Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 07 February 2019 00:00

Bupati Bojonegoro Sampaikan Nota Penjelasan Raperda RPJMD

Bupati Bojonegoro Sampaikan Nota Penjelasan Raperda RPJMD

Reporter: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menyampaikan nota penjelasan Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro 2018-2023, Rabu (6/2/2019).

Penjelasan Raperda RPJMD itu dibacakan Bupati Anna di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Bojonegoro di hadapan sekitar 35 anggota dewan yang hadir dari 50 anggota dewan. Bupati menyampaikan secara substansi.

Draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bojonegoro 2018-2023 itu sudah diajukan ke DPRD setempat beberapa waktu lalu. Namun pembahasan Raperda RPJMD itu baru terbahas awal bulan Februari ini.

Bupati Anna mengatakan, semenjak dilantik 24 September 2018 lalu, pihaknya harus segera menyusun dan mengajukan Raperda RPJMD 2018-2023 kepada DPRD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama.

"Penyusunan RPJMD Kabupaten Bojonegoro melalui beberapa tahapan sebagimana ketentuan yang berlaku," kata Bupati.

Secara garis besar (Visi), lanjut Bupati, menjadikan Kabupaten Bojonegoro sebagai sumber ekonomi kerakyatan dan sosial budaya lokal untuk terwujudnya masyarakat sejahtera dan berdaya saing. Hal tersebut sebagai gambaran cita-cita besar.

"Adalah gambaran terwujudnya masyarakat Bojonegoro beriman, sejahtera dan berdaya saing," jelasnya.

Misi dari penjabaran Visi tersebut di antaranya mewujudkan tata kehidupan sosial yang berlandaskan nilai-nilai religius dan kearifan lokal. Mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggungjawab.

Kemudian, mewujudkan kualitas peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkelanjutan. Mewujudkan rasa aman dan keberpihakan kepada perempuan, anak, penyandang disabilitas serta kaum dhuafa.

Lalu, mewujudkan peningkatan kesejahteraan berbasis ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif. Mewujudkan daya saing ekonomi daerah berbasis potensi lokal. Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang merata.

"Tujuannya di antaranya adalah mewujudkan toleransi standar kehidupan sosial masyarakat Bojonegoro," ucap bupati.

Beberapa orientasi pembangunan dalam RPJMD tersebut di antaranya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, meningkatkan kinerja pemerintahan, meningkatnya kualitas hidup dan perlindungan, serta meningkatkan lapangan pekerjaan.

"Dan meningkatkan iklim usaha dalam peningkatan kualitas infrastruktur," pungkas bupati perempuan pertama di Bojonegoro ini. [yud/mu]

Tag : bupati, rpjmd, anggaran

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini