09:00 . Ancaman Pemilu, Kecurangan dan Hoax   |   08:00 . Golkar Berharap 7 Kursi Bisa Dipertahankan   |   06:00 . Amankan Rekapitulasi Suara, Banser Jaga 17 Jam Sehari   |   21:00 . Kepala SKK Migas Jabanusa Buka Lokakarya Media   |   20:00 . Sukur: Saya Hanya Sampaikan Keluhan Saksi   |   19:00 . Adu Argumen dan Tegang di PPK Kota   |   18:00 . Sempat Berhenti, Rekap di PPK Kota Berlanjut   |   17:00 . Ha..! Rekapitulasi Suara Di PPK Kota Dihentikan   |   16:00 . Penuhi Target APBN, EMCL Fokus Optimalkan Sumur Produksi   |   15:00 . UKW PWI ke 26 Ditunda, ini Sebabnya...   |   14:00 . Lapor Lebih dari 7 Hari, Bawaslu Anggap Hangus   |   13:00 . Ditanya Prediksi Perolehan Kursi, Ini Jawaban Petinggi Partai   |   12:00 . Rekapitulasi Suara Kecamatan Kepohbaru Pindah Lokasi   |   11:00 . Pengangguran di Bojonegoro Capai 23.818 Lebih   |   10:00 . Lagi, Puluhan Kader Gayam Belajar Public Speaking   |  
Tue, 23 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 16 March 2019 18:00

Pria Ini Mampu Ubah Bambu Jadi Kaligrafi dan Miniatur Keren

Pria Ini Mampu Ubah Bambu Jadi Kaligrafi dan Miniatur Keren

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebagian besar orang menganggap Pohon bambu dan rantingnya atau 'carang' dalam bahasa Jawanya adalah barang yang tidak berguna. Bahkan terkadang pohon bambu dan rantingnya dijadikan bahan bakar untuk memasak. Namun, ternyata pohon bambu dan rantingnya bisa dijadikan kerajinan tangan atau karya seni yang sangat indah dan bernilai ekonomi tinggi. 

Seperti yang dilakukan Muhammad Ansori (26), warga Desa Sobontoro, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Pemuda satu ini mampu mengolah bambu menjadi hiasan dinding bermotif kaligrafi dan miniatur-miniatur keren.

Dengan berbekal Gergaji, pisau, cat, pernis dan lem, ia mampu merubah bambu menjadi tulisan arab, aksara Jawa, lafaz 'Allah' dan 'Muhammad' yang sangat cantik meski bahan utamanya hanya bambu. Bahkan, rantingnya mampu ia sulap menjadi miniatur, Sepeda, gazebo, kursi dan miniatur-miniatur lainya seukuran korek api.

"Saya mengawalinya secara otodidak dan baru mengawalinya 3 tahun yang lalu, sedangkan untuk miniatur-miniatur baru beberapa bulan belakangan ini," ujarnya.

Pemuda yang masih lajang tersebut mengaku, mendapatkan ide tersebut dari Youtube yang kemudian ia kembangkan sendiri. Namun, ternyata untuk membuat kaligrafi tersebut tidak semudah yang ia fikirkan. Ia membutuhkan sebanyak 7 kali percobaan baru bisa hasilnya memuaskan.

Menurutnya, kesulitan untuk membuat membuat kaligrafi terletak pada menempelkan hasil potongan bambu. Bahkan dirinya sering gagal, lantaran tidak bisa sama dengan apa yang diharapkan dan bagian ini membutuhkan keuletan dan ketelitian.

"Yang paling sulit adalah menyatukan antara potongan bambu dan untuk memotong bambu juga tidak sembarangan, ada tehniknya sendiri," tutur pria yang akrab disapa Aang tersebut.

Untuk menghasilkan sebuah kaligrafi dengan ukuran 50X80 ia membutuhkan waktu selama 3 hari untuk menyelesaikanya. Sedangkan untuk miniatur sepeda maupun kursi hanya membutuhkan waktu selama 1 hari, tergantung tingkat kerumitanya.

Karya kaligrafi bambu buatan Aang dibanderol tak terlalu mahal. Untuk satu set hiasan dinding dengan kaligrafi Allah dan Muhammad, dia patok Rp200 sampai Rp300 ribu. Untuk miniaturnya ia banderol tidak lebih dari Rp50 ribu.

"Harga menyesuaikan ukuran dan kerumitannya saja," tuturnya kepada blokBojonegoro.com. [din/lis]

 

Tag : KALIGRAFI, BAMBU

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more