Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DBH Migas Tertinggi se-Jatim

PMII Bojonegoro Soroti Pengelolaan DBH Migas

blokbojonegoro.com | Friday, 08 February 2019 14:00

PMII Bojonegoro Soroti Pengelolaan DBH Migas

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Rincian alokasi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas Povinsi/Kabupaten/Kota tahun anggaran (TA) 2019 sudah keluar. Besaran DBH Migas Kabupaten Bojonegoro tertinggi se-Jawa Timur (Jatim).

Alokasi DBH Migas Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp2,6 triliun lebih (Rp2.668.110.378.000).

Diharapkan, peruntukan anggaran dari DBH Migas itu benar-benar untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat penghasil, khususnya masyarakat Kabupaten Bojonegoro.

"Program pembangunan harus pro rakyat," kata Ketua PC PMII Bojonegoro, M. Nur Khayan kepada blokBojonegoro.com, Jumat (8/2/2019).

Ia menilai, besaran DBH Migas yang diterima Kabupaten Bojonegoro sangat besar sekitar Rp2,9 triliun lebih. Dengan DBH sebesar ini, ibarat jangan sampai mati di lumbung sendiri sebab merupakan daerah penghasil.

Terlebih, kata dia, Kabupaten Bojonegoro termasuk penopang Migas secara nasional. "Kan ya tidak lucu kalau masyarakat daerah penghasil jauh dari kata makmur dan sejahtera," ucap Khayan.

Lebih jauh, lanjut Khayan, secara politik anggaran APBD kerap kali belum berpihak kepada rakyat sepenuhnya. Padahal, semua berharap penuh supaya masyarakat daerah penghasil Migas kian sejahtera dan makmur.

"Sekarang, pertanyaannya apakah masyatakat Bojonegoro sudah makmur dan sejahtera. Nah ini yang harus dijawab oleh pemerintah," ujar aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Ia menambahkan, supaya pemangku kebijakan tidak terjerumus berpestafora dengan anggaran DBH Migas yang sangat besar itu, sehingga melupakan kepentingan mensejahterakan rakyat Bojonegoro.

Inilah saat yang tepat, anggaran besar itu untuk membangun infrastruktur jalan, sekolah, rumah sakit, jembatan, gedung dan infrastruktur maupun fasilitas yang lain di Kota Ledre ini.

"Bojonegoro akan mengalami pembangunan yang cukup signifikan," kata Khayan.

Dulu ada konsep Dana Abadi DBH Migas di Kabupaten Bojonegoro. Namun, saat ini bagaimana konsep untuk mengelola anggaran DBH Migas di Kota Ledre ini juga belum jelas.

Beberapa daerah sudah ada yang menerapkan konsep dana abadi melalui transformasi beasiswa LPDP, yakni dana abadi pendidikan. "Yang jelas, kami berharap kemakmuran rakyat Bojonegoro," pungkasnya. [yud/mu]

Tag : dbh migas bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini