14:00 . Cerita Juru Parkir saat Pandemi   |   13:30 . Adaptasi Kebiasaan Baru saat Pilkada 2020   |   13:00 . Pizzalicious Tetap Stabil Selama Pandemi   |   12:00 . Musim Hujan, Berkah Ganda Warga Sekitar Hutan   |   11:00 . Sempat Sepi Omzet, Penghasilan Usaha Sablon Kini Meningkat Pesat   |   10:00 . Cegah Covid-19, Korem 082/CPYJ Edukasi dan Bagi Masker Kepada Masyarakat   |   09:00 . Rapid Antigen 48 Kepala OPD , 4 Sampel Mengarah Positif Covid-19   |   08:00 . 6 Pasien Sembuh, Ada 8 Tambahan Baru Covid-19   |   07:00 . 10 Tips Menggunakan Media Sosial Saat Melamar Pekerjaan   |   06:00 . 3M, 3T dan Vaksinasi   |   05:00 . Inilah Lima Besar Provinsi di Indonesia Kesembuhan Covid-19 Harian Tertinggi   |   22:00 . AMSI Kembali Menggelar Indonesian Digital Conference 2020   |   20:00 . Wakili Bojonegoro pada Jambore Desa Wisata, TPG Suguhkan Produk Lokal   |   19:00 . Operasi Yustisi, Hukum di Tempat Pelanggar Protokol Kesehatan   |   18:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field 'Ngopi Susu' Bareng Wartawan   |  
Sat, 05 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 18 February 2019 19:00

Layanan Informasi Terintegrasi Jadi Wacana Pemkab

Layanan Informasi Terintegrasi Jadi Wacana Pemkab pintarkomputer.com

Reporter: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yang dilakukan untuk mendorong perbaikan Teknologi Informasi (TI) dalam mendorong layanan informasi di antaranya adalah peningkatan indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

"Yang tertuang dalam sasaran dan indikator sasaran RPJMD 2018-2023," kata Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Budi Irawanto kepada blokBojonegoro.com, Senin (18/2/2019).

Penyusunan masterplan yang berisi pemetaan kebutuhan infrastruktur, aplikasi, dan sumber daya manusia (SDM) pada OPD layanan untuk mengetahui kebutuhan implementasi layanan berbasis elektronik agar layanan kepada masyarakat lebih cepat dan mudah.

Pengintegrasian aplikasi penunjang e-Government dari perencanaan, keuangan, monitoring, dan evaluasi serta integrasi database beberapa aplikasi ke dalam dashboard monitoring, sehingga dapat dilaksanakan pemantauan dan early warning pimpinan kepada OPD.

Implementasi Pusat Informasi Publik (PIP) dengan konsep one stop service, layanan informasi yang terintegrasi antara Media Center, Media Cetak, Radio Malowopati, dilengkapi ruang pantau sebagai bahan informasi dan pemberitaan terpadu kepada masyarakat.

"Sehingga dapat tercipta informasi yang real time, up to date  dan masyarakat dapat lebih banyak berperan serta saling berkontribusi memberikan informasi kepada masyarakat lainnya," ujarnya.

Ia manambahkan, Dinas Kominfo bersama Dinas Sosial telah melakukan koordinasi dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial RI yang telah menyampaikan kesediaan memberikan master data kemiskinan by name by address Kabupaten Bojonegoro.

"Target kami pada triwulan kedua tahun 2019 database dapat dimanfaatkan sebagai data utama sebagai sarana evaluasi dan pengambilan kebijakan," ujarnya menjelaskan.

Pendampingan pembentukan Tim Pengelola Informasi Desa (TPID) dan pendampingan aktivasi Sistem Informasi Desa (SID) yang akan mengintegrasikan menu layanan persuratan yang ditangani oleh desa secara online, sekaligus dilengkapi database penduduk desa masing-masing.

"Dengan harapan desa dapat semakin cepat dan mudah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan ditunjang data kependudukan," pungkasnya. [yud/lis]

 

Tag : pemkab, informasi, layanan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat