Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Percepatan Program Perhutanan Sosial, IDFoS Gelar Seminar

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 January 2019 12:00

Percepatan Program Perhutanan Sosial, IDFoS Gelar Seminar

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -  Dalam upaya mendukung program Nawa Cita presiden Joko Widodo, khusunya program perhutanan sosial, Institue Development of Society (IDFoS) menyelenggarakan seminar percepatan program perhutanan sosial di Bojonegoro, Kamis (30/1/2019).

Dalam acara yang difasilitasi oleh Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Hidup Wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara itu, ada 4 naraumber, di antaranya dari Staf Ahli Kepresidenan RI, Agung Hardjo, Perwakilan Dirjen PSKL KLHK, Alandres Sitanggang, Focal Point Program Perhutanan Sosial (PPS), Dedi Setiawan, dan Perhutani KPH Parengan, Badarudin, serta dimoderatori oleh Taufik.

Agung menjelaskan, saat ini target dari perhutanan sosial ada 12 juta hektar yang diberikan sesuai regulasi. Akan tetapi, baru terealiasaikan sekitar 2,5 juta.

"Upaya untuk mempercepat bisa dilakukan dengan regulasi yang disiapkan dan tentunya support dari berbagai pihak," jelas Agung.

Focal Point Pokja PPS, Dedi Setiawan memaparkan, perhutanan sosial mempunyai potensi untuk meningkatkan kesejehateraan masyarakat sekitar hutan, sekaligus menjaga kelestarian hutan.

"Dalam pelaksannya di lapangan, masih banyak yang salah paham. Sertifikat yang diberikan bukan hak milik. Akan tetapi untuk mengelola," tegas Dedi.

Selain pemaparan dari narasumber, seminar yang dihadiri kepala desa, serta kelompok masyarakat di wilayah hutan itu, serta organiasi masyarakat sipil itu berlangsung komunikatif dan interaktif. Pada saat sesi tanya jawab, para peserta antusias untuk menyampaikan pertanyaan maupun pernyataan terkait kondisi saat ini, maupun keingintahuan lebih lanjut terkait program perhutanan sosial.

Terpisah,Direktur IDFoS, Joko Hadi Purnomo mengatakan, seminar ini, merupakan lanjutan dari diskusi yang sebelumnya sudah 2 kali dilakukan.

"Setelah seminar ini, nanti juga akan dilanjutkan dengan diskusi-diskusi lagi. Karena kaitannya dengan perhutanan sosial tidak bakal habis dalam sekali pembahasan," ungkapnya. [ito/mu]

Tag : perhutanan, sosial, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini