Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspada Demam Berdarah

Jumlah Kasus DB Menurun, Dinkes: Harus Tetap Waspada

blokbojonegoro.com | Monday, 11 March 2019 15:00

Jumlah Kasus DB Menurun, Dinkes: Harus Tetap Waspada

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Kasus Demam Berdarah (DB) dari bulan Januari hingga Februari 2019 mengalami penurunan. Dari angka 223 kasus 4 orang diantaranya meninggal, di bulan Februari menurun hingga 58 kasus.

Kasi Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Whenny Dyah P mengatakan, bahwa Dinkes mencatat selama Februari 2019 ada 281 kasus DB dan 1 orang meninggal dunia.

"Menurun hingga 58 kasus dan satu orang meninggal dunia," kata Whenny Dyah P.

DB di Bojonegoro menyerang hampir semua kalangan, dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Januari lalu, ada 223 kasus 4 orang diantaranya meninggal. "Sedangkan Februari mengalami penurunan," ucapnya.

Meski demikian, phaknya terus mewaspadai kemungkinan terjadi lonjakan DB. Dinkes terus melakukan gerakan pencegahan bersama masyarakat dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M plus.

"Menguras atau membersihkan penampungan air minum, drum dan bak-bak air lainnya. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat penampungan air," terangnya.

Tak hanya itu, bisa memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk dan menaburkan bio larvasida atau obat cair anti nyamuk di penampungan air.

Gerakan PSN dengan cara 3M Plus ini, terus lakukan bersama-sama masyarakat. Dimungkinkan, penularan DB dari nyamuk Aedes Aegypti dapat ditanggulangi, karena untuk mencegah perkembangbiakannya.

"Kalau melakukan PSN dengan cara 3M plus tersebut, bisa mencegah perkembangan nyamuk," tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga melakukan fogging di beberapa wilayah yang banyak penderita DB nya. Namun, fogging sendiri sifatnya hanya untuk pemberantasan nyamuk dewasa bukan untuk jentik-jentik nyamuk. [yud/ito]

Tag : kasus, db, bojonegoro, dinkes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini