22:00 . Semakin Dewasa, Ini Harapan Bupati untuk blokBojonegoro.com   |   21:00 . Sewindu, blokBojonegoro Ingin Kampanyekan Internet Positif ke Pelajar   |   20:00 . Live Streaming Sewindu blokBojonegoro.com   |   18:00 . Serunya Gladi Resik Anniversary Ke-8 blokBojonegoro   |   17:00 . Polres Gelar Doa Bersama dengan Anak Yatim Jelang Pilkades   |   16:00 . Selama 5 Tahun, DLH Target 491 Pendirian Bank Sampah   |   14:00 . Semester Pertama, Gepeng Dominasi Pelanggar Ketertiban   |   13:00 . Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar   |   11:00 . Pendaftaran Ditutup, 14 SMK Tak Penuhi Pagu Siswa   |   10:00 . Sepekan, Akhirnya Sampai di Kantor PBNU   |   09:00 . Penderita Penyakit Kronis Bakal Mendapat Bantuan?   |   08:00 . Hampir Setiap Hari Ada Pemohon Paspor untuk Umroh   |   07:00 . Lebih Baik Mana, Membiarkan Anak Main di Dalam atau Luar Rumah?   |   19:00 . Saksikan Mahakarya Cinta Live Streaming   |   18:00 . Berikan Manfaat Lebih, Peserta JKN-KIS Terus Meningkat di Setiap Bulan   |  
Tue, 25 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 06 February 2019 08:00

Sugeng Bahagijo Go DPR RI

Bojonegoro-Tuban Perlukan Banyak BLK Komunitas

Bojonegoro-Tuban Perlukan Banyak BLK Komunitas

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Penguatan lapangan kerja terus digalakkan pemerintah, salah satunya dengan dibentuknya Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas seperti halnya di pondok pesantren. Hal ini penting dilakukan, termasuk di Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

Caleg DPR RI, Sugeng Bahagijo menyebut, Presiden RI, Bapak Jokowi akhirnya memutuskan tambahan alokasi anggaran Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) sebsar Rp1 triliun. Anggaran tersebut dialokasikan untuk membangun 1000 BLK Komunitas, yang arti komunitas di sini di antaranya Pondok Pesatren.

"Jika setiap BLK Komunitas per tahun menghasilkan 100 lulusan, maka per tahun semua BLK akan meloloskan 100 ribu SDM terampil. Sebuah tambahan akses peluang pelatihan kerja yang besar di tengah macetnya kapasitas latih BLK pemerintah dan swasta," katanya.

Kang Sugeng, panggilan Sugeng Bahagijo menjelaskan, keputusan ini tidak mudah karena Menaker RI, Hanif Dhakiri perlu melalukan advokasi kebijakan kepada DPR dan Kemenkeu. Padahal tahun 2017 disetujui, tetapi dimulai dengan membangun 50 buah BLK Komunitas, sedangkan tahun berikutnya ditambah lagi dengan 75 BLK dan akhirnya tahun 2019, Presiden memutuskan 1000 titik akan dibangun BLK Komunitas dengan Biaya per BLK sebesar Rp1 miliar.

"Bagaimana dengan Bojonegoro? Jika tidak ada aral melintang, tahun 2019 Pemerintah Pusat lewat Kemnaker akan membangun 10 sampai 15 BLK di Bojonegoro dan jumlah yang kurang lebih sama di Tuban," jelasnya.

Menurut Kang Sugeng, yang juga Direktur Eksekutif International NGO Forum for Indonesia (Infid), mengapa BLK Komunitas penting ?. Alasan pertamanya, tentu untuk membuka akses lebihan bagi kesempatan pelatihan kerja. Tidak saja bagi anak muda di Ibu Kota Kabupaten, tetapi di kota kecamatan aksesnya lebih luas.

Kedua lanjut Kang Sugeng, BLK Komunitas menjadi jawaban bagi keterbatasan tenaga dan waktu pemerintah, karena BLK Komunitas di pondok-pondok pesantren dapat melengkapi peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah. "Sebab dengan lahan yang disediakan Ponpes dan tenaga pelatihan serta tradisi pelayanan pendidikan Ponpes," ujarnya.

Ditambahkan, yang ketiga, dengan berbagai kejuruan yang disediakan itu antara lain jurusan bahasa, IT, mengelas, menjahit, industri kreatif dan lain-lain, maka BLK akan lebih mendekatkan diri dengan kebutuhan warga. Termasuk alasan keempat, BLK Komunitas memperlihatkan bukti negara hadir dan komitmen pemerintah Jokowi kepada fokus SDM, melalui BLK Komunitas secara perlahan peran negara menjadi lebih aktif dan peduli.

"Sudah waktunya bagi Pemda Bojonegoro dan Tuban untuk mengikuti kiprah dan komitmen Pak Jokowi. Melalui menggeser negara pasif menjadi negara aktif dengan cara menyediakan dukungan kebijakan program dan anggaran bagi pelatihan kerja," imbuhnya.

Kang Sugeng menandaskan, komitmen Presiden Jokowi dan Menaker Hanif Dhakiri untuk anak muda dan angkatan kerja perlu berlanjut dan dilanjutkan. "Hanya dengan begitu Indonesia akan maju mandiri sejajar dengan negara negara lain," pungkasnya. [ito/lis]

Tag : blk, komunitas, kemenaker

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 24 June 2019 13:00

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar omunitas Kita Belajar Menulis (KBM) Bojonegoro menggelar halal bihalal sekaligus kopi darat keempat. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman salah satu rumah Anggota KBM, Roni Hardiawan, di Dusun Bakalan, Kepohbaru Bojonegoro....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more