09:00 . Ancaman Pemilu, Kecurangan dan Hoax   |   08:00 . Golkar Berharap 7 Kursi Bisa Dipertahankan   |   06:00 . Amankan Rekapitulasi Suara, Banser Jaga 17 Jam Sehari   |   21:00 . Kepala SKK Migas Jabanusa Buka Lokakarya Media   |   20:00 . Sukur: Saya Hanya Sampaikan Keluhan Saksi   |   19:00 . Adu Argumen dan Tegang di PPK Kota   |   18:00 . Sempat Berhenti, Rekap di PPK Kota Berlanjut   |   17:00 . Ha..! Rekapitulasi Suara Di PPK Kota Dihentikan   |   16:00 . Penuhi Target APBN, EMCL Fokus Optimalkan Sumur Produksi   |   15:00 . UKW PWI ke 26 Ditunda, ini Sebabnya...   |   14:00 . Lapor Lebih dari 7 Hari, Bawaslu Anggap Hangus   |   13:00 . Ditanya Prediksi Perolehan Kursi, Ini Jawaban Petinggi Partai   |   12:00 . Rekapitulasi Suara Kecamatan Kepohbaru Pindah Lokasi   |   11:00 . Pengangguran di Bojonegoro Capai 23.818 Lebih   |   10:00 . Lagi, Puluhan Kader Gayam Belajar Public Speaking   |  
Tue, 23 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 04 April 2019 11:00

Ternyata Selain Menyegarkan, Daun Bambu Juga Menyehatkan

Ternyata Selain Menyegarkan, Daun Bambu Juga Menyehatkan

Kontributor : Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Siapa yang tidak tahu dengan pohon bambu, pohon yang memiliki nama latin Bambusa vulgaris Schrad ini sering kita jumpai di pedesaan. Kebanyakan masyarakat memandang pohon bambu hanya bisa dimanfaatkan batangnya saja, sebagai bahan utama rumah (Peralatan rumah tangga), untuk memasak, dan daunnya dibiarkan begitu saja.
 
Namun, di tangan Adib Nurdiyanto, pria asal Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro ini mampu menyulap daun bambu (Godong Pring) menjadi minuman teh menyegarkan dan tentunya menyehatkan.
 
Berawal dari membaca artikel website salah satu kampus di Kota Malang. Adib, sapaan akrabnya mulai mencoba menerapkan informasi yang didapatnya. Dengan berbekal keuletan dan keyakinan, dirinya mulai mencoba dengan memasukan beberapa bahan inti, seperti daun kenikir, untuk kemudian dicek di lab.
 
"Ya harus dicek dulu apakah larutanya berbahaya atau tidak untuk dikonsumsi, kalau berbahaya bisa berakibat fatal nanti dan saya juga harus mencobanya terlebih dahulu apakah benar-benar aman," ungkap Adib.
 
Setelah benar benar teruji terkait kemananya, Adib kemudian memberikan kepada beberapa orang untuk diminum. Bahkan banyak juga yang tidak menyangkan, bahwa minuman yang menyegarkan tersebut berasal dari daun bambu.
 
Selain itu, Adib juga menjelaskan, daun bambu mengandung banyak zat seperti, Klorofil, Flavonoid, Polisakarida, Asam amino, Mikroelemen dan Potassium. Dengan banyak nya kandungan zat bermanfaat ini, khasiat daun bambu pun tidak perlu diragukan lagi.
 
Selain itu, daun bambu juga memiliki khasiat utama, antara lain untuk kesehatan liver dan membantu penyembuhan penderita demam berdarah. Kemudian pada pertengahan Maret lali Adib melauncing teh daun bambu tersebut, yang kemudian diberi nama Pian Greng. Pian sendiri adalah singkatan untuk Produk Inovasi Adib Nurdiyanto.
 
"Untuk satu botolnya saja jual dengan harga 5000 rupiah dan tidak ada bahan pengawet didalamnya, jadi hanya bisa bertahan sekitar 30 jam saja," pungkas Adib kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : minuman, sehat, bambu, daun

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more