16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kiat Berjualan di E-Commerce untuk Perempuan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 09 April 2019 07:00

Kiat Berjualan di E-Commerce untuk Perempuan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Membuka usaha di platform e-commerce kini menjadi hal yang semakin populer. Banyak orang mencoba mengadu nasib dengan mempunyai usaha melalui wadah perdagangan digital ini.

E-commerce terus berkembang dan semakin memanjakan penggunanya. Dengan cara yang mudah, penjual bisa berjualan sampai ke penjuru negeri.

Namun bagi sebagian orang, terutama perempuan, berjualan di platform e-commerce juga memiliki tantangan tersendiri. Tingginya persaingan di ranah e-commerce membuat sebagian perempuan takut untuk memulai bisnis ini. Hal ini diungkapkan oleh Head of Communication Hi-Tech and Media Industry MarkPlus, Inc, Rhesa Dwi Prabowo, ia mengatakan bahwa masih ada perempuan yang tidak berani membuka usaha di e-commerce.

“Walaupun banyak perempuan yang menjual dan membeli di e-commerce, tapi masih ada ketakutan perempuan untuk membuka usaha di e-commerce,” ucap Rhesa, dalam acara Smart Women Talks: Empowering Women Through E-Commerce #UntukPerempuan yang diadakan oleh Shopee pada Kamis (4/4) lalu.

Kebanyakan dari mereka beralasan takut bangkrut dan kalah dengan pesaing lainnya. Menurut Tika Latifani Mulya, Vice President Elzatta Hijab, perempuan yang ingin membuka e-commerce memang harus mempunyai mental dagang yang tidak takut gagal. Menentukan produk yang akan dijual menjadi hal yang utama.

“Harus tahu apa yang mau dijual, karena masing-masing e-commerce punya market sendiri,” ujar Tika di acara yang sama.

Setelah menentukan produk dan e-commerce pilihan, foto menjadi hal penting. Sebab foto menjadi kekuatan dalam penjualan. Semakin detail foto dan semakin bagus deskripisi produk, akan memudahkan pembeli. Sehingga pembeli tidak kecewa karena kurangnya kelengkapan deskripsi dan foto produk.

Selain mental dagang, passion juga tak kalah penting untuk berjualan. Farhana E. Devi, Executive Director of Strategic Planning Hakuhudo, menyarankan perempuan tidak hanya mencari uang saja di e-commerce. Tetapi juga harus mempunyai ketertarikan dengan apa yang dijual.
com-Ilustrasi Jualan Online Foto: Shutterstock

Semisalnya perempuan menyukai fashion, lalu menjual fashion di e-commerce,  bagi Devi, itu tidak akan hanya menghasilkan pemasukan, tapi juga kaya akan ekspresi.

“Kalau kita ngomongin empowerment kan enggak cuma duit atau finansial tapi secara emosional pun kita merasa empowered,” ucap Devi.

Menurut Devi, jika perempuan memiliki keterbatasan seperti tidak bisa bekerja di kantor tapi ingin punya penghasilan, e-commerce menjadi alternatif yang tepat. Devi menyarankan untuk menggali apa yang menjadi hobi atau ketertarikan selama ini saat akan masuk ke dunia bisnis.

“Sebagai perempuan, sebelum kita terjun ke e-commerce, kita harus tahu dulu sebenarnya passion sama invest kita di mana. Nah, salurkan passion Anda itu ke e-commerce,” tutupnya.

Jadi, apakah Anda sudah siap berbisnis di e-commerce?

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat