18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemilu 2019

Kapolres Paparkan Pengamanan Melalui Permainan Taktis

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 March 2019 20:00

Kapolres Paparkan Pengamanan Melalui Permainan Taktis

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, Polres Bojonegoro memaparkan metode pengamanan melalui permainan taktis (Tactical Floor Game/TFG) operasional sistem pengamanan kota, Kamis (14/3/2019) di halaman Mapolres Bojonegoro.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri oleh Ketua KPU dan Ketua Bawaslu, turut hadir Pejabat dari Kodim 0813 Bojonegoro, Danki 3 Yon C Sat Brimob, Kasatpol PP Bojonegoro, Kepala Dinas PMK, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala RS Bhayangkara Wahyu Tutuko, Kepala PLN Bojonegoro, Komandan Subden Pom V/2-1, Pejabat Utama Polres serta Kapolsek jajaran dan anggota yang terlibat dalam latihan. Selain itu juga, dalam acara turut dihadiri oleh Kabag Ops dari Polres Tuban dan Kabag Ops Polres Lamongan.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, dalam sambutannya mengatakan, Tactical Games (Permainan Taktis) Operasional Latihan Sispam Kota diadakan dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019.

TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai. Tujuannya adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

"Tujuan dilaksanakannya giat TFG Operasional Latihan Sispam Kota dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 adalah agar personel yang terlibat dalam sispam kota dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peran masing-masing," ucap Kapolres.

Kapolres juga berpesan agar melaksanakan persiapan secara maksimal baik personel maupun peralatan dari masing-masing instansi, dalam rangka pelaksanaan Sispamkota dan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pam Pemilu 2019, selain itu juga agar seluruh Kapolsek dan stakeholder harus mengetahui cara bertindak dan langkah yang diambil saat terjadi kejadian.

"Kerjasama yang baik antara Kapolsek, Danramil dan Kepala Instansi terkait untuk mengendalikan anggotanya, karena melibatkan personel yang banyak," pesan Kapolres.

Masih menurut Kapolres, kepada masing-masing penanggung jawab harus mengetahui dan memahami rangkaian kegiatan, kejadian dan penyelesaian per tahapan da diharapkan dengan dilaksanakan TFG ini dapat mensinergikan dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan kegiatan.

"Tetap jaga kekompakan dan sinergitas antar stakeholder, sehingga pada pelaksanaan Sispam Kota dapat berjalan lancar, dan situasi wilayah Bojonegoro dalam keadaan aman, tertib dan kondusif," imbuh Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro yang diwakili oleh Kasdim 0813 mengatakan, Kodim 0813 siap mendukung Polri dan penyelenggara Pemilu untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan menyiagakan anggota yang terbagi menjadi beberapa titik, untuk melakukan back up pam giat dalam rangka Pemilu, dimana masing-masing titik membawahi beberapa wilayah untuk mempermudah dalam perbantuan personel untuk memback-up suatu kejadian.

"Masing-masing yang dituakan bertanggungjawab jawab atas anggotanya dan mantabkan betul tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota dalam pelaksanaan Sispam Kota," ucap Kasdim.

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro dalam sambutannya menerangkan, saat ini pada pelaksanaan Pemilu 2019 telah memasuki tahapan Kampanye. Logistik Pemilu 2019 telah didistribusikan ke masing-masing Dapil dan disimpan di gudang khusus yang mendapat pengamanan dari aparat Kepolisian.

"Harapan dari KPU agar Pemilu 2019 berjalan aman, damai dan sukses," terang Ketua KPU, Abdim Munib.

Masih menurut Ketua KPU, bahwa indikator Kesuksesan Pemilu 2019 yaitu tahapan aman, suasana Kondusif dan tidak ada sengketa. Sinergitas KPU, Bawaslu, Pemerintahan  dan Kemanan.

"Semangat tatap Pemilu 2019 secara Optimis untuk Bojonegoro yang semakin baik," lanjut Ketua KPU.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro dalam sambutannya menuturkan, tugas dan tanggung Jawab Bawaslu dalam Pemilu 2019 adalah berhubungan dengan penyelenggaraan, dimana tanggung jawab dan wewenangnya adalah pencegahan, pengawasan dan penindakan.

Dalam prakteknya nanti akan menugaskan anggota Bawaslu untuk turun sampai tingkat TPS pada saat pelaksanaan pencoblosan untuk mempercepat proses penanganan perkara terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2019.

"Melaksanakan pengawasan terhadap setiap pentahapan Pemilu 2019 merupkan tugas dan tanggung jawab kami", tutur Ketua Bawaslu, Zaenuri. [mu]

Tag : polres, pemilu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat