15:00 . Warga Desa Sukorejo Ingin Pasar Krempyeng Dibuka   |   14:00 . Tri Unggul EM, Resmi Jabat Ketua PN Bojonegoro   |   13:00 . Bagana Ansor Gondang Bantu Pencarian Korban   |   12:00 . Lebih Nyaman, UDD PMI Bojonegoro Resmikan Gedung Donor Baru   |   11:00 . Penerapan New Normal, Farida Hidayati Desak Pemerintah Pusat dan Daerah Perhatikan Pesantren   |   10:00 . Mengenal Lebih Dekat Arga Marvel, Penyanyi Asal Bojonegoro   |   09:00 . Pulang dari Ladang, Warga Gondang Terseret Arus Kali Kandangan   |   08:00 . Permudah Layanan Kependudukan, Pemkab Luncurkan Aplikasi Online   |   07:00 . 5 Cara Hilangkan Rasa Baper Terhadap Mantan   |   21:00 . UDD PMI Bojonegoro Meski Idul Fitri Stok Darah Aman   |   20:00 . Tambah 1 Lagi di Kota, Kumulatif 51 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   19:00 . Bupati Bojonegoro Hadiri Penyaluran BLT DD di Kepohbaru   |   18:00 . Sekda: Kenaikan Tunjangan DPRD Diproses Sejak 2019   |   17:00 . Kenaikan Tunjangan DPRD Bojonegoro, Begini Prosesnya Hingga Diundangkan   |   16:00 . 3 Bulan, Transaksi Pengiriman Barang di Kantor Pos Meningkat   |  
Fri, 29 May 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 18 February 2019 19:00

Layanan Informasi Terintegrasi Jadi Wacana Pemkab

Layanan Informasi Terintegrasi Jadi Wacana Pemkab pintarkomputer.com

Reporter: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yang dilakukan untuk mendorong perbaikan Teknologi Informasi (TI) dalam mendorong layanan informasi di antaranya adalah peningkatan indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

"Yang tertuang dalam sasaran dan indikator sasaran RPJMD 2018-2023," kata Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Budi Irawanto kepada blokBojonegoro.com, Senin (18/2/2019).

Penyusunan masterplan yang berisi pemetaan kebutuhan infrastruktur, aplikasi, dan sumber daya manusia (SDM) pada OPD layanan untuk mengetahui kebutuhan implementasi layanan berbasis elektronik agar layanan kepada masyarakat lebih cepat dan mudah.

Pengintegrasian aplikasi penunjang e-Government dari perencanaan, keuangan, monitoring, dan evaluasi serta integrasi database beberapa aplikasi ke dalam dashboard monitoring, sehingga dapat dilaksanakan pemantauan dan early warning pimpinan kepada OPD.

Implementasi Pusat Informasi Publik (PIP) dengan konsep one stop service, layanan informasi yang terintegrasi antara Media Center, Media Cetak, Radio Malowopati, dilengkapi ruang pantau sebagai bahan informasi dan pemberitaan terpadu kepada masyarakat.

"Sehingga dapat tercipta informasi yang real time, up to date  dan masyarakat dapat lebih banyak berperan serta saling berkontribusi memberikan informasi kepada masyarakat lainnya," ujarnya.

Ia manambahkan, Dinas Kominfo bersama Dinas Sosial telah melakukan koordinasi dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial RI yang telah menyampaikan kesediaan memberikan master data kemiskinan by name by address Kabupaten Bojonegoro.

"Target kami pada triwulan kedua tahun 2019 database dapat dimanfaatkan sebagai data utama sebagai sarana evaluasi dan pengambilan kebijakan," ujarnya menjelaskan.

Pendampingan pembentukan Tim Pengelola Informasi Desa (TPID) dan pendampingan aktivasi Sistem Informasi Desa (SID) yang akan mengintegrasikan menu layanan persuratan yang ditangani oleh desa secara online, sekaligus dilengkapi database penduduk desa masing-masing.

"Dengan harapan desa dapat semakin cepat dan mudah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan ditunjang data kependudukan," pungkasnya. [yud/lis]

 

Tag : pemkab, informasi, layanan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat