20:00 . 1 Orang Sembuh, Tak Ada Tambahan Positif Covid-19   |   14:00 . Senin, Kejari Bakal Koordinasi dengan 4 Saksi Ahli   |   12:00 . Era Digital, Penjualan Kaset DVD Jadul Tetap Eksis   |   11:00 . Dampak Pandemi, Jatah Bimbingan Perkawinan Dipangkas   |   09:00 . Kembali Normal, Tiap Bulan Ada Ratusan Catin Akad Nikah   |   08:00 . Nikmati CFD Lagi, Warga Antusias Olahraga di Alun-Alun   |   07:00 . Tingkat Kesembuhan Harian Nasional Menunjukkan Tren Positif   |   20:00 . 3 Orang Dinyatakan Sembuh, Tambahan 7 Positif Covid -19   |   18:00 . Ternyata di Bojonegoro Ada Pengrajin Gelang Akar Bahar   |   17:00 . Konsolidasi PPP Bojonegoro Kuatkan Kader Partai   |   16:00 . Kebijakan Mendikbud Soal Sekolah Tatap Muka   |   15:00 . Update Pembangunan Jalan Rigid Beton   |   14:00 . Persiapan Kejuaraan di Jakarta Secara Virtual,10 Atlet Karate Intensifkan Latihan   |   13:00 . Pandemi, Peserta Bimbingan Kawin Dibatasi Hanya 8 Pasang   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Emas Turun Rp10.000   |  
Mon, 10 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 16 March 2019 11:00

Pertamina EP Terapkan Teknologi EOR di Lapangan Sukowati

Pertamina EP Terapkan Teknologi EOR di Lapangan Sukowati

Reporter: Ali Imron/blokTuban.com

blokBojonegoro.com- Pertamina EP berkepentingan terhadap implementasi Enhanced Oil Recovery/tertiary recovery (EOR) di Indonesia salah satunya di Lapangan Sukowati. Mengingat proven resources dengan tingkat kesulitan eksplorasi terendah praktis kini telah habis dieksploitasi dan menyisakan tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk mengurasnya.

"Oleh sebab itu EOR diterapkan dengan harapan dapat meningkatkan jumlah minyak diekstrak dari sumur-sumur minyak mencapai 30 hingga 60%, dibandingkan 20 hingga 40% dengan menggunakan primary dan secondary recovery," ujar Asset 4 General Manager, Agus Amperianto, ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Sabtu (16/3/2019).

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, telah dilakukan studi dan uji laboratoriun untuk menentukan metode yang sesuai dan dapat membantu meningkatkan produksi minyak.

EOR merupakan teknologi yang berhubungan dengan proses di reservoir terkait dengan pengangkatan minyak yang belum bisa terangkat dengan cara pengangkatan primer dan sekunder (primary dan secondary recovery).

Pengangkatan primer menggunakan tekanan alamiah dari reservoir. Sementara pengangkatan sekunder, menggunakan cara injeksi (air atau gas) sebagai upaya untuk mempertahankan tekanan reservoir yang turun secara alamiah.

"Upaya-upaya inilah yang akan diterapkan salah satunya di lapangan Sukowati di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban ini," terang mantan Ramba Field Manager.

Pertamina EP akan memprioritaskan penggunaan teknologi tingkat lanjut EOR di 9 titik lokasi tahun ini. Program ini dilakukan sebagai upaya anak usaha PT Pertamina (Persero) dalam menggenjot produksi minyak di sumur-sumur yang sudah tua.

Sembilan lokasi tersebar di asset yang dikelola Pertamina EP. Rantau, Sago dan Ramba di Pertamina EP Asset 1, Jirak dan Limau di Pertamina EP Asset 2, Tambun dan Jatibarang di Pertamina EP Asset 3, serta Sukowati di Pertamina EP Asset 4 dan Tanjung di Pertamina EP Asset 5.

Lima di antara struktur itu menggunakan metode chemical, yaitu Tanjung, Rantau, Sago, Jirak, dan Limau. Empat lainnya menggunakan metode karbondioksida (CO2). [ali/rom]

Tag : pertamina, migas, minyak dan gas, sukowati, eksplorasi, eksploitasi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat