22:00 . Antisipasi Aksi 22 Mei, Polres Bojonegoro Siaga di Stasiun   |   21:00 . Gandeng Pemuda NU, Ahbabul Musthofa Tebar Ta'jil di Kedungadem   |   20:00 . PC IPNU IPPNU Bojonegoro Ngaos Administrasi   |   19:30 . Baksos Ramadan dan Parenting Connection JCI Bojonegoro   |   19:00 . Viking Bojonegoro Bagi Takjil dan Santunan Anak Yatim   |   18:30 . Bersama Komunitas Offroad, Kapolres Bojonegoro Bagi Takjil   |   18:00 . Bedah Keorganisasian, Tingkatkan Keterampilan Kader Jalankan SOP   |   17:00 . Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak   |   16:00 . Pasar Surup, Ala Bazar Kartar Tulungagung   |   15:00 . Luas Tanam Bawang Merah Hingga 4 Bulan Capai 1.215 Hektar   |   14:00 . Sepakbola Awali Pagelaran Porprov di Bojonegoro   |   13:00 . Manasik Haji Kabupaten Dijadwalkan 19 Juni Mendatang   |   12:00 . Inilah Lowongan Pekerjaan yang Selalu Dinanti Saat Ramadan   |   11:00 . Sambang Pelajar, PKPT IAI Sunan Giri Kenalkan Aswaja Sejak Dini   |   10:00 . Dinas Pengairan : Jelang Kemarau, Sejumlah Embung Dinormalisasi   |  
Mon, 20 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 15 March 2019 16:30

Pemkab bersama Ademos Bersinergi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Pemkab bersama Ademos Bersinergi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Desa sebagai bagian dari adminitrasi wilayah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Desa juga berperan sebagai salah satu pilar Ketahanan Pangan Nasional.

Guna mewujudkan desa sebagai Pilar Ketahanan Pangan Nasional itu, Pemerintah Kabupaten Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro bersama Asosiasi Untuk Demokrasi Kesejahteraan Sosial (Ademos) menggelar pertemuan yang bertajuk sinau bareng guna mencari inovasi lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Ketua Ademos Bojonegoro M Khudori mengatakan, Ademos merupakan komunitas pemuda yang bergerak membantu masyarakat di desa-desa khususnya untuk mengembangkan kemampuan masyarakatnya agar bisa menghasilkan produk sehingga bisa meningkatkan perekonomian setiap warganya.

"Pendampingan Ademos untuk masyarakat desa itu sudah dilaksanakannya selama 12 tahun," ucap Khudori.

Selama menampingi masyarakat, Khudori mengatakan banyak hal yang dilakukan mulai memberikan pelatihan untuk UMKM, pertanian hingga peternakan, bahkan dalam bidang peternakan Ademos bersama masyarakat telah mengelola 153 ekor sapi. Di bidang UMKM pihaknya telah membuat aneka jajanan yang saat ini pemasarannya sudah tersebar di outlet-outlet di Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

Terpisah, Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto mengungkapkan Ademos perlu dikembangkan lagi untuk melatih masyarakat Bojonegoro agar kesejahteraan dan perekonomianya lebih baik lagi, terlebih lagi perlu dikembangkan di Bojonegoro di wilayah selatan seperti di Kecamatan Gondang maupun Sekar.

"Memang Ademos pendampingannya di Wilayah Barat Bojonegoro dan mampu menghasilkan produk makanan yang bisa dipasarkan di toko-toko modern di Jatim maupun di Jateng," tambahnya.

Dengan mengembangkan pndampingan masyarakat di wilayah Bojonegoro selatan itu, diharapkan masyarakat mampu meningkatkan perekonomianya sendiri, terlebih lagi mampu membuat produk untuk dipasarkan bersama.

Ratusan tamu undangan turut hadir dalam kesempatan itu yakni Wakil Bulati Bojonegoro, Dewan Pembina Ademos, Ketua Ademos, SKPD Bojonegoro, Camat, Kepala Desa serta para pelaku usaha. [saf/lis]

 

Tag : ademos, pemkab

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat