20:30 . Parkir Dadakan di Jalan Kota   |   20:00 . Penuh Sesak di Alun-alun   |   19:00 . Car Free Night (CFN) di Seputar Alun-alun   |   18:00 . Tahan Imbang PSG 1-1, Persibo Kokoh di Puncak Klasemen   |   17:00 . 45 Pelari Arak Api Abadi Menuju Pendopo Bojonegoro   |   16:00 . Begini Prosesi Pengambilan Api Abadi Hari Jadi Bojonegoro   |   15:00 . Tarian Selamat Datang Awali Proses Pengambilan Api Abadi   |   14:00 . 23 Waranggono Sambut Ritual Pengambilan Api Abadi   |   13:00 . Tanggal Cantik, BMG Launching blokBeli.com   |   12:00 . 29 Gunungan, 500 Tumpeng dan 5.000 Sego Buwohan Disiapkan untuk Warga Bojonegoro   |   11:00 . Bupati Ziarah ke Makam Mbah Buyut Dalem   |   10:30 . Bingkisan untuk Juru Kunci   |   10:00 . Rombongan Ziarah Khusuk Baca Tahlil di Makam Leluhur   |   09:00 . Mengawali Ziarah, Ini Makam Pertama yang Dituju Bupati   |   08:00 . CFN, Diberlakukan Sambut Grebek Berkah HJB ke 342   |  
Sat, 19 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 07 April 2019 21:00

Nikmati Pertolo Bojonegoro, gunakan Scan QR Code di HUT BUMN 2019

Nikmati Pertolo Bojonegoro, gunakan Scan QR Code di HUT BUMN 2019

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sajian khas Bojonegoro berbahan dasar tepung, Unthuk Yuyu atau Pertolo, merupakan salah satu menu populer yang kerap ditemui dalam hajatan di Kabupaten Bojonegoro. Uniknya, dalam gelaran Festival Link Aja yang merupakan Rangkaian HUT BUMN 2019 di Sidoarjo, Minggu (7/4/2019) pangan tradisional yang diproduksi UMKM Mitra Binaan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) ini, dapat dinikmati oleh ribuan pengunjung dengan sekali klik. Hanya dengan melakukan scan QR Code, pengunjung dapat menggunakan saldo di aplikasi Link Aja dan menjelajah kuliner di sejumlah booth mitra binaan PT Pertamina (Persero).

Salah satunya adalah Zigi Food dan Firdaus Catering, yang telah mendapat pembinaan berkelanjutan melalui program kewirausahaan tata boga PT Pertamina EP Cepu tahun 2018. Disebutkan oleh Azis, pemilik UMKM Zigi Food yang beroperasi di Desa Talok, Bojonegoro, pihak PT Pertamina EP Cepu telah memberikan pembekalan berupa alat produksi, sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). "Serta pembinaan yang mendalam terkait tata boga yang mencakup ilmu kuliner, manajemen pelayanan hotel, restoran, hingga produksi appetizer, maincourse dan dessert untuk mendukung kelancaran usaha mitra-mitra binaannya," kata Aziz.

Dalam kegiatan HUT BUMN 2019, seluruh booth UMKM PT Pertamina (Persero) yang menyediakan 3800 porsi kuliner tampak tak pernah sepi pengunjung. "Kami sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan PT Pertamina (Persero) dalam HUT BUMN untuk memperkenalkan kuliner Bojonegoro ke khalayak yang lebih luas," ujar Azis, Pemilik UMKM Mitra Binaan PEPC dalam acara HUT BUMN di GOR Sidoarjo tersebut.

Firdaus Catering yang dipimpin oleh Heppy Yanuari juga turut memeriahkan acara melalui sajian kuliner pia pisang dan pia kacang hijau. Kini, mitra binaan PEPC yang beroperasi di Desa Talok tersebut juga melakukan inovasi produk. "Unthuk Yuyu ini, kami menggunakan tepung wijen dan daun kelor. Selain menambah kelezatan rasa, nilai gizinya pun lebih baik," ujar Azis. [ito/lis]




Dibenarkan oleh Kunadi, JTB Site & PGA Manager PT Pertamina EP Cepu, sejak tahun 2014 PEPC telah menerapkan program kewirausahaan di Kabupaten Bojonegoro.


"Tujuan dari dilaksanakannya program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menstimulasi pertumbuhan wirausaha mandiri di sekitar lokasi proyek sehingga akan berdampak pada penurunan tingkat pengangguran dan peningkatan ekonomi makro wilayah Bojonegoro," jelas Kunadi.

Saat ini, PEPC menjadi operator proyek Jambaran Tiung Biru target on-stream pada tahun 2021 dengan sales gas sebesar 192 MMSCFD. Dalam menjalankan proses bisnisnya, PEPC akan berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif pada pengembangan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah Bojonegoro.

Tag : pepc, unthuk, yuyu, pertolo

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat