16:00 . Banyak Kendala, Para Peternak Berbagi Pengalaman   |   15:00 . Santunan Kematian, Ahli Waris Harus Memiliki Rekening   |   14:00 . 44S Poultry Berikan Pelatihan Kepada 57 Peternak Ayam   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Bakal Tingkatkan Kemampuan PMKS   |   12:00 . DLH dan Polres Bojonegoro Bersih Sampah di TBS   |   11:00 . Diburu Pembeli, Laju Penjualan Laptop-Komputer Meningkat   |   10:00 . Tanya Kejejelasan Nasib Persibo, Suporter akan Turun Jalan   |   09:00 . Jelang UNBK, Laptop Baru dan Bekas Masih Diburu   |   08:00 . Ini Alasan Pupuk Organik Lebih Disarankan Dibanding Kimia   |   07:00 . Awas, Jangan Biarkan Batuk Berkepanjangan   |   23:30 . Kenalkan SISTER, IKIP PGRI Bojonegoro Adakan Workshop Internal   |   23:00 . Emil Wagub Jatim Ajak Jaga Bengawan Solo - Bojonegoro   |   22:00 . Ha...Ada Ribuan Titik Kerusakan Akibat Penambangan Pasir Liar   |   21:00 . Emil Minta Sudetan Kaligandong Disegerakan   |   20:00 . Tepat Dua Jam, Emil Susuri Bengawan Solo   |  
Wed, 20 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 12 February 2019 21:00

Alhamdulillah....! blokBojonegoro.com Terverifikasi Dewan Pers

Alhamdulillah....! blokBojonegoro.com Terverifikasi Dewan Pers

Reporter: Redaksi

blokBojonegoro.com - Sebagai salah satu media Dalam Jaringan (Daring) atau siber, blokBojonegoro.com (blokMedia Group) menjalankan media secara profesional, memenuhi fungsi, hak dan kewajiban sesuai UU Nomor 40 Tahun 1999. Termasuk salah satunya terkait standar media massa.

Oleh karenanya, sebagai bentuk keseriusan dalam menjalankan media, blokBojonegoro.com telah mengikuti persyaratan-persayaratan untuk verifikasi media.

"Alhamdulillah, 2 dari 3 langkah sudah dilaksanakan. Kami sudah terverifikasi administrasi oleh Dewan Pers," kata Pemimpin Redaksi, Parto Sasmito.

Langkah selanjutnya, kata Parto, redaksi sudah siap untuk tahapan verifikasi faktual oleh Dewan Pers. Artinya, redaksi sudah siap jika Dewan Pers akan memverifikasi langsung ke kantor redaksi.

"Rencana insyaallah nanti akhir Maret atau awal April kami akan membuat acara, sekaligus mengundang Dewan Pers untuk melakukan verifikasi faktual," imbuh Parto.

Dalam proses verifikasi ini, diakui tidaklah mudah. Selain administrasi dari perusahaan, sarana dan prasarana kantor, tak kalah pentingnya kompetensi awak media bB, sebutan akrab blokBojonegoro.com.Sebab, salah satu persyaratan verifikasi, megharuskan para wartawan di media itu mempunyai sertifikat kompetensi yang diperoleh dari Uji Kompetensi Wartawan/Jurnalis (UKW/UKJ) dari tingkatan Muda, Madya dan Utama.

"Di Bojonegoro ini, mungkin hanya bB yang lengkap memiliki 3 tingkatan sertifikasi wartawan itu dalam satu nama media," ujar pria 28 tahun kelahiran Bojonegoro itu dengan bangga.

Verifikasi ini, lanjut Parto, dinilai sangat penting. Di mana pada arus informasi yang tidak terbendung ini, banyak media-media menyebar, terlebih media siber. Selain itu, tak sedikit pula oknum-oknum yang mengatasnakaman sebagai wartawan, namun tidak menjalankan kode etik profesi sebagaimana mestinya.

Menurut Parto, profesi beda dengan pekerjaan biasa. Ada jenjang karir dan kode etik yang harus dijalankan. Termasuk sertifikasi wartawan, sebagai bukti bahwa wartawan itu benar-benar berkompeten menjalankan profesinya.

"Seperti halnya guru, dokter maupun konsultan tehnik sipil sekalipun, ada kode etik dan kompetensi yang harus dimiliki. Tidak bisa asal-asalan. Begitu juga wartawan, menjalankan profesi sesuai kode etik. Pun demikian dengan Media Online, dijalankan sesuai dengan pedoman media siber," lanjut Parto.

Untuk mengetahui nama-nama media atau perusahaan pers yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers, serta nama wartawan yang sudah memiliki kompetensi dengan ikut IKW/UKJ, bisa dicek di website https://dewanpers.or.id/

Tag : bB, blokBojonegoro, sertifikasi wartawan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more