07:00 . Kapan Harus ke Dokter Bila Setelah Menikah Tak Kunjung Hamil?   |   21:00 . Karnaval Budaya Angkat Sejarah di Desa dan Kirab Pusaka   |   20:00 . Kondisi Kesehatan Drop, Satu Jamaah Haji Meninggal Dunia di Makkah   |   19:00 . Persibo Kian Kokoh di Puncak Klasemen   |   18:00 . Tundukkan Nganjuk Ladang 2-0, Persibo Tutup Paruh Musim dengan Sempurna   |   17:30 . Bupati Turut Tonton Persibo   |   17:00 . Tim Aku Sehat Siaga di Latber Mojodelik   |   16:30 . Babak Pertama, Persibo Unggul 1-0 Atas Nganjuk Ladang   |   16:00 . Sedih, Tanaman Jagung di Bakung Dihajar Tikus   |   15:30 . Rois Aam PBNU, Letakkan Batu Pertama RSNU Kedungadem   |   15:00 . Kelurahan Ngrowo Launching Kampung Lontong Lodeh Pedal   |   14:30 . Ratusan Warga Sumberjokidul Ikuti Lomba Tangkap Ikan Massal   |   14:00 . Ratusan Rider Luar Kota Antusias   |   13:00 . Jelang Operasi Patuh Semeru 2019, Polres Gelar Latihan Pra Operasi   |   12:00 . Latber Puthuk Kreweng Desa Mojodelik Meriah   |  
Mon, 26 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 04 March 2019 09:00

Misterius, Sejarah Lumpang Kenteng Masih Jadi Teka-Teki

Misterius, Sejarah Lumpang Kenteng Masih Jadi Teka-Teki

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Situs batu peninggalan bersejarah yang satu ini memang tidak begitu menjadi sorotan masyarakat Bojonegoro. Namun, batu ini membuat banyak pertanyaan warga setempat menyeruak, tentang batu yang berada di tengah jalan. Tepatnya di pertigaan Desa Mlinjeng, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Masyarakat setempat dan sesepuh desa juga bertanya-tanya tentang asal muasal batu berupa lempengan dan memiliki cekungan tengah layaknya lumpang (alat penumbuk) yang saat ini disebut 'Lumpang Kenteng' itu.

Saat awak bB menemui Kepala Desa Mlinjeng, Sugiri mengaku juga tidak tahu dengan jelas, sejarah lumpang kenteng tersebut.

"Saya sebagai pendatang di Desa Mlinjeng sudah bertanya-tanya kepada sesepuh desa bahkan sudah mencari informasi di google, namun hasilnya nihil," terangnya.

Sesepuh desa setempat, Nggoro juga mengatakan tidak tahu menahu tentang awal mula adanya lumpang kenteng tersebut. Sejak Ia lahir batu tersebut sudah ada.

"Memang batu itu terlihat seperti lempengan sebesar tampah, dan dulu sempat ingin dipindah, namun setelah masyarakat mencoba mengangkat tidak bisa, karena beratnya luar biasa," ungkap sesepuh desa itu.

Masih kata Nggoro, baru-baru ini Camat Sumberrejo meminta pemerintah desa memberi pagar untuk batu tersebut. Pasalnya, sebelum adanya pagar dan rantai untuk melindungi batu tersebut, berbagai kendaraan roda dua maupun roda empat secara bebas melewati batu yang posisinya tepat di tengah pertigaan.

Seorang dalang dari Desa Mlinjeng , Sarmin juga membenarkan, bahwa tidak ada yang tahu sejarah pasti adanya batu lumpang kenteng tersebut.

Namun ia menjelaskan, bahwa batu tersebut memang menjadi situs peninggalan yang ada di Desa Mlinjeng. Pada zaman dahulu, waktu masih ada tontonan ludruk, bisa dipastikan selalu mampir di lumpang kenteng.

"Sudah menjadi tradisi, setiap akan ada ludruk pasti selalu ke sana dulu," paparnya. [aim/ito]

Tag : lumpang, kenteng, sumbereje, mlinjeng

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Friday, 23 August 2019 14:00

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen Musim ini para petani tembakau Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro tengah panen tembakau. Hanya sebagian petani yang menanam komoditas bahan utama rokok ini, alhasil harganya pun relatif mahal...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat