19:00 . Kartu Petani Mandiri (KPM) Solusi Untuk Petani di Bojonegoro   |   19:00 . Khusus Kloter 75, CJH Bojonegoro Berangkat dengan Jemaah Asal Surabaya   |   18:00 . Bupati Tantang Disperta Kembangkan Tehknologi Pertanian   |   17:00 . Mudahkan Pejalan Kaki Menyebrang, 2019 Dishub Pasang Tiga Pelican Cross   |   16:00 . Ajari Anak dan Gandeng Semua Pihak Tingkatkan Peran Keluarga   |   15:30 . Bupati Bojonegoro Launching Kartu Petani Mandiri   |   15:00 . 14 Pelajar dan 1 Gepeng Terciduk Polres Bojonegoro   |   14:00 . Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM   |   13:00 . 3.500 Hektar Sawah di Bojonegoro Kekeringan   |   12:00 . Dua Pengemis Diamankan Satpol PP, Satunya dari Luar Bojonegoro   |   11:00 . KUA dan Cabang IPHI Kanor Bentuk Banom MTP   |   10:00 . Meningkat, Kasus Persetubuhan Anak Ancam Bojonegoro   |   09:00 . Tak Ingin Produksi Migas Terus Turun, Ini Upaya SKK Migas   |   08:00 . Harga Cabai Mahal, Warga Pilih Cabai Kering   |   07:00 . Wajib Waspada, Kecanduan Gadget Bisa Berakibat Fatal Untuk Kesehatan   |  
Wed, 24 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 20 March 2019 08:00

Mengenal lebih Dekat Program Sahabat Pertamina

Mengenal lebih Dekat Program Sahabat Pertamina

Reporter: Muharrom

blokBojonegoro.com - Pertamina memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemenuhan tanggung jawab sosial di sekitar wilayah operasinya. Kali ini melalui PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang juga merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama dibawah naungan SKK Migas menerapkan Program Sahabat Pertamina di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban Provinsi Jawa Timur.

Program Sahabat Pertamina yang diinisiasi oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field ini, merupakan Program Layanan Kesehatan Berbasis Masyarakat di pilar Kesehatan dengan melibatkan masyarakat di sekitar wilayah operasi secara langsung.

Program kesehatan ini melayani 3 desa Ring 1 Sukowati yakni Desa Campurejo, Ngampel, dan Sambiroto. Program ini meliputi beberapa Kegiatan Layanan Kesehatan di antaranya Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat, Keluarga Binaan, dan Mobil Layanan Kesehatan.

Selain itu, ada beberapa kegiatan tambahan seperti pendampingan warga desa ke fasilitas kesehatan sekitar yang memerlukan transportasi Mobil Layanan Kesehatan, membantu kegiatan posyandu balita maupun lansia yang digelar di Desa, dan juga membantu tenaga medis Polindes ketika melakukan pemberian imunisasi ori difteri anak-anak balita sampai remaja.

Untuk kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat telah diikuti oleh total 800 warga dan 90 keluarga untuk kunjungan dan pendidikan kesehatan (Keluarga Binaan). Dengan adanya perubahan dan peningkatan kesehatan, mereka sangat merasakan manfaat dari keberadaan Pertamina EP dalam program ini.

“Kami sangat bersyukur kehadiran Program Sahabat Pertamina memberikan manfaat dan nilai positif di Masyarakat, kami harapkan juga do’a dan dukungan dari masyarakat sekitar wilayah operasi agar Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field produksinya terus meningkat sehingga dapat menopang Produksi Nasional,” terang Agus Amperianto, GM Pertamina EP Asset 4 yang akrab disapa Agus.

Lebih lanjut, Agus menambahkan, selain Sahabat Pertamina yang sudah ada dan berjalan di Kabupaten Bojonegoro ini, kedepan akan diaplikasikan juga ke wilayah Kabupaten Tuban.

"Harapan kami dengan kondisi kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasi kami terjaga, maka masyarakat bisa melaksanakan aktifitasnya sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidupnya," jelas Agus.

sp-bb2

Kemudian, tambah agus, selain program Sahabat Pertamina, PT Pertamina EP juga melaksanakan beberapa program unggulan lainnya seperti misalnya Pemberdayaan Ekonomi Bank Sampah, Program Penanaman Pohon untuk mengembalikan ekosistem sebelumnya yang bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban dan Ronggolawe Pers Solidarity serta program lain yang tentunya tetap melibatkan masyarakat.

"Semoga dengan adanya program-program ini, komitmen kami untuk Tumbuh Bersama Lingkungan dan Masyarakat bisa terwujud," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tanjungharjo, Dr. Fifin Erliana mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. "Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan kegiatan Sahabat Pertamina, InsyaAllah mendekatkan akses bagi masyarakat Desa Ngampel dan Sambiroto dalam pelayanan kesehatan dan juga meningkatkan derajat kesehatan mereka dengan kunjungan rumah agar menjadi keluarga mandiri," kata dr. Fifin.

Nurul Jariyatin, SH. M.Kn., dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) sebagai mitra pelaksana kegiatan ini menyampaikan, bahwa Sahabat Pertamina menjadi salah satu pilar yang mendukung kegiatan operasi Sukowati Field. Salah satu hal yang sangat dirasa manfaatnya bagi warga adalah Mobil Layanan Kesehatan yang membantu mengantarkan warga ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Banyak warga yang tidak memiliki kendaraan mobil untuk dapat mengantarkan anggota keluarganya ke fasilitas kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau bahkan Rumah Sakit, dengan adanya Mobil Layanan Kesehatan yang merupakan salah satu bagian dari Program Sahabat Pertamina, dirasa sangat memberikan manfaat bagi mereka," ujarnya. [*]

sp-bb3

 

 

Tag : pertamina ep, sahabat pertamina, field sukowati, icsada, kesehatan, program kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat