Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pertamina Mau Beli Minyak dari ExxonMobil

blokbojonegoro.com | Tuesday, 29 January 2019 07:00

Pertamina Mau Beli Minyak dari ExxonMobil bB/dok: Salah satu lokasi pengeboran Minyak dan Gas Bumi (Migas).

Reporter: --

blokBojonegoro.com - PT Pertamina (Persero) menjajaki pembelian minyak mentah produksi ExxonMobil. Sebelumnya Pertamina juga sudah membeli minyak mentah dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Blok Rokan, Riau.

"Kita diskusi serupa dengan ExxonMobil," kata Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat.

Selain ExxonMobil, Pertamina juga sudah menyerap minyak mentah dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) lainnya. Namun, jumlahnya tidak terlalu besar.

"Kalau KKKS lain sudah jalan dan jumlahnya tidak besar bagian negaranya. Kita fokus yang besar dulu menyumbang ke keberadaan kilang," ujar Dharmawan.

Seperti diketahui, Pertamina melakukan aksi pertama membeli minyak mentah dari KKKS dari Chevron. Langkah ini dilakukan untuk menekan impor minyak yang berimbas ke defisit neraca perdagangan yang semakin lebar.

Minyak mentah jenis Sumatran Light Crude (SLC) dan Duri Crude (DC) yang dihasilkan oleh Blok Rokan, sesuai dengan konfigurasi Kilang Minyak Pertamina. Dalam tahap awal, untuk periode Januari hingga Juni 2019, estimasi volumenya diperkirakan mencapai 2,5 juta barel per bulan.

Selain pembelian minyak, PT Pertamina menargetkan produksi Migas tahun ini sebesar 922.000 barrels oil equivalent per day (BOEPD). Angka tersebut dengan rincian minyak 414.000 barel per hari (bph) dan gas 2.944 juta standar kaki kubik (MMSCFD).

"Jadi untuk target secara keseluruhan di 2019 itu minyak di 922.000 BOEPD setara dengan 414.000 barel minyak dan 2.944 kaki kubik juta per hari," tegasnya.

Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan posisi tahun lalu sebesar 921.000 BOEPD dengan minyak sebesar 392.000 bph dan gas 3.064 juta kaki kubik (MMSCFD). Dari angka tersebut, target produksi minyak naik sedangkan gas turun.

"Sedikit di bawah target untuk gas tapi naik di minyak. Tahun ini, Pertamina mengalokasikan investasi US$ 2,5 miliar di hulu Migas," pungkas Dharmawan. [mu]

Sumber: https://finance.detik.com/energi/d-4388706/pertamina-mau-beli-minyak-dari-exxonmobil

Tag : migas, pertamina, exxonmobil, minyak mentah, kilang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini