18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perpustakaan Keliling ini Pinjamkan Buku Tanpa Catat Peminjam

blokbojonegoro.com | Monday, 18 February 2019 16:00

Perpustakaan Keliling ini Pinjamkan Buku Tanpa Catat Peminjam

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Perpustakaan keliling menggunakan becak milik Agung Ridwan, memiliki banyak keunikan. Diberi nama Perpus GatDa oleh sang pemilik karena singkatan dari Semangat Muda.

"Karena pemuda bisa merubah segalanya dengan semangatnya. Contoh negara ini bisa merdeka karena semangat para pemudanya," tegas laki-laki yang kerap disapa Agung itu.

Selain perjuangannya yang sangat luar biasa untuk mewujudkan sebuah perpustakaan, hingga keluar dari rumah dan mengamen untuk membeli buku guna mengisi perpustakaan kelilingnya, ada banyak keunikan-keunikan yang ada pada perpustakaan GatDa.

Mulai dari pembayaranya, yang hanya menggunakan sampah anorganik, berupa botol-botol bekas dan barang-barang bekas lainnya. Pembaca hanya perlu membawa 1 botol saja saat mengembalikan buku.

Agung menjelaskan, untuk membayar peminjaman buku, tidak harus membawa sampah anorganik dengan jumlah yang banyak, cukup satu botol saja.

"Dulu pun pernah, ada yang membawa botol bekas satu karung penuh, akhirnya saya kerepotan saat membawa pulang," terangnya saat di wawancarai awak bB.

Selain itu, peminjaman buku di Perpustakaan GatDa tersebut tidak dicatat alamat peminjamnya. Bahkan tidak ada catatan nama peminjam, dan tanpa jaminan apapun.

"Itu saya lakukan karena saya ikhlas, kalau saya catat nanti tahu buku yang tidak kembali berapa, nanti saya malah jadi nggak ikhlas," pungkasnya pada blokBojonegoro.com.

Agung juga bercerita bahwa pernah memberi catatan lengkap data peminjam buku, dan meminjamkan 200 buku dan akhirnya hanya kembali 60 buku, sedangkan yang lainya tidak kembali. Itu sebabnya saat ini ia tidak mencatat  data peminjam.

Saat ini buku-buku koleksi Agung bebas dipinjam siapapun, tanpa batas pengembalian dan meminjam dengan membayar menggunakan sampah anorganik.

"Saya juga membebaskan peminjam jika menyukai buku yang dipinjam, dan boleh mengganti dengan buku lain," pungkas Agung kepada blokBojonegoro.com. [aim/ito]

Tag : perpustakaan, keliling, ngrowo, bojonegoro, agung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat