitian di British Medical Journal menemukan orang dengan paha berukuran kurang dari 24,5 inci memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi dan terserang penyakit jantung serta masalah kesehatan lainnya.

Mereka yang memiliki paha kecil mungkin tidak memiliki massa otot yang cukup untuk menangani insulin dengan baik, meningkatkan risiko diabetes dan, pada gilirannya, menderita penyakit jantung.

5. Mata

Hanya dengan Memandang Penderita, Sakit Mata Merah Menular?

Munculnya kantung di bawah mata selalu dianggap sebagai tanda-tanda kita lelah. Tetapi para ilmuwan menemukan bahwa kantung mata adalah retensi cairan dari makan terlalu banyak garam atau minum alkohol berlebihan, yang menyebabkan kembung.

Masalah yang lebih serius juga dikaitkan dengan kantung mata, termasuk masalah hipotiroid dan ginjal yang kurang aktif.

6. Lengan Besar

Penelitian telah mengungkapkan bahwa lengan atas yang lebih besar menandakan umur yang lebih panjang dan kesehatan yang lebih baik. Ilmuwan Denmark menemukan mereka yang memiliki lingkar otot lengan yang besar memiliki tingkat kematian yang rendah.

Alasannya otot membakar kalori lebih cepat daripada jaringan lain, sementara sel-sel otot juga lebih responsif terhadap insulin. Hal ini menurunkan kadar gula darah namun kemungkinan bisa mengembangkan penyakit jantung.

7. Perut Buncit

Kelebihan lemak tubuh, terutama di bagian pusar, telah dikaitkan dengan penyusutan otak, kata para ilmuwan dari Loughborough University, Leicestershire, Inggris. Selain penyakit jantung, kondisi ini juga telah dikaitkan dengan risiko penurunan memori yang lebih tinggi dan kondisi degeneratif seperti Alzheimer.

8. Tubuh Berbentuk Pir

Para ahli medis percaya bahwa tubuh berbentuk buah pir lebih rentan terhadap kanker ovarium dan endometriosis. Ini karena wanita dengan bentuk tubuh ini cenderung memiliki dominasi estrogen dalam kadar hormon mereka. KOndisi tersebut dapat menyebabkan kanker hormon sensitif dan kesehatan tiroid yang buruk. [lis]

 

Tag : kesehatan, fisik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat