Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 04 February 2019 22:00

Pendapatan Panen Rp1,5 Miliar, Kadisperta Apresiasi HIPPA di Kanor

Pendapatan Panen Rp1,5 Miliar, Kadisperta Apresiasi HIPPA di Kanor

Pengirim: Iskak Riyanto

blokBojonegoro.com - Pendapatan luar biasa dalam Musim Kemarau (MK 2) tahun 2018-2019 ini sebesar Rp1,5 miliar, dihasilkan HIPPA Jaya Tirta Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Raihan ini pun mendapat apresiasi dari Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Jupari mengapresiasi keberhasilan HIPPA Jaya Tirta Desa Gedongarum karena meraih pemasukan sebesar Rp1,5 miliar lebih.

"Alhamdulillah, dan terima kasih atas kekompakan Desa Gedongarum, mulai Kades, Perangkat Desa, BUMDES, Poktan, Gapoktan, pengurus HIPPA dan semua kadang tani yang telah membuktikan (kecerdasannya). Sehingga berhasil dalam pengelolaan irigasi pompanisasi air Sungai Bengawan Solo," ujarnya.

Menurutnya, hasil membanggakan tidak terlepas dari kecerdasan yang dilakukan mulai cerdas dalam komunikasi, bekerjasama dan cerdas dalam menjaga kejujuran atas komitmen yang telah disepakati dalam musyawarah bersama.

"Termasuk cerdas dalam berbagi ilmu pertanian dan cerdas dalam berbagi keuntungan. Sebagai misal, kalau didaerah lain pembagian hasil panen (sebètan) antara pengusaha air irigasi dengan petani 1 : 5 atau 1 : 6, tetapi di Desa Gedongarum 1 : 7," ungkapnya.

Ditambahkan, petani dan HIPPA di Desa Gedongarum juga cerdas dalam mengelola keadilan alam. Artinya kalau musim banjir dapat dikatakan itu musibah, tetapi di saat musim kemarau air Sungai Bengawan Solo dilipatgandakan untuk pertanian dan menjadi berkah.

Bahkan para petani juga cerdas dalam memanajemen risiko dalam berusaha tani, petani Desa Gedungarum semuanya sudah ikut program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). "Semoga keberhasilan Desa Gedongarum ini mudah-mudahan menjadikan inspirasi dan dapat dicontoh oleh desa lain dalam pengelolaan BUMDES maupun HIPPA atau lembaga petani lainnya," harap Pak Djupari. [lis]

Iskak Riyanto, merupakan PPL Disperta Bojonegoro yang bertugas di Kecamatan Kanor.

 

Tag : pembaca, kanor, hippa

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini