13:00 . Tokoh Intelektual Banyak Dilahirkan Dari Ma'arif   |   12:00 . Target Sapu Bersih, ini Jadwal Persibo Putaran ke Dua   |   11:00 . IAI Sunan Giri Bojonegoro Gelar Pemilu Raya Ala Pilpres   |   09:00 . Nusantara CSR Award 2019, Pertamina Raih 4 Penghargaan   |   08:00 . Prioritas Berdayakan Kader, Advokasi Kebijakan   |   07:00 . 5 Tips Menghentikan Kebiasaan Anak yang Suka Memukul   |   18:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Tandatangani Komitmen Implementasi Inklusi Kesadaran Pajak   |   16:00 . Berikut Hasil Rekonsiliasi terkait IMB Pasar Ngampel   |   15:00 . Lupa Matikan LPG Usai Masak, 3 Rumah Warga Kedungadem Terbakar   |   11:00 . Bojonegoro Memiliki Kesamaan dengan 5 Kota Kreatif di Dunia   |   10:00 . Hingga Kini, Belum Ada Komunikasi Terkait Penambahan SR Baru   |   09:00 . BMKG Memprediksi Musim Kemarau dan Hujan Akan Mundur   |   08:00 . Bojonegoro Menuju Kota Kreatif   |   07:00 . 7 Saran yang Bisa Orang Tua Lakukan saat Anak Gagap Bicara   |   06:00 . Ribuan Warga Tumpah Ruah Dalam Kemeriahan Senam Gojo   |  
Fri, 20 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 04 April 2019 11:00

Ternyata Selain Menyegarkan, Daun Bambu Juga Menyehatkan

Ternyata Selain Menyegarkan, Daun Bambu Juga Menyehatkan

Kontributor : Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Siapa yang tidak tahu dengan pohon bambu, pohon yang memiliki nama latin Bambusa vulgaris Schrad ini sering kita jumpai di pedesaan. Kebanyakan masyarakat memandang pohon bambu hanya bisa dimanfaatkan batangnya saja, sebagai bahan utama rumah (Peralatan rumah tangga), untuk memasak, dan daunnya dibiarkan begitu saja.
 
Namun, di tangan Adib Nurdiyanto, pria asal Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro ini mampu menyulap daun bambu (Godong Pring) menjadi minuman teh menyegarkan dan tentunya menyehatkan.
 
Berawal dari membaca artikel website salah satu kampus di Kota Malang. Adib, sapaan akrabnya mulai mencoba menerapkan informasi yang didapatnya. Dengan berbekal keuletan dan keyakinan, dirinya mulai mencoba dengan memasukan beberapa bahan inti, seperti daun kenikir, untuk kemudian dicek di lab.
 
"Ya harus dicek dulu apakah larutanya berbahaya atau tidak untuk dikonsumsi, kalau berbahaya bisa berakibat fatal nanti dan saya juga harus mencobanya terlebih dahulu apakah benar-benar aman," ungkap Adib.
 
Setelah benar benar teruji terkait kemananya, Adib kemudian memberikan kepada beberapa orang untuk diminum. Bahkan banyak juga yang tidak menyangkan, bahwa minuman yang menyegarkan tersebut berasal dari daun bambu.
 
Selain itu, Adib juga menjelaskan, daun bambu mengandung banyak zat seperti, Klorofil, Flavonoid, Polisakarida, Asam amino, Mikroelemen dan Potassium. Dengan banyak nya kandungan zat bermanfaat ini, khasiat daun bambu pun tidak perlu diragukan lagi.
 
Selain itu, daun bambu juga memiliki khasiat utama, antara lain untuk kesehatan liver dan membantu penyembuhan penderita demam berdarah. Kemudian pada pertengahan Maret lali Adib melauncing teh daun bambu tersebut, yang kemudian diberi nama Pian Greng. Pian sendiri adalah singkatan untuk Produk Inovasi Adib Nurdiyanto.
 
"Untuk satu botolnya saja jual dengan harga 5000 rupiah dan tidak ada bahan pengawet didalamnya, jadi hanya bisa bertahan sekitar 30 jam saja," pungkas Adib kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : minuman, sehat, bambu, daun

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat