19:00 . PC IPNU IPPNU Bojonegoro Ngaos Administrasi   |   18:00 . Bedah Keorganisasian, Tingkatkan Keterampilan Kader Jalankan SOP   |   17:00 . Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak   |   16:00 . Pasar Surup, Ala Bazar Kartar Tulungagung   |   15:00 . Luas Tanam Bawang Merah Hingga 4 Bulan Capai 1.215 Hektar   |   14:00 . Sepakbola Awali Pagelaran Porprov di Bojonegoro   |   13:00 . Manasik Haji Kabupaten Dijadwalkan 19 Juni Mendatang   |   12:00 . Inilah Lowongan Pekerjaan yang Selalu Dinanti Saat Ramadan   |   11:00 . Sambang Pelajar, PKPT IAI Sunan Giri Kenalkan Aswaja Sejak Dini   |   10:00 . Dinas Pengairan : Jelang Kemarau, Sejumlah Embung Dinormalisasi   |   09:00 . Cegah Mobilisasi People Power, Polres Bojonegoro Razia Kendaraan   |   08:00 . Jelang Jumbara PMR IX, PMI Susun Pembagian Tugas   |   07:00 . Tips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil   |   23:00 . Mas Emil Ajak Perangi HOAX   |   22:00 . Wabup Silatirahmi ke Warga Tlatah   |  
Sun, 19 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 08 March 2019 12:30

Bupati Bojonegoro Dorong Penangkaran Padi Mandiri

Bupati Bojonegoro Dorong Penangkaran Padi Mandiri

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah meminta kepada petani Desa Glagahan, Kecamatan Sugihwaras untuk meningkatkan kualitas petani dengan membuka penangkaran benih padi secara mandiri.

Hal tersebut diungkapkan Anna Mu'awanah saat menghadiri syukuran dan panen raya bersama masyarakat Desa Glagahan, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro pada Kamis (07/03/2019).

Pada kesempatan tersebut, Anna Mu'awanah secara khusus mengapresiasi pemerintah desa Glagahan beserta masyarakat yang telah melestarikan tradisi wiwitan (syukuran tradisional masyarakat Jawa sebelum panen padi dilakukan).

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada demerintah desa setempat yang kreatif mengolah dan memasarkan hasil pertanian dengan tidak dijual kepada tengkulak untuk dikonsomsi secara langsung.

"Akan tetapi hasil panen padi di Desa Glagahan ini di proses penangkaran benih padi," kata Bupati.

Karena itu, orang nomor satu di Bojonegoro ini mendorong budi daya penangkaran benih padi agar menjadi bahasan pada Musrenbangkab yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Maret mendatang.

Kalau masyarakat sudah mampu untuk membuat benih sendiri, kata Bupati, maka produktifitas petani akan semakin meningkat dan tentunya kesejahteraan masyarakat petani juga akan meningkat.

"Sehingga diharapkan angka kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro dapat turun secara signifikan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Glagahan Imam Muslih sebelumnya menyampaikan, bahwa pemerintah Desa Glagahan melakukan kerjasama dengan penangkaran benih padi Kabupaten Nganjuk untuk suplai padi yang akan digunakan bibit.

"Sehingga harga padi di Glagahan tidak sama dengan padi di daerah lain yang dijual untuk keperluan konsumsi," ungkapnya.

Imam Muslih berharap, nantinya pemerintah Desa Glagahan mampu menangkar benih padi sendiri dan mumpunyai ijin serta merek sendiri. Tentunya dengan dukungan dan pembinaan dari pemkab setempat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Forkopimcam Sugihwaras, dan PPL Sugihwaras. [yud/ito]

 

Jangan Lupa Subcribe blokBojonegoroTV

Tag : padi, bojonegoro, glagahan, sugihwaras

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat