Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Bersama LPTP Sosialisasi Program Lanjutan SID

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 January 2019 18:00

EMCL Bersama LPTP Sosialisasi Program Lanjutan SID

Kontributor : Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Sistem informasi Desa (SID) merupakan proses dan aplikasi yang berbasis komputer, pengelolaan informasi kantor desa yang mendukung administrasi desa. ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Lembaga Pengembangan Masyarakat Pedesaan (LPTP), mengembangkan program tersebut untuk membantu administrasi dan pembangunan desa.

Selama bulan Januari hingga Oktober 2018 secara maraton, replikasi dan analisis SID telah berhasil dikembangkan di 2 Desa yaitu Brabowan dan Bonorejo kemudian dipresentasikan di masing-masing desa. Beberapa Kepala Desa dan Aparat Desa tetangga ikut hadir untuk memberi pemahaman tentang kegunaan SID bagi Pemerintah, sekaligus mentransfer pengetahuan tentang proses menyusun dan analisis SID.

Dengan pemahaman tentang arti penting SID bagi perumusan rencana dan kebijakan pembangunan, memunculkan keinginan dari desa-desa lain untuk juga memiliki SID di desa mereka.

Sedangkan untuk tahun ini dilakukan pengembangan SID untuk tindak lanjut pasca penyusunan yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk program lanjutan tersebut dilakukan 4 Desa, yaitu Brabowan, Bonorejo, Mojodelik dan Gayam yang sebelumnya sudah dilakukan proses penyusunan dan analisis terlebih dahulu.

Pada hari ini Rabu (30/1/2019) dilakukan sosialisasi program di Desa Brabowan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, yang bertempat di pendopo balaidesa Brabowan, yang dihadiri oleh Perwakilan EMCL Wahyu Sadewo, Kepala Desa (Kades) setempat Sukiran, perangkat desa setempat, pendamping program dan juga seluruh tim SID.

Sukiran menyampaikan ucapan terimakasih kepada EMCL yang selama ini telah membantu, dalam bentuk pembangunan infrastruktur maupun yang lain.

"Banyak program yang dilakukan oleh pihak EMCL, tentunya hal tersebut membantu warga kami," ucapnya

Kades tersebut menambahkan, program SID dapat membantu perkembangan desanya, untuk itu perlu pengembangan yang nantinya dapat berfungsi secara maksimal.

"Perencanaan pembangunan secara matang sangat diperlukan, dengan melihat data yang selama ini terkumpul dalam SID tersebut, dapat membantu perencanaannya," tambahnya

Sedangkan Wahyu Sadewo menjelaskan pihaknya akan selalu mendukung program yang dilakukan di wilayah kerjanya yaitu di desa sekitar lapangan Banyu urip.

"Kami sangat mendukung perkembangan pembangunan di wilayah kerja kami, kolaborasi saling mendukung antara kedua belah pihak," ucapnya.

Wahyu berharap dengan adanya program tersebut dapat membantu pembangunan Desa yang dilaksanakan, agar percepatan pembangunan dapat berjalan maksimal dan dukungan semua elemen sangat diperlukan untuk membantu program tersebut.

"Kami harap dengan adanya program ini, dapat membantu percepatan pembangunan desa, namun dukungan dari semua pihak sangat diperlukan, tanpa adanya dukungan program ini tidak dapat berjalan," harapnya. [kim/ito]

Tag : emcl, lptp, gayam, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini