19:00 . Tingkatkan Militansi, PAC IPNU-IPPNU Kepohbaru Gelar Diklatama   |   18:00 . Relawan: Optimis Menang, Jokowi - Amin Pilihan Tepat   |   17:00 . Disdik Anggarkan Rp32 M untuk 3.400 GTT   |   16:00 . BEM UNUGIRI Gelar Pemilihan Duta Kampus   |   15:00 . Ketua TKD Jatim Deklarasikan Kemenangan Jokowi - Amin di Bojonegoro   |   14:00 . Berikut Klarifikasi Kemenag RI   |   13:00 . Dari Hobi, Ingin Buat Tempat Edukasi Bonsai   |   12:00 . Waspada Berita Hoax, Bupati: Harus Ditindak Tegas   |   11:00 . Tak Hanya Bojonegoro, Kekeliruan Soal SKI Seluruh Indonesia   |   10:30 . Tabrak Truk, Pengendara Motor Meniggal Dunia   |   10:00 . Tak Sempat Lihat Konser Letto, Ini Dia ......   |   09:00 . Desa Rendeng Siap Gelar Festival Gerabah Kedua   |   08:00 . Target 10 Besar, KONI Bojonegoro Bakal Andalkan 6 Cabor   |   07:00 . Mengapa Kita Cocok Berteman dengan Orang - Orang Tertentu   |   00:00 . Keceriaan Pletonic Sambut Letto   |  
Sun, 24 March 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 05 March 2019 07:00

10 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia dalam Hidup

10 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia dalam Hidup

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bahagia itu sederhana. Pernah dengar ungkapan ini?

Ungkapan tersebut memang terdengar mudah untuk dilakukan, namun dalam kehidupan nyata, terkadang kita lupa bagaimana cara menjalani hidup penuh kebahagiaan.

Pada dasarnya, Anda bisa membentuk kebahagiaan lewat hal-hal sederhana, yang bisa Anda ciptakan sendiri. Dilansir Huffpost, berikut kami rangkumkan 10 hal yang bisa membuat Anda lebih bahagia dalam menjalani hidup.

1. Tulislah apa yang membuat Anda bahagia setiap harinya

Rasa syukur dan kebahagiaan memiliki hubungan yang erat. Maka, Anda bisa menuangkannya dengan memulai kebiasaan untuk menulis jurnal tentang hal-hal yang Anda syukuri dalam hari yang dijalani.

Tulisan itu bisa berbentuk sederhana, misalnya, bersyukur karena telah menyantap makanan yang lezat, besyukur karena dapat tertawa lepas bersama teman-teman, dan lainnya.

2. Memaafkan seseorang

Memang bukanlah hal yang mudah untuk memaafkan seseorang yang telah menorehkan luka pada hati Anda. Namun, langkah ini dapat membuat hati Anda lebih tenang dan menghadapi hari lebih bahagia dibanding hari sebelumnya.

Jika pemikiran untuk memaafkan seseorang masih terdengar sulit bagi Anda, cobalah untuk mengganti perspektifnya sebagai langkah memberi kebahagiaan terhadap diri sendiri. Dengan kata lain, Anda memaafkan orang lain, bukan untuk orang tersebut, namun bentuk Anda mencintai diri sendiri.

3. Mempersilakan diri Anda untuk merasakan kesedihan dan rasa marah

Terkadang, kita menahan emosi yang bergejolak dalam diri dengan harapan rasa sakit itu bisa hilang dengan sendirinya. Namun, kenyataannya, Anda akan lebih merasa tenang dan bahagia ketika bisa meluapkan segala perasaan yang ada dalam hati. Bahkan, riset mengungkapkan bahwa menangis adalah langkah terapi yang baik.

pcei3n63fmhi1lh6e318

4. Buang pikiran negatif jauh-jauh

Overthinking kills. Pernah dengar ungkapan ini? Ya, berpikiran secara berlebihan dan membiarkan pikiran Anda berkelana memikirkan hal-hal buruk dapat membuat diri menjadi lebih tertekan dan jauh dari kebahagiaan.

Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Tuliskan segala hal negatif atau pikiran-pikiran beracun Anda dalam sebuah kertas, lalu buanglah kertas tersebut ke tempat sampah. Tindakan sederhana ini terbukti dapat meningkatkan perasaan Anda menjadi lebih baik.

5. Luangkan waktu untuk berjalan menghirup udara segar

Jika Anda bekerja seharian di dalam ruangan, maka cobalah luangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk berjalan-jalan ke luar dan menghirup udara segar. Jika dilakukan secara rutin, Anda bisa merasakan perubahan signifikan dalam menjalani hari-hari yang lebih menyenangkan.

6. Mulai untuk membiasakan diri memiliki detoks media sosial

Bukan rahasia lagi jika sosial media memiliki dampak negatif pada pikiran Anda. Sosial media bisa memberikan sebuah ilusi bahwa hidup seseorang dapat terlihat begitu sempurna. Hal tersebut tak jarang membuat Anda stres dan kurang bersyukur dengan hidup yang dimiliki.

Cobalah untuk meluangkan waktu secara rutin untuk 'detoks' dari media sosial. Misalnya, selama satu bulan penuh Anda menghapus aplikasi sosial media, dan hanya fokus pada hal-hal yang Anda jalani sehari-hari.

elru5yqvkeycueqqerh3

7. Konsisten untuk berolahraga

Olahraga terbukti dapat meningkatkan kebahagiaan. Anda tak perlu melakukannya setiap hari, mulailah dengan melakukannya tiga hari sekali secara rutin. Jika konsisten, Anda akan menemukan perubahan besar dalam hidup Anda.

8. Belajar untuk mengatakan 'tidak'

Pernahkah Anda terpaksa mengiyakan ajakan seorang teman karena merasa tidak enak untuk menolak? Jika ya, maka belajarlah untuk berkata tidak dan mengutamakaan keinginan diri Anda sendiri.

Mulailah memahami bahwa waktu Anda untuk diri sendiri sama berharganya seperti waktu orang lain. Kini saatnya Anda untuk mulai memprioritaskan kebahagiaan diri sendiri.

9.Bersikap baiklah kepada orang lain

Ya, baiklah kepada semua orang lewat hal-hal sederhana. Mulai dari memulai senyuman kepada orang lain, menahan pintu saat orang lain lewat, mempersilakan seseorang yang mengantre untuk maju terlebih dahulu, dan lainnya.

Kebaikan adalah hal yang mudah dilakukan. Dengan memancarkan kebaikan pada orang lain, akan membawa dampak positif pada diri Anda sendiri.

c2qltdyalamfpdzv8wd7

10. Dan yang terpenting, berbaik hatilah pada diri Anda sendiri

Ketika Anda sudah berusaha baik pada orang lain, kini tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda sudah cukup baik pada diri sendiri?

Terkadang, tanpa disadari, kita mengkritisi diri sendiri begitu hebat dengan pikiran-pikiran jahat yang menyakitkan. Belajarlah untuk berbaik hati pada diri Anda, dan membuang jauh-jauh pikiran negatif tersebut.

Riset menemukan, menerima diri sendiri adalah kunci pada hidup yang lebih bahagia. Namun sayang, hal ini justru kebiasaan yang paling jarang kita lakukan. Kita cenderung mengkritisi dan menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang terjadi dalam hidup. Semangatilah diri, dan mulailah untuk membiasakan diri dengan hal-hal sederhana yang membawa kebahagiaan.

*Sumber: Kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, tips, trik

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more