05:00 . Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 329.778 Orang   |   21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |   19:30 . 23 Presenter Nyanyi Mars Tiga Wajib   |   19:00 . Ranitya Nurlita juga Finalis di Ajang Internasional   |   18:00 . Teguhkan Khittah, ISNU Bojonegoro Siapkan Santri Perdamaian di Era Milenial   |   17:00 . Liburan Tetap Ingat Pesan Ibu   |   16:00 . Merosot di Awal Pandemi, Omzet Para Perajin Mulai Merangkak Naik   |   14:00 . Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM   |   13:00 . Libur Maulid, Pengunjung Wisata Desa Meningkat   |   12:00 . Pendemi Covid-19, Undian Berlangsung Virtual   |   11:00 . Peringati HUT, UDD PMI Akan Gelar Undian Berhadiah Bagi Pendonor   |   10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 26 February 2019 12:00

Turun-temurun Produksi Pindang di Sraturejo

Turun-temurun Produksi Pindang di Sraturejo

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Di Desa Sraturejo, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, ternyata banyak dari warganya yang memproduksi ikan asin jenis pindang.

Hampir setiap dusun yang ada di desa tersebut, pasti ada beberapa warganya yang membuka usaha produksi pindang.

"Menggeluti usaha produksi ikan pindang ini sudah turun-temurun bersama keluarga," ungkap Sumining salah satu warga yang menggeluti usaha produksi pindang.

Sumining menjelaskan, ia memproduksi ikan pindang sudah sejak tahun 1984 silam. Ia menceritakan, sebelum memproduksi ikan asin, ia sempat menjajal usaha ikan asap selama lima tahun. Namun, dirasa kepulan asap yang keluar saat sedang proses mengolah ikan membuat polusi di sekitar lingkungannya, kemudian ia berganti memprosuksi ikan pindang hingga sekarang.

"Selain menimbulkan polusi udara, ikan pindang harganya lebih terjangkau dibandingkan harga dari ikan asap, serta lebih laris di pasaran. Dan dari penggolahan ikan asap pun cukup menguras tenaga, sedangkan pindang hanya tinggal direbus selama lima jam saja sudah langsung jadi," paparnya, Selasa (26/2/2019).

Ikan pindang yang diproduksinya ada tiga macam yakni tongkol, salem dan layang. Serta tak tanggung-tanggung, dalam setiap harinya ia dapat menjual 7 kuintal ikan pindang dan untuk ikannya sendiri dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tuban.

"Setelah membeli ikan dari TPI, ikan tersebut langsung masuk ke tahap perebusan selama lima jam, setelah itu akan diambil oleh para tengkulak dan diambil pedagang dari pasar-pasar yang ada di wilayah Bojonegoro," pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Muharji yang juga salah seorang pengusaha ikan pindang di Sraturejo. Setiap harinya ia juga memproduksi ikan pindang.

Sama halnya dengan Sumining, ia juga memproduksi tiga jenis ikan pindang. Ia menjualnya perkilo dipatok dengan harga bervariasi, yakni jenis layang Rp17.000, tongkol Rp15.000, salem Rp20.000.

"Yang paling laris di pasaran yakni pindang yang berjenis layang, karena ukurannya yang sedang dan rasanya cenderung lebih asin disukai oleh masyarakat," tuturnya. [lin/mu]

Tag : ikan asap, ikan asin, ikan pindang, produksi ikan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat