Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kerajinan Gembol Jati yang Masih Bertahan

blokbojonegoro.com | Thursday, 28 March 2019 18:00

Kerajinan Gembol Jati yang Masih Bertahan

Reporter: Muharrom

blokBojonegoro.com - Sudah puluhan tahun kerajinan gembol atau akar jati ada di Kabupaten Bojonegoro. Tepatnya di Kecamatan Margomulyo dan Ngraho. Dua kecamatan tersebut berada di perbatasan dengan Kabupaten Ngawi.

Untuk mencapai lokasi tersebut, jika dari jantung Kota Bojonegoro dibutuhkan waktu lebih dari 1,5 jam. Tepatnya menuju ke arah Padangan dan mengambil jalur menuju Ngawi.

Selepas Kecamatan Ngraho, nanti di kanan dan kiri jalan akan ditemui banyak akar jati tergeletak. Itulah galeri sekaligus tempat produksi kerajinan gembol jati yang masyur.

Terbanyak di Desa Geneng, Kecamatan Magomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Ada puluhan pengrajin yang mempekerjakan banyak warga sekitar. "Sudah puluhan tahun sampai saat ini masih bertahan," kata Lasiman (49) salah satu pengrajin di Desa Geneng, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro.

Berbagai macam produk dihasilkan pengrajin, seperti meja, kursi, almari, guci dari akar dan bahkan cendera mata. Seperti halnya kayu dari bagian pohon Jati lain, gembol kuat dan anti rayap.

Bahan diperoleh pengrajin dari wilayah hutan di KPH Bojonegoro, Nganjuk, Caruban, Madiun dan bahkan sampai KPH di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Kerajinan gembol ada sejak puluhan tahun silam dan menjadi motor gerak ekonomi masyarakat," jelasnya. [mu/lis]

Tag : kerajinan, jati, kayu jati, akar jati



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini