19:00 . Suporter Sambut Positif Gebrakan Manajemen Persibo Bojonegoro   |   18:00 . Persibo Incar Klub Besar untuk Turnamen Pra Musim   |   17:00 . Target Naik Kasta, Pelatih Persibo Incar Pemain Liga 2 dan 1   |   16:00 . Persibo Bojonegoro Perkenalkan Dua Pelatih Sekaligus   |   14:00 . Perki Desa, Pedoman Pelayanan Informasi Publik   |   13:00 . Rektor Unigoro Tolak Kerusuhan, Berharap Masyarakat Hormati Hukum   |   11:00 . Usai Wisuda, Siswa SLB Diharap Lanjutkan Pendidikan dan Buka Usaha   |   10:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah HKIN, ini Alasannya..   |   09:00 . 18 Siswa-Siswi SLB Putra Harapan Bojonegoro Diwisuda   |   07:00 . Bayi Suka Menjulurkan Lidah, Normal Enggak Ya?   |   20:00 . Bojonegoro Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah Keterbukaan Informasi Nasional   |   18:00 . Brownies Nagagini STIE Cendekia Raih Pendanaan Kemenristekdikti   |   18:00 . Pemohon Pembuatan Paspor Kebanyakan untuk Wisata   |   17:00 . Sulit Dapatkan Air, Begini Cara Petani Tanam Kedelai   |   16:00 . Petani Bojonegoro Dapat KPM, ini Syaratnya...   |  
Fri, 21 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 12 February 2019 16:30

Pemilu 2019

Kang Sugeng Tak Akan Kecewakan Pemilih Pemula

Kang Sugeng Tak Akan Kecewakan Pemilih Pemula

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Berbagai keinginan dan harapan besar disematkan pada calon legislatif (Caleg) DPR RI, termasuk Sugeng Bahagijo. Untuk itu Kang Sugeng, panggilan Sugeng Bahagijo tidak akan mengecewakan masyarakat maupun pemilih pemula di Kabuoaten Bojonegoro - Tuban yang menjadi daerah pemilihannya.

Tanggapan beragam dilontarkan para pemilih pemula, salah satunya Wisnu Pratama asal Dander, Bojonegoro menginginkan DPR yang mengerti keinginan anak muda, yang gaul seperti Ridwan Kamil. Dengan ucapan lugu, pemilih usia 17 tahun itu menyebut dewan perwakilan rakyat yang berperan sebagai wakil rakyat, tapi kebanyakan memutuskan tanpa meminta pendapat rakyat.

"Harapannya bisa menepati janji, bisa adil dan bisa mengayomi rakyatnya. Terkait banyaknya calon DPR membuat bingung karena tidak ada yang kenal. Dan tidak tau cara membedakan caleg DPRD dan DPR RI," sebutnya kepada blokBojonegoro.com.

Hal senada juga diungkapkan pemilih pemula lainnya, Mila asal Baureno, Bojonegoro, yang berharap jangan melihat rakyat saat ingin pilihan saja. Ketika sudah jadi nanti, harusnya juga masih memperhatikan keluhan rakyat, jangan seolah-olah lupa dengan janjinya.

Menurutnya, kriteria anggota DPR RI yang ia inginkan itu bisa memenuhi janjinya yang di gembar-gemborkan saat menjelang Pemilu. "Bahkan saya cukup bingung, karena belum pernah memilih dan tidak tau calegnya," ungkapnya.

Sedangkan pemilih pemula lainnya, Citra asal Desa Krangkong Kecamatan Kepohbaru menginginkan kepada anggota DPR, agar janji yang sudah dibuat ketika kampanye itu dibuktikan dan bukan hanya omongan saja. Pasalnya saat kampanye, DPR itu wakil rakyat yang menyalurkan aspirasi rakyat tapi setau saya DPR nggak pernah menyalurkan aspirasi rakyat, hanya ketika ada masalah serius baru DPR turun tangan kalau nggak gitu muncul nya ketika ada acara-acara.

"Yang ganteng bisa lebih merakyat, anti korupsi dan bisa memahami kaum milineal. Kalau kebanyakan bingung milih yang mana kita. Taunya hanya dari baliho dan spanduk, tapi kalau orang aslinya saya tidak tau, orangnya bagaimana, jadi waktu Pileg tinggal coblos aja. Kan nggak tau," imbuhnya.

Menanggakapi hal tersebut Caleg DPR RI, Sugeng Bahagijo menuturkan, bagi pemilih pemula agar suaranya bermakna supaya menggunakan hak pilihnya dengan mengenal calonnya. Termasuk Caleg (calon legislatif) yang baik adalah membuka diri tentang apa dan siapa dia (caleg) tersebut.

"Apa yang mau dikerjakan secara rinci ketika menjadi anggota DPR RI, baik program, kebijakan maupun undang-undang. Termasuk tidak membawa atau menyebarkan berita bohong maupun janji palsu," tutur politisi PKB itu.

Selain itu lanjut Kang Sugeng, caleg yang dipilih pemilih pemula harus menyampaikan dan menawarkan program solusi untuk kaum muda. Serta membela NKRI agar tetap utuh bersatu Pancasila. "Janji yang terukur, bukan umum atau generik. Sehingga kaum muda paham apakah cocok orang tersebut dipilih," pungkas Kang Sugeng, Direktur Eksekutif International NGO Forum for Indonesia (Infid) itu. [zid/ito]

Tag : sugeng, bahagijo, caleg, dprr, ri

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more