Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sebanyak 363 Warga Kepohkidul Terima Sertifikat PTSL

blokbojonegoro.com | Thursday, 04 April 2019 14:00

Sebanyak 363 Warga Kepohkidul Terima Sertifikat PTSL

Reporter: M Safwan

blokBojonegoro.com - Kamis (4/4/2019) diselenggaran acara penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Acara tersebut dilaksanakan di Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem. Dalam acara ini hadir Bupati Bojonegoro, jajaran Forpimda Kabupaten Bojonegoro, BPN Kabupaten Bojonegoro, Asosiasi Perbankan serta masyarakat sekitar.

Kades Kepohkidul Samudi menyambut para tamu undangan yang hadir dan merasa senang acara ini dilangsungkan di desa yang ia pimpin. "Selamat datang di Desa Kepohkidul. kita merasa bangga karena terpilih menjadi tempat untuk penyerahan sertifikat tanah PTSL. Apa yang telah dicita-citakan warga desa Kepohkidul untuk bisa memiliki sertifikat tanah akhirnya bisa terwujud," ujarnya.

Kepala BPN Kabupaten Bojonegoro Lampri, APtnh, S.H, M.H menyampaikan, jumlah penerima sertifikat di Desa Kepohkidul ada 363 penerima. "Pemilihan Desa Kepohkidul ini atas pilihan ibu Bupati sendiri. Hal ini dikarenakan Desa Kepohkidul itu paling cepat dan paling mendahului dalam menyelesaikan administrasi. Sehingga nanti Desa Jumput bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain," ujar Lampri. 

Lampri juga menyampaikan bahwa di Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem terdapat 1.786 bidang tanah, dan dibagi menjadi 4 cluster. Cluster 1 sebanyak 1.265 bidang tanah, cluster 2 sebanyak 1 bidang, cluster 3 sebanyak 60 bidang, Cluster 4 sebanyak 460 bidang tanah. Di Kecamatan Bubulan ada 5 desa dan semuanya sudah terpetakan. 

Cluster yang dimaksud dalam PTSL ini yaitu Cluster 1 yaitu tanah dengan status dalam pendaftaran sertifikat. Cluster kedua yaitu klasifikasi daerah yang status tanahnya masuk dalam daftar isian, seperti kategori tanah sengketa. Cluster ketiga merupakan tanah dengan status subjek dan objeknya belum jelas. Cluster keempat adalah tanah bidang yang telah bersertifikat.

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah mengucapkan sukur dan bangga karena Bojonegoro terpilih menjadi yang terbesar dalam target pengurusan sertifikat tanah yang telah berjalan dengan baik dan juga menjadi yang terbaik karena itu bisa menjadi motivasi bagi daerah lain. "PTSL merupakan hal yang sangat luar biasa karena memudahkan masyarakat dalam pengurusan sertifikat tanah. Tahun 2019 Bojonegoro memdapatkan target 80.000 dan itu sudah terselesaikan dengan baik. Diharapkan tahun 2022 atau 2023 sudah selesai semua," ujar Bupati. [lis]

 

Tag : PTSL, sertifikat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini