09:00 . UNUGIRI Bojonegoro Wisuda Perdana di Hotel Berbintang   |   08:00 . Rayakan Kemerdekaan, Energi Membangun Negeri   |   07:00 . Cara Hadapi Anak yang Merengek Minta Jajan   |   20:00 . Kekompakan Bersama Wujud Warga Produktif   |   19:00 . Sumsel Terpikat Penyelamatan Aset Ala Jaksa Surabaya   |   18:00 . Meriah, Pesta Rakyat di Balen Kenalkan Produk Lokal   |   17:00 . ExxonMobil Suplai Minyak Mentah Domestik ke Pertamina   |   15:00 . Kades Tersandung Masalah, DD Dua Desa Ini Terancam Tak Cair   |   14:00 . Diduga Gila, Warga Desa Padang Diamankan Satpol PP   |   13:00 . Guru Pukul Siswa, Sanksi Diserahkan Kepsek   |   12:00 . Peduli Lingkungan, Kodim 0813 Bojonegoro Gelar Jum'at Bersih   |   11:00 . Bupati: Potensi Bojonegoro untuk Produksi Film   |   10:00 . Lahir Prematur, Tetap Bersyukur Ada JKN-KIS   |   09:00 . Celana/Rok PNS Berbahan Denim Diganti   |   08:00 . Banyak Dokter Buka Praktek di Sepanjang Jalan Ini   |  
Sat, 21 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 12 February 2019 16:30

Pemilu 2019

Kang Sugeng Tak Akan Kecewakan Pemilih Pemula

Kang Sugeng Tak Akan Kecewakan Pemilih Pemula

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Berbagai keinginan dan harapan besar disematkan pada calon legislatif (Caleg) DPR RI, termasuk Sugeng Bahagijo. Untuk itu Kang Sugeng, panggilan Sugeng Bahagijo tidak akan mengecewakan masyarakat maupun pemilih pemula di Kabuoaten Bojonegoro - Tuban yang menjadi daerah pemilihannya.

Tanggapan beragam dilontarkan para pemilih pemula, salah satunya Wisnu Pratama asal Dander, Bojonegoro menginginkan DPR yang mengerti keinginan anak muda, yang gaul seperti Ridwan Kamil. Dengan ucapan lugu, pemilih usia 17 tahun itu menyebut dewan perwakilan rakyat yang berperan sebagai wakil rakyat, tapi kebanyakan memutuskan tanpa meminta pendapat rakyat.

"Harapannya bisa menepati janji, bisa adil dan bisa mengayomi rakyatnya. Terkait banyaknya calon DPR membuat bingung karena tidak ada yang kenal. Dan tidak tau cara membedakan caleg DPRD dan DPR RI," sebutnya kepada blokBojonegoro.com.

Hal senada juga diungkapkan pemilih pemula lainnya, Mila asal Baureno, Bojonegoro, yang berharap jangan melihat rakyat saat ingin pilihan saja. Ketika sudah jadi nanti, harusnya juga masih memperhatikan keluhan rakyat, jangan seolah-olah lupa dengan janjinya.

Menurutnya, kriteria anggota DPR RI yang ia inginkan itu bisa memenuhi janjinya yang di gembar-gemborkan saat menjelang Pemilu. "Bahkan saya cukup bingung, karena belum pernah memilih dan tidak tau calegnya," ungkapnya.

Sedangkan pemilih pemula lainnya, Citra asal Desa Krangkong Kecamatan Kepohbaru menginginkan kepada anggota DPR, agar janji yang sudah dibuat ketika kampanye itu dibuktikan dan bukan hanya omongan saja. Pasalnya saat kampanye, DPR itu wakil rakyat yang menyalurkan aspirasi rakyat tapi setau saya DPR nggak pernah menyalurkan aspirasi rakyat, hanya ketika ada masalah serius baru DPR turun tangan kalau nggak gitu muncul nya ketika ada acara-acara.

"Yang ganteng bisa lebih merakyat, anti korupsi dan bisa memahami kaum milineal. Kalau kebanyakan bingung milih yang mana kita. Taunya hanya dari baliho dan spanduk, tapi kalau orang aslinya saya tidak tau, orangnya bagaimana, jadi waktu Pileg tinggal coblos aja. Kan nggak tau," imbuhnya.

Menanggakapi hal tersebut Caleg DPR RI, Sugeng Bahagijo menuturkan, bagi pemilih pemula agar suaranya bermakna supaya menggunakan hak pilihnya dengan mengenal calonnya. Termasuk Caleg (calon legislatif) yang baik adalah membuka diri tentang apa dan siapa dia (caleg) tersebut.

"Apa yang mau dikerjakan secara rinci ketika menjadi anggota DPR RI, baik program, kebijakan maupun undang-undang. Termasuk tidak membawa atau menyebarkan berita bohong maupun janji palsu," tutur politisi PKB itu.

Selain itu lanjut Kang Sugeng, caleg yang dipilih pemilih pemula harus menyampaikan dan menawarkan program solusi untuk kaum muda. Serta membela NKRI agar tetap utuh bersatu Pancasila. "Janji yang terukur, bukan umum atau generik. Sehingga kaum muda paham apakah cocok orang tersebut dipilih," pungkas Kang Sugeng, Direktur Eksekutif International NGO Forum for Indonesia (Infid) itu. [zid/ito]

Tag : sugeng, bahagijo, caleg, dprr, ri

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat