12:00 . Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau   |   11:00 . Baksos Wujud Kejari Bojonegoro Hadir Bantu Kepedulian Sesama   |   10:00 . Pastikan KBM Tetap Berjalan, Guru Tetap Beri Tugas ke Siswa   |   09:00 . Kelompok Unggul dan Produktif, Jaga Ketahanan Ekonomi dan Pangan   |   08:00 . Sepakbola, Kebanggaan dan Kemanusiaan   |   07:00 . Berapa Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Bersepeda?   |   20:00 . Hari Ini, 14 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19   |   19:00 . Seniman Reog Pilih Bertani di Masa Pandemi   |   18:00 . DPRD: Pedagang Hewan dan Panitia Penyembelihan Agar Patuhi Protokol Kesehatan   |   17:00 . PMI dan Tim KKN Unesa Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19   |   16:00 . Hingga Hari Keenam, Peserta Rapid Test Umum Capai 182   |   15:00 . Waspadai Polaritas Interaksi Virtual   |   14:00 . Pecah Kendi Sebagai Tanda Dimulainya Pembangunan Embung   |   13:00 . Dishub Gelar Operasi Kestib, Tertibkan Truk Kelebihan Tonase   |   12:00 . Komitmen Tukar Guling TKD, Embung Desa Gayam Mulai Dibangun   |  
Wed, 15 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 06 February 2019 20:00

Hidup Sebatang Kara, Nenek Ini Tetap Semangat Bekerja

Hidup Sebatang Kara, Nenek Ini Tetap Semangat Bekerja

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Cuaca yang tidak begitu mendukung, di tambah lagi aroma bawang merah yang begitu menyengat di hidung, memaksa para tenaga batil (membersihkan bawang merah) menyeka mata berkali-kali dan menahan perih bak orang yang lagi bersedih.

Saat musim panen bawang merah seperti saat ini, tenaga para batil tentu sangat dibutuhkan. Kebanyakan mereka adalah ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Salah satunya adalah Dakirah.

Wanita 75 tahun ini masih tetap bersemangat membersihkan ujung bawang merah. Meskipun keringat menetes di keningnya yang sudah keriput.

Tanganya memang tak lihai lagi menggenggam pisau seperti yang lain, bahkan sering terluka, saat memisahkan bawang merah dari akar dan ujungnya yang kering.

Wanita lanjut usia itu mengaku dalam sehari bisa mengumpulkan bawang merah yang sudah dibersihkan paling banyak seberat 50 kilogram, itu berarti dalam sehari ia mendapatkan upah Rp25.000. Pasalnya upah setiap 1 kilogram bawang merah yang sudah bersih Rp500.

"Hidup itu harus dijalani, kalau tidak dijalani kita tidak hidup," tutur wanita 75 tahun warga Desa Duwel, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, Dakirah bercerita, hidupnya sekarang sebatang kara sejak ditinggal untuk selama-lamanya oleh suami tercinta.

Semenjak itu pula ia hidup sendiri dan akhir-akhir ini tidur di rumah keponakannya yang kebetulan bersebelahan dengan rumah Mbah Mo (bos bawang merah tempatnya sekarang bekerja).

"Meskipun hidup sendiri sebatang kara Mbah Rah (Dakirah) tidak dapat bantuan dari pemerintah," beber Musry'ah yang juga menjadi tenaga batil bersama Dakirah.

Teman-temanya sesama tenaga batil pun banyak yang empati melihat kehidupan Dakirah sehari-hari. Bahkan kalau tidak ada bawang merah seperti sekarang ini, Dakirah menjual tempe di pasar.

Dengan modal Rp80 ribu, wanita lanjut usia itu membeli tempe milik orang yang kemudian dijual lagi dengan untung yang tidak seberapa. Saat di wawancarai bB sebutan blokBojonegoro.com, Dakirah tidak mengaku pendapatanya sehari berapa.

"Yaa... yang penting bisa buat beli lauk," jawab Dakirah sambil senyum mengakhiri percakapan. [aim/mu]

Tag : BATIL, bawang, profil, nenek


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat