13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Soal UAMBN SKI MTs Keliru

Berikut Klarifikasi Kemenag RI

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 March 2019 14:00

Berikut Klarifikasi Kemenag RI

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, membenarkan adanya  dugaan kekeliruan lembar soal untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), Jumat (22/3/2019) Kemarin. Kekeliruan soal ada pada pertanyaan nomor 34.

Berikut adalah tanggapan dari Penanggung Jawab Penulisan Soal UAMBN-BK, Kemenag RI, Dr. H. Ahmad Hidayatullah:

Assalamu ‘alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh

Memperhatikan pernyataan soal pada Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional - Berbasis Komputer ( UAMBN-BK) Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) tingkat MTs tanggal 22 Maret 2019 sebagai berikut:

Semangat perjuangan membela Islam dan bangsa Indonesia tertancap dalam sanubari KH. Ahmad Dahlan. Pejuang Ulama besar ini berhasil menorehkan “ tinta emas” dengan menyerukan Resolusi Jihad dan berhasil mendirikan organisasi keagamaan yang banyak bergerak di bidang pendidikan dan dakwah Islam. Organisasi yang memiliki massa besar di Indonesia ini dikenal dengan sebutan....

A. Muhammadiyah
B. Jama’ah Tabligh
C. Nahdhatul Ulama
D. Laskar Jihad

Kami menyatakan pada pernyataan soal tersebut terjadi kesalahan penulisan nama tokoh yang seharusnya adalah KH. Hasyim Asy’ari, dan penulisan penyataan soal lengkap yang seharusnya adalah:

Semangat perjuangan membela Islam dan bangsa Indonesia tertancap dalam sanubari KH. Hasyim Asy’ari. Pejuang Ulama besar ini berhasil menorehkan “ tinta emas” dengan menyerukan Resolusi Jihad dan berhasil mendirikan organisasi keagamaan yang banyak bergerak di bidang pendidikan dan dakwah Islam. Organisasi yang memiliki massa besar di Indonesia ini dikenal dengan sebutan…

A. Muhammadiyah
B. Jama’ah Tabligh
C. Nahdhatul Ulama
D. Laskar Jihad

Terkait kesalahan ini kami menyatakan:

1. Bahwa penulisan soal tersebut terjadi kesalahan nama tokoh yang disebabkan oleh human error.

2. Memohon maaf atas kesalahan penulisan tokoh pada pernyataan soal tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia dan kami menyesal atas kejadian ini.

3. Jabaran kisi-kisi soal yang menjadi dasar penyusunan soal pada dasarnya sudah menunjukkan uraian sebagaimana uraian pernyataan soal yang sesungguhnya mencantumkan K.H. Hasyim Asy’ari sebagai tokoh yang dimaksud dalam soal.(bukti terlampir).

4. Pada aplikasi yang sudah terlanjur memuat pernyataan soal yang salah tersebut, maka dalam sistem penilaian atas jawaban siswa dinyatakan dianulir, kosong, atau tidak diperhitungkan.

5. Selanjutnya pada butir soal tersebut tidak akan dipakai lagi dalam bank soal.

Demikian pernyataan kami. Sekali lagi kami mohon maaf atas kekhilafan pada segenap masyarakat Indonesia.

Wassalamu ‘alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh


Jakarta, 22 Maret 2019
Penanggung Jawab Penulisan Soal
UAMBN-BK, Kemenag RI

 

Dr. H. Ahmad Hidayatullah
NIP. 196806222000121002

surat

surat-1

Tag : kemenag ri, soal ski



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat