08:00 . Hari Ini 233 Desa di Kabupaten Bojonegoro Pilkades   |   07:00 . 4 Probiotik yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anak   |   22:00 . Besok Pilkades Digelar, Tak Ada Lonjakan Penumpang Turun di Terminal   |   21:00 . Tak Ada Ujian Susulan, 369 Peserta SKD Dinyatakan Gugur   |   20:00 . BKPP Bojonegoro Umumkan Hasil SKD CPNS Akhir Februari   |   19:00 . 213 ASN Eselon III Bakal Ikuti Asessment di Jakarta   |   18:00 . Mahasiswa STIE Cendekia Kunjungi Lapangan Banyu Urip   |   17:00 . Duh...! Politik Uang Masih Jadi Tren Cakades?   |   16:00 . Tanggul Jebol, 135 Hektar Tanaman Padi Siap Panen Terancam Gagal Panen   |   15:00 . Cerita Mahasiswa Asal Bojonegoro Saat Virus Corona Mewabah   |   14:00 . 500 Sak Disiapkan untuk Perbaiki Tanggul Kali di Kanor yang Jebol   |   13:00 . Survei, PDPM Ungkap Pencalonan Kades   |   12:00 . Sensus Penduduk 2020 Dimulai, Pemkab Bojonegoro Siap Dukung   |   11:00 . Bupati Sambut 1.039 Personel BKO untuk Pengamanan Pilkades Serentak   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Siap Dukung Sensus Penduduk 2020   |  
Wed, 19 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 08 February 2019 13:00

Pemilu 2019

Belusukan ke TPA, KPU Beri Sosialisasi Pemulung

Belusukan ke TPA, KPU Beri Sosialisasi Pemulung

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pileg 2019 serentak, berbagai upaya dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada celon pemilih. Seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro bersama Relawan Demokrasi (Relasi), Jum'at (8/2/2019), yang blusukan ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, guna memberikan sosialisasi langsung kepada para pemulung.

"Sosialisasi dengan para pemulung di TPA sangat perlu dilakukan, agar sebagai calon pemilih tahu tentang pemilu dan bisa menggunakan hak pilihnya," kata komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro, Mustofirin.

Menurutnya, bentuk sosialisasi Pemilu 2019 dengan bentuk ceramah dan tanya jawab bersama pemulung di TPA Banjarsari. Setidaknya ada 16 orang pemulung yang ada, diberikan penjelasan sekilas tentang pemilu serentak 2019, waktu pencoblosan Pemilu 2019, cara mengecek DPT dan lokasi TPS.

"Serta peserta Pemilu 2019, macam-macam surat suara dan memotivasinya untuk tidak apatis," terang Mas Firin yang juga mantan wartawan itu.

Sementara relawan demokrasi berbasis marginal, Abdul Ghoni Asror menuturkan, sosialisasi ini penting dilakukan. Pasalnya dari hasil di lapangan menunjukkan peserta berkategori marginal (pemulung) belum mengetahui tentang pemilu, bahkan belum mengetahui nama calon wakil presiden dan hanya mengetahui calon presiden.

"Untuk itu kami motivasi untuk menggunakan hak pilihnya pada hari H (17 April 2019). Pertanyaan yang muncul, banyak yang bingung untuk menyoblos siapa. Sehingga kita menjelaskan dari awal dari nama partai yang mereka belum mengetahui," pungkasnya.

Tampak dalam sosialisasi tersebut, komisioner KPU dan relawan demokrasi begitu semangat memberikan pemahaman terkait kepemiluan. Meskipun lokasi TPA Banjarsari begitu panas, bau menyengat dan becek tidak menyulutkan mereka memahamkan calon pemilih. [saf/mu]

Tag : pemilu, kpu, sosialisasi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat