08:00 . Adu Kepala, Truk Tronton Pukul Mundru Bus   |   07:00 . Kacamata Kesehatan, Perawatan Terbaik untuk Mata   |   21:00 . Banyak Pohon Tumbang, Ini Komentar DLH   |   20:00 . Cek Fakta Kebenaran Puting Beliung di Terminal Bojonegoro   |   19:00 . Gubernur dan Bupati Bantu Korban Puting Beliung   |   18:00 . Masya Allah...! Bojonegoro Darurat Bencana   |   17:00 . Khofifah Kunjungi Korban Puting Beliung di Bojonegoro   |   16:00 . Pekan Ini, Harga Cabai Berangsur Turun   |   15:00 . Lagi, Beredar Video Angin Puting Beliung Terjadi Bukan di Bojonegoro   |   14:00 . Puting Beliung Terjang 44 Desa di Bojonegoro, Kerugian 2,3 M   |   13:00 . Memilih Make Up Natural untuk Aktivitas Sehari-Hari   |   12:00 . Nonton Film Hanya Manusia   |   11:00 . Giliran Tuban dapat PPM dari Sahabat Pertamina   |   10:00 . Dua Hari Puting Beliung, Taksir Kerugian Rp2,3 M   |   09:00 . Diduga Ngantuk, Mobil Sedan Terjun ke Sungai Desa Banjarsari   |  
Wed, 13 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 30 January 2019 17:00

Normalisasi Sungai, Pemkab Gelontor Rp1,3 Miliar Lebih

Normalisasi Sungai, Pemkab Gelontor Rp1,3 Miliar Lebih

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (PU SDA) menganggarkan Rp1,3 miliar lebih untuk normalisasi kali/sungai di wilayah setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Bojonegoro, Edi Susanto mengatakan, bahwa anggaran normalisasi sungai/kali sekitar Rp1,3 miliar lebih. Bebepara sungai mengalami pendangkalan.

"Akan kita utamakan untuk sungai atau kali yang mengalami pendangkalan rawan banjir bandang," katanya kepada blokBojonegoro.com disela-sela Sambang Desa, Rabu (30/1/2019).

Data yang dihimpun dari Kabid Normalisasi Kali, Dinas Pekerjaan Umum dan Sumberdaya Air (PU SDA) Bojonegoro, Masahid menyebutkan, ada 29 sungai atau kali yang bakal dinormalisasi, yang tersebar di 11 kecamatan.

"Sungai atau kalai tersebut dinilai perlu untuk dilakukan normalisasi," kata Mashadi.

Kecamatan tersebut di antaranya, Kecamatan Kapas, Dander, Kepohbaru, Sumberrejo, Baureno, Balen, Kanor, Temayang, Trucuk, Kedungadem dan Bubulan.

Normalisasi tersebut untuk mengembalikan fungsi penampung sungai yakni dengan menggali sedimentasi agar sungai menjadi lebih dalam. Sehingga aliran air sungai semakin lancar.

Sebelumnya, hujan deras intensitas tinggi yang sering mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro saat musim penghujan sangat berpotensi terjadi banjir bandang akibat luapan air sungai.

Terlebih jika kali tersebut mengalami pendangkalan. Banjir bandang pun tak terbendung. Akibatnya, lahan persawahan, lembaga pendidikan hingga pemukiman warga terdampak banjir bandang.

Parahnya, akibat banjir bandang luapan kali yang terjadi di beberapa kecamatan di Bojonegoro membuat aktifitas perekonomian warga terganggu. Sebab jalan poros desa/kecamatan terendam banjir.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (PU SDA) bakal menormalisasi kali di beberapa kecamatan di Kota Ledre ini.

Normalisasi tersebut untuk mengurangi dampak banjir bandang akibat luapan sungai yang mengalami pendangkalan. Program normalisasi kali ini masuk prioritas tahun ini. [yud/ito]

Tag : normalisasi, sungai, bojonegoro, pemkab, pusda

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat