20:00 . Ditetapkan Tersangka, Kepala Inspektorat Terancam Hukuman ini   |   19:00 . PEPC Setor Pajak Rp ,08 Triliun   |   18:00 . Ditutup, 57 Pendaftar KPU Bojonegoro Siap Berkompetisi   |   17:00 . Guna Perkuat Data, Kejari Bojonegoro Juga Datangkan 7 Ahli   |   16:30 . 8 Hari Team IT Ario Sighat Selesaikan Rekapitulasi, ini Hasilnya...   |   16:00 . Jalan Rusak, Warga Peringatkan Pengguna Jalan dengan Banner   |   15:00 . Diperiksa 5 Jam, Kepala Inspektorat Langsung Ditahan   |   14:00 . Diduga Ada Pemilih Ganda, Demokrat Laporkan Dua TPS di Ngasem   |   12:00 . Rangkaian HUT BUMN, Pertamina Gelar Pasar Murah di Empat Lokasi   |   11:00 . Gelar Turnamen Voli, BEM Unigoro Gandeng 3 Kabupaten   |   10:00 . Caleg Stres Kalah Pemilu, BPJS Siap Ongkosi Biaya Berobat   |   08:00 . Film Avenger Terbaru Sudah Rilis di Bioskop Bojonegoro   |   07:00 . Tips Kecantikan: Ingin Rambut Sehat? Coba Pakai Minyak Kelapa   |   06:00 . Sebelum Viral.....! Ini Cerita Pentol Sejati 'Wayahe....'   |   19:00 . Tiga Seniman Bojonegoro Terima Anugrah Seni   |  
Thu, 25 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 12 February 2019 16:30

Pemilu 2019

Kang Sugeng Tak Akan Kecewakan Pemilih Pemula

Kang Sugeng Tak Akan Kecewakan Pemilih Pemula

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Berbagai keinginan dan harapan besar disematkan pada calon legislatif (Caleg) DPR RI, termasuk Sugeng Bahagijo. Untuk itu Kang Sugeng, panggilan Sugeng Bahagijo tidak akan mengecewakan masyarakat maupun pemilih pemula di Kabuoaten Bojonegoro - Tuban yang menjadi daerah pemilihannya.

Tanggapan beragam dilontarkan para pemilih pemula, salah satunya Wisnu Pratama asal Dander, Bojonegoro menginginkan DPR yang mengerti keinginan anak muda, yang gaul seperti Ridwan Kamil. Dengan ucapan lugu, pemilih usia 17 tahun itu menyebut dewan perwakilan rakyat yang berperan sebagai wakil rakyat, tapi kebanyakan memutuskan tanpa meminta pendapat rakyat.

"Harapannya bisa menepati janji, bisa adil dan bisa mengayomi rakyatnya. Terkait banyaknya calon DPR membuat bingung karena tidak ada yang kenal. Dan tidak tau cara membedakan caleg DPRD dan DPR RI," sebutnya kepada blokBojonegoro.com.

Hal senada juga diungkapkan pemilih pemula lainnya, Mila asal Baureno, Bojonegoro, yang berharap jangan melihat rakyat saat ingin pilihan saja. Ketika sudah jadi nanti, harusnya juga masih memperhatikan keluhan rakyat, jangan seolah-olah lupa dengan janjinya.

Menurutnya, kriteria anggota DPR RI yang ia inginkan itu bisa memenuhi janjinya yang di gembar-gemborkan saat menjelang Pemilu. "Bahkan saya cukup bingung, karena belum pernah memilih dan tidak tau calegnya," ungkapnya.

Sedangkan pemilih pemula lainnya, Citra asal Desa Krangkong Kecamatan Kepohbaru menginginkan kepada anggota DPR, agar janji yang sudah dibuat ketika kampanye itu dibuktikan dan bukan hanya omongan saja. Pasalnya saat kampanye, DPR itu wakil rakyat yang menyalurkan aspirasi rakyat tapi setau saya DPR nggak pernah menyalurkan aspirasi rakyat, hanya ketika ada masalah serius baru DPR turun tangan kalau nggak gitu muncul nya ketika ada acara-acara.

"Yang ganteng bisa lebih merakyat, anti korupsi dan bisa memahami kaum milineal. Kalau kebanyakan bingung milih yang mana kita. Taunya hanya dari baliho dan spanduk, tapi kalau orang aslinya saya tidak tau, orangnya bagaimana, jadi waktu Pileg tinggal coblos aja. Kan nggak tau," imbuhnya.

Menanggakapi hal tersebut Caleg DPR RI, Sugeng Bahagijo menuturkan, bagi pemilih pemula agar suaranya bermakna supaya menggunakan hak pilihnya dengan mengenal calonnya. Termasuk Caleg (calon legislatif) yang baik adalah membuka diri tentang apa dan siapa dia (caleg) tersebut.

"Apa yang mau dikerjakan secara rinci ketika menjadi anggota DPR RI, baik program, kebijakan maupun undang-undang. Termasuk tidak membawa atau menyebarkan berita bohong maupun janji palsu," tutur politisi PKB itu.

Selain itu lanjut Kang Sugeng, caleg yang dipilih pemilih pemula harus menyampaikan dan menawarkan program solusi untuk kaum muda. Serta membela NKRI agar tetap utuh bersatu Pancasila. "Janji yang terukur, bukan umum atau generik. Sehingga kaum muda paham apakah cocok orang tersebut dipilih," pungkas Kang Sugeng, Direktur Eksekutif International NGO Forum for Indonesia (Infid) itu. [zid/ito]

Tag : sugeng, bahagijo, caleg, dprr, ri

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more