16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengapa Kita Cocok Berteman dengan Orang - Orang Tertentu

blokbojonegoro.com | Saturday, 23 March 2019 07:00

Mengapa Kita Cocok Berteman dengan Orang - Orang Tertentu

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Ada berapa jumlah follower-mu di Instagram? Ribuan?

Nah, coba hitung, ada berapa teman di kehidupanmu yang super nyambung denganmu? Kemungkinan besar sih berkisar belasan atau puluhan.

Kenapa ya, kita bisa nyambung dengan beberapa orang, tapi kurang klop bergaul dengan orang-orang lainnya.

Pakar kesehatan Alex Lickerman mencoba untuk menjelaskan fenomena ini. Dicatut dari tulisannya di Psychology Today, orang Jepang memiliki istilah, kenzoku, yang diterjemahkan secara harfiah sebagai "keluarga."

Istilah ini menunjukkan ikatan antara orang-orang yang telah membuat komitmen yang sama dan karena itu mungkin memiliki nasib yang sama. Banyak dari kita memiliki orang-orang dalam kehidupan kita seperti yang digambarkan oleh kata kenzoku.

Mereka mungkin anggota keluarga, ibu, saudara laki-laki, anak perempuan, sepupu. Atau seorang teman dekat dan pertemanan kita dengannya sudah berlangsung lama. Waktu dan jarak tidak mengurangi ikatan yang kita miliki dengan teman-teman semacam ini.

Pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana kita memiliki ikatan “kenzoku” ini hanya dengan beberapa orang tapi tidak dengan yang lainnya? Mungkin beberapa hal dibawah ini bisa menjadi jawabannya.

Pertama, ketertarikan yang sama.

Hal ini akan mengikat kita lebih dekat dengan teman-teman kita daripada dengan orang lain. Ketika minat kita berbeda dan kita tidak dapat menemukan apa pun untuk dinikmati bersama, waktu yang dihabiskan bersama cenderung berkurang dengan cepat.

Kedua, cerita dan pengalaman bersama.

Tidak ada yang mampu mengikat orang untuk terus bersama, bahkan orang dengan sedikit kesamaan, selain telah melalui pengalaman yang sulit bersama-sama. Maka jagalah hubunganmu dengan mereka yang telah menemani naik dan turunnya hidupmu.

Ketiga, dukungan.

Saling mendukung secara konsisten antara kedua orang sahabat akan membuat hubungan mereka semakin berharga. Hingga membuat mereka bisa saling mengandalkan untuk terus mendukung dan mendorong dikala senang maupun susah.

Nah, lantas apa yang membuat persahabatanmu menjadi begitu berharga?

Pertama, komitmen pada kebahagiaanmu.

Seorang teman sejati tahu bahwa kebahagiaanmu berada diatas persahabatan kalian. Ada sebuah pepatah yang mengatakan “nasehat yang bagus itu menggerogoti telinga”.

Seorang teman sejati tidak akan menahan diri untuk memberitahu dan memeberimu masukan sekalipun hal tersebut adalah sesuatu yang tidak mau kamu dengar, sesuatu yang mungkin saja beresiko menghancurkan hubungan kalian. Tapi ia akan selalu memiliki cara untuk menyampaikan demi kebaikan dan kebahagiaan dirimu kelak.

Kedua, tidak memintamu untuk menempatkan persahabatan di atas prinsip hidupmu.

Teman sejati tidak akan meminta dirimu untuk mengkompromikan prinsip-prinsip yang kamu yakini atas nama persahabatan atau apa pun. Selamanya.

Ketiga, memberikan pengaruh yang baik.

Seorang teman sejati menginspirasi kamu untuk hidup sesuai dengan potensi terbaik dirimu, bukan justru memanjakan sehingga menghambat perkembangan dirimu.

***

Bagaimana mencari teman yang sejati?

Mungkin hal ini terdengar mudah, tapi memang kuncinya adalah jadilah seseorang sebagaimana teman sejati yang ingin kamu miliki dalam hidupmu. Kita semua cenderung menarik orang ke dalam kehidupan kita yang karakternya mencerminkan kehidupan kita sendiri. Kamu tidak harus menjadikan dirimu menjadi apa yang menurut kamu menarik orang lain.

Tetaplah menjadi diri sendiri dengan versi terbaikmu, dan teman sejati itu akan datang dengan sendirinya.

Seperti dalam sebuah nasihat yang berbunyi “Ruh-ruh itu ibarat prajurit-prajurit yang dibariskan. Yang saling mengenal diantara mereka pasti akan saling melembut dan menyatu. Yang tidak saling mengenal diantara mereka pasti akan saling berbeda dan berpisah.”

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, teman, sahabat, tips, trik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat