18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Desa Ikuti Lokakarya Perencanaan Desain Wisata Pedesaan

blokbojonegoro.com | Sunday, 31 March 2019 20:00

5 Desa Ikuti Lokakarya Perencanaan Desain Wisata Pedesaan

ReporterL Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Tim pengelola desa wisata dari 5 desa di Kecamatan Gayam, mengikuti Lokakarya Perencanaan Desain Wisata Pedesaan di Gedung Karang Taruna Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam. Peserta terdiri dari unsur karang taruna, pokdarwis, pemerintah desa dan pengelola BUM Desa.  5 Desa yang terlibat antara lain Desa Ringintunggal, Desa Beged, Desa Mojodelik, Desa Brabowan dan Desa Gayam.

Acara ini difasilitasi penuh oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Ademos, selaku pelaksana kegiatan. Hadir dalam acara tersebut Eko Wihadi seorang desainer wisata dan pengelola wisata di Blitar Raya yang sudah berhasil mengantarkan pariwisata Blitar menembus forum-forum pariwisata baik nasional maupun internasional.

Perencanaan desain wisata pedesaan ini dilakukan oleh 5 desa yang masing-masing sudah memiliki potensi lokal yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata, baik potensi alam maupun potensi industri kreatif. Sebelumnya 5 desa ini sudah melakukan studi literasi wisata di beberapa desa wisata di Yogyakarta dan forum ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

Desa-desa ini difasilitasi sebuah forum perencanaan desain wisata pedesaan supaya mereka belajar sejak dini tentang bagaimana teknik menggali potensi wisata, dan bagaimana cara menyusun rencana pengembangannya.

Public Government Affairs (PGA) EMCL, Wahyu Sadewo memberikan sambutan sebelum materi dimulai. Ia juga memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan dilaksanakannya program. Ini merupakan langkah awal mewujudkan mimpi bersama untuk mengembangkan desa yang berbasis pada wisata. Menurutnya, ini akan menjadi unik jika dalam sebuah kecamatan yang sama ada wisata edukasi, agrowisata dan wisata sungai.

"Jika kita melihat ekosistem yang ada di sini maka ada efek besar yang ditimbulkan, tidak hanya di bidang wisata namun juga bidang lainnya seperti barang dan makanan khas,” kata Wahyu.

Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu juga datang dan memberikan sambutan. Selaku tuan rumah kegiatan kali ini, pihaknya berterimakasih karena sudah menggunakan gedung karang taruna Mojodelik untuk berkegiatan. Yuntik menegaskan bahwa Pengelolaan Gedung Karang Taruna Mojodelik merupakan salah satu unit usaha BUMDes Desa Mojodelik.

Masih kata Yuntik, Mojodelik juga ingin mengeksplore wisata Sendang Lego dan Puthuk Kreweng. Dirinya merasa beruntung sekali karena ada program pendampingan seperti ini. "Teman-teman karag taruna Desa Mojodelik sempat bingung ketika mempunyai ide pengembangan wisata, tetapi tidak mempunyai wadah untuk mendiskusikan bagaimana cara megembangkan wisata di Desa Mojodelik ini,” tambah kades.

Acara berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, peserta diskusi diberi materi dasar tentang apa yang harus lebih dahulu dilakukan sebelum mengembangkan sebuah desa wisata. Mereka juga harus lebih dahulu paham tentang perbedaan antara desa wisata dengan wisata desa.

Peserta dari 5 desa yang hadir juga diminta untuk menceritakan sekilas tentang profil desanya, kemudian instruktur  Eko Wihadi menuntun masing-masing desa untuk mengenali desanya dan menyusun suatu rencana untuk pengembangan wisata di desanya. [ito/lis]

Tag : Lokakarya, Perencanaan Desain, Wisata, mojodelik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat