18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nikmati Pertolo Bojonegoro, gunakan Scan QR Code di HUT BUMN 2019

blokbojonegoro.com | Sunday, 07 April 2019 21:00

Nikmati Pertolo Bojonegoro, gunakan Scan QR Code di HUT BUMN 2019

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sajian khas Bojonegoro berbahan dasar tepung, Unthuk Yuyu atau Pertolo, merupakan salah satu menu populer yang kerap ditemui dalam hajatan di Kabupaten Bojonegoro. Uniknya, dalam gelaran Festival Link Aja yang merupakan Rangkaian HUT BUMN 2019 di Sidoarjo, Minggu (7/4/2019) pangan tradisional yang diproduksi UMKM Mitra Binaan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) ini, dapat dinikmati oleh ribuan pengunjung dengan sekali klik. Hanya dengan melakukan scan QR Code, pengunjung dapat menggunakan saldo di aplikasi Link Aja dan menjelajah kuliner di sejumlah booth mitra binaan PT Pertamina (Persero).

Salah satunya adalah Zigi Food dan Firdaus Catering, yang telah mendapat pembinaan berkelanjutan melalui program kewirausahaan tata boga PT Pertamina EP Cepu tahun 2018. Disebutkan oleh Azis, pemilik UMKM Zigi Food yang beroperasi di Desa Talok, Bojonegoro, pihak PT Pertamina EP Cepu telah memberikan pembekalan berupa alat produksi, sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). "Serta pembinaan yang mendalam terkait tata boga yang mencakup ilmu kuliner, manajemen pelayanan hotel, restoran, hingga produksi appetizer, maincourse dan dessert untuk mendukung kelancaran usaha mitra-mitra binaannya," kata Aziz.

Dalam kegiatan HUT BUMN 2019, seluruh booth UMKM PT Pertamina (Persero) yang menyediakan 3800 porsi kuliner tampak tak pernah sepi pengunjung. "Kami sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan PT Pertamina (Persero) dalam HUT BUMN untuk memperkenalkan kuliner Bojonegoro ke khalayak yang lebih luas," ujar Azis, Pemilik UMKM Mitra Binaan PEPC dalam acara HUT BUMN di GOR Sidoarjo tersebut.

Firdaus Catering yang dipimpin oleh Heppy Yanuari juga turut memeriahkan acara melalui sajian kuliner pia pisang dan pia kacang hijau. Kini, mitra binaan PEPC yang beroperasi di Desa Talok tersebut juga melakukan inovasi produk. "Unthuk Yuyu ini, kami menggunakan tepung wijen dan daun kelor. Selain menambah kelezatan rasa, nilai gizinya pun lebih baik," ujar Azis. [ito/lis]




Dibenarkan oleh Kunadi, JTB Site & PGA Manager PT Pertamina EP Cepu, sejak tahun 2014 PEPC telah menerapkan program kewirausahaan di Kabupaten Bojonegoro.


"Tujuan dari dilaksanakannya program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menstimulasi pertumbuhan wirausaha mandiri di sekitar lokasi proyek sehingga akan berdampak pada penurunan tingkat pengangguran dan peningkatan ekonomi makro wilayah Bojonegoro," jelas Kunadi.

Saat ini, PEPC menjadi operator proyek Jambaran Tiung Biru target on-stream pada tahun 2021 dengan sales gas sebesar 192 MMSCFD. Dalam menjalankan proses bisnisnya, PEPC akan berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif pada pengembangan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah Bojonegoro.

Tag : pepc, unthuk, yuyu, pertolo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat